“It’s not hard to get your way when it’s your way or the highway. People either follow suit or they’re not around. I don’t really like the sound of that, ’cause that sounds like a temper tantrum. I’m just very black and white when it comes to my business. There’s really no gray area.” Nicki Minaj, American Singer 

She wanted to stomp her foot, throw a tantrum, throw a punch.” Susan Elizabeth Phillips, The Great Escape

Ekonomi Australia sedang dalam kondisi panas sejak Liberal Government di bawah pimpinan Tony Abbott mengumumkan akan adanya perubahan-perubahan yang signifikan terhadap pelayanan publik yang berimplikasi terhadap roda perekonomian secara menyeluruh. Perubahan-perubahan kebijakan ekonomi yang diambil, dipandang sangat memberatkan masyarakat khususnya segi kesehatan, pendidikan dan perpajakan.

Kebijakan baru yang akan diimplementasikan tersebut merupakan langkah Australia untuk memperkecil defisit anggaran biaya tahunan yang terbilang cukup fantastis dalam ukuran Australia, dan diharapkan pada tahun 2025, Australia akan kembali ke surplus anggaran biaya tahunan. Tetapi secara umum, kebijakan ekonomi Australia secara menyeluruh dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya, merupakan sebuah negara dengan kekuatan fundamental ekonomi yang stabil dan bertahan. Hal tersebut dapat dilihat dalam catatan ekonomi pada tahun 2008 dan 2012, pada saat negara-negara maju seperti Amerika, Inggris, Jerman, Perancis, Itali dan Spanyol mengalami penurunan ekonomi hingga mengalami resesi, Australia di sisi lain dapat bertahan tanpa memasuki resesi sebagaimana terjadi di belahan dunia lainnya.

Dalam kondisi yang relatif stabil seperti pada saat ini, dimana ekonomi global secara keseluruhan menunjukkan perubahan-perubahan positif setelah terpaan krisis yang terjadi, merupakan waktu yang tepat dalam kacamata pemerintah Australia saat ini untuk melakukan perubahan kebijakan untuk masa yang akan datang, guna mempertahankan kekuatan fondasi ekonomi melalui pengetatan pengeluaran pemerintah di berbagai sektor serta pelepasan (privatisasi) beberapa lembaga pemerintah guna memperkecil defisit biaya yang ada.

Untitled1

 Untitled2

sumber: RPData Rismark Daily Home Value Index

Dalam kondisi ekonomi panas, dimana Budget 2014 yang baru saja dipaparkan pada pertengahan Mei 2014 telah menjadi tantrum pasar secara umum, tetapi seperti ditunjukan oleh grafik di atas pertumbuhan harga properti tetap pada tren positif dengan tingkat pertumbuhan yang cukup tinggi dalam satu tahun terakhir (dengan index pada kisaran 640) dibandingkan pada tahun 2012 yang masih berada pada kisaran index 560. Hal ini menunjukkan pertumbuhan rata-rata sebesar 11% secara nasional seperti dipaparkan pada tabel di atas. Khususnya untuk Melbourne yang mengalami pertumbuhan kedua tertinggi setelah Sydney.

Prediksi ekonomi yang ada pada saat ini menggambarkan adanya kemungkinan besar pertumbuhan harga properti yang tetap pada kisaran 2% sampai 3% untuk daerah Melbourne CBD dan sekitarnya serta kisaran 9% sampai 10% untuk daerah-daerah yang sedang berkembang di Northern suburbs dan Western suburbs. Jika seluruh aspek yang terjadi dan berkembang pada saat ini adalah konstan, maka pertumbuhan harga properti tidak akan banyak dipengaruhi oleh kebijakan ekonomi pemerintah yang baru diumumkan. Di sisi lain, bagi para investor khususnya foreign investor mereka akan memperoleh imbal hasil yang lebih baik, dikarenakan pasar lokal akan semakin sulit untuk menjangkau harga properti yang pertumbuhannya tidak sebanding dengan tingkat pertumbuhan pendapatan, sebaliknya tingkat pertumbuhan properti ini hampir sebanding dengan tingkat pertumbuhan biaya hidup secara umum, yang sebagian besar disebabkan dari pertumbuhan biaya sewa yang tinggi sejalan dengan harga properti.

Apakah hal ini akan dapat dijadikan sebuah peluang bagi para investor ataupun owner-occupier untuk memasuki pasar properti? Don’t be regular dalam menganalisa oportunitas investasi Anda dengan berpedoman pada alat-alat investasi yang terukur.

Alain M Warisadi,
CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), Dipl FMBM, B. Ec (Fin)
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Finance Management & Investment Management Lecturer
(e.) [email protected]

[alert color=”C2B3AF” icon=”128222″]Kami, Xynergy Realty Group, dapat membantu dalam memberikan pilihan-pilihan investasi properti yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan anda berdasarkan data dan informasi yang akurat. Hubungi kami di 1300 884 168 untuk konsultasi atau informasi lebih lanjut.[/alert]

[alert color=”C2B3AF” icon=”9888″]Informasi di atas adalah panduan dan gambaran umum dalam bidang investasi properti, dan tidak untuk digunakan secara generalisasi. Xynergy Realty Group memberikan konsultasi individual untuk wealth creation strategy, property investment, property management dan home/ commercial loan yang khusus didedikasikan bagi calon investor dan pembeli properti.[/alert]