Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kelangsungan suatu bisnis. Salah satu diantaranya adalah arus kas perusahaan.

Arus kas yang stabil dan handal sangat penting bagi kelangsungan bisnis kecil apa pun, jadi mengambil langkah untuk memastikan pelanggan Anda membayar tepat waktu harus menjadi prioritas utama. Ketika klien Anda secara konsisten membayar tepat waktu, Anda akan terhindar dari siklus “kelaparan”. Anda akan dapat membayar vendor, supplier, dan karyawan tepat waktu – dan paling penting Anda sendiri.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai kiat yang dapat dilakukan oleh para pemilik bisnis, untuk mendapatkan pembayaran tepat waktu sehingga arus kas perusahaan dapat berjalan dengan baik

Berikut ini adalah kiat-kiat yang dapat dterapkan :

  1. Pembayaran di muka

Sebelum Anda mulai bekerja dengan klien baru, selalu berikan persyaratan tertulis. Nyatakan dengan jelas tarif Anda, tenggat pembayaran, dan kebijakan untuk pembayaran apabila terjadi keterlambatan- termasuk semua biaya yang dikenakan pada saldo yang terhutang.

  1. Faktur segera

Jika saat ini Anda menyiapkan faktur secara manual, beralihlah ke sistem akuntansi dengan penagihan otomatis. Anda tidak akan pernah lupa untuk menagih klien, dan Anda akan menghindari kesalahan sekaligus menghemat waktu. Saat pertama kali klien ditagih, pastikan informasi kontak di faktur Anda lengkap untuk menghindari penundaan.

  1. Tindak lanjut

Hubungi pelanggan Anda segera ketika pembayaran sudah lewat jatuh tempo. Mintalah status faktur dan tanya apa yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat pembayaran. Terkadang perubahan sederhana, seperti memasukkan nomor pesanan pembelian pada faktur, dapat mempercepat pemrosesan.

  1. Kurangi tempo

Persyaratan pembayaran 30 hari cukup standar dalam bisnis, tetapi tidak ada yang ketentuan yang melarang Anda untuk meminta pembayaran lebih cepat. Beberapa pemilik bisnis melakukan pembayaran setelah 7 atau 10 hari; ada juga yang menetapkan pembayaran jatuh tempo setelah menerima faktur.

  1. Berikan kompensasi

Pertimbangkan untuk menawarkan diskon 2% kepada pelanggan saat mereka membayar fakturnya dalam waktu sepuluh hari. Dalam skenario ini, faktur $1,000 akan dikurangi menjadi $980 – bukan kerugian besar bagi Anda, tetapi insentif penghematan uang yang menarik bagi pelanggan Anda.

  1. Bebankan bunga

Sebagai bagian dari persyaratan pembayaran, tentukan bahwa jika pembayaran klien telah jatuh tempo, akan dikenakan biaya tambahan mingguan sebesar 2% ke total hingga dana diterima sepenuhnya.

  1. Pembayaran deposit

Kumpulkan deposit sebagian – atau jumlah keseluruhan – sebelum Anda menyediakan produk atau l   ayanan kepada pelanggan Anda

  1. Debit otomatis

Turunkan faktur bersamaan dengan meminta pelanggan membayar di tempat dengan pembayaran debit otomatis.

  1. Tangguhkan layanan

Hentikan pasokan produk atau layanan Anda sampai Anda menerima pembayaran. Dengan taktik ini, Anda akan menghindari akumulasi kerugian yang lebih besar dengan klien yang secara konsisten terlambat atau tidak membayar.

  1. Pantau AR

Pantau piutang Anda setiap minggu sehingga Anda dapat bertindak cepat jika pelanggan tidak membayar tepat waktu. Laporan AR (aging report) dapat membantu Anda dengan mudah melacak faktur yang beredar tepat di perangkat lunak akuntansi Anda – atau membuat laporan Excel yang dapat Anda lacak secara manual, jika Anda mau

Mungkin tips yang paling penting untuk mendorong pembayaran tepat waktu adalah komunikasi yang sangat baik.

Ketika Anda menindaklanjuti faktur terlambat, jelaskan mengapa penting untuk menerima pembayaran tepat waktu untuk menjalankan bisnis Anda secara efektif. Tanyakan kapan Anda dapat mengharapkan pembayaran, dan setujui tanggal pembayaran.

Jika uang masih belum tersedia, tawarkan untuk menegosiasikan jadwal pembayaran sebagai opsi berikutnya-ke-terakhir – sebelum Anda tidak memiliki pilihan selain menghubungi agen penagihan.

 

 

 

Virda
The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.