Mungkin pertanyaan yang sangat umum untuk setiap orang yang ingin memulai bisnis adalah bisnis apa yang paling menguntungkan? Pertanyaan ini sangat sah dan layak ditanyakan untuk setiap bisnis pemula. Namun pertanyaan ini juga bukan sebuah pertanyaan yang mudah dijawab.

Sebagai seorang business coach, tugas saya adalah membantu klien mewujudkan setiap ide, impian dan keinginan mereka menjadi suatu peluang bisnis. Ada ribuan cara dimana ide apapun bisa dijadikan bisnis, namun kesempatan bisnis sebaik apapun tidak akan mewujudkan cita cita anda jika bisnis itu tidak melewati 5 prinsip dibawah ini:

Passion

Saya meletakkan passion sebagai yang paling utama di karenakan dari passion keluar energi yang tidak ada habisnya. Perjalanan memulai bisnis bukanlah suatu jalan tol. Di sepanjang perjalanan, anda akan menemukan rintangan-rintangan. Banyak pebisnis yang saya kenal menyerah ketika berhadapan dengan tantangan karena mereka kehabisan energi. Passion akan memberikan energi yang Anda butuhkan untuk melalui rintangan tersebut.

Values

Apakah yang menjadi prinsip mendasar atau VALUE kehidupan Anda. Hal ini termasuk prinsip keagamaan, moral dan sebagainya. Jika bisnis yang sedang Anda lihat tidak sesuai dengan nilai-nilai pribadi Anda, sebaiknya kesempatan tersebut dipertimbangkan kembali.

Character

Jika Anda merasa diri Anda seorang introvert, saya tidak menyarankan untuk Anda menjadi pengacara kriminal. Sebaliknya, jika Anda seorang yang sangat extrovert, mungkin bisnis pembukuan tidak cocok untuk Anda. Memang contoh yang saya beri ini sangat ekstrim, namun jika Anda tidak mempertimbangkan karakter Anda dalam melihat kesempatan bisnis, pada akhirnya, Anda akan memiliki bisnis yang tidak cocok untuk Anda.

Talent

Keahlian apapun yang Anda butuhkan untuk menjalani bisnis dapat dipelajari. Sebagai contoh Accolade Coaching memiliki eLearning System yang memungkinkan Anda untuk untuk memperoleh berbagai macam soft maupun hard skills yang diperlukan untuk menjalani bisnis Anda. Namun bagaimana pun juga, bakat atau talenta Anda memainkan peran penting dalam menemukan bisnis yang cocok.

Availability

Anda mungkin heran kenapa di poin terakhir ini saya membahas availability. Alasannya sangat sederhana: memulai bisnis memerlukan waktu. Beberapa bisnis memakan waktu lebih banyak dari yang lainnya. Sebelum melangkah lebih jauh kedalam suatu kesempatan, pastikan Anda dapat mengalihkan waktu yang cukup untuk mengembangkan bisnis yang Anda pilih.

 

Kesimpulan

Kendati orang berpendapat bahwa untuk memulai bisnis Anda membutuhkan modal besar, keahlian yang tinggi serta network yang kuat, saya belum menemukan satu bisnis yang tidak mempunyai peluang untuk membawa keuntungan.

Sebagai business coach, saya telah mengembangkan rangka kerja yang memungkinkan saya membantu bisnis apapun juga menuju sukses. Satu satunya alasan sebuah kesempatan bisnis sulit atau bahkan tidak bisa membawa keuntungan adalah dikarenakan bisnis tersebut berlawanan dengan ke 5 prinsip di atas.

Para pembaca BUSET yang setia, apakah Anda sedang melihat suatu kesempatan bisnis yang mempunyai potensi untuk membawa keuntungan tapi berlawanan dengan prinsip yang tertera di atas? Sebelum Anda mengambil keputusan lebih lanjut, alangkah baiknya untuk menghubungi saya melalui detail di bawah halaman untuk mendapatkan konsultasi GRATIS.

[alert color=”95C2A1″ icon=”9998″]Emmanuel adalah owner dan pendiri dari Accolade Coaching yang juga merupakan coordinator Entrepreneurship Program untuk Indonesian Business Centre (IBC) Melbourne. Accolade Coaching bekerjasama dengan IBC mengadakan acara-acara sepanjang tahun untuk memperlengkapi dan meng-inspirasi pebisnis dan entrepreneur Indonesia di Melbourne. Untuk informasi acara-acara mendatang, daftarkan diri Anda di situs IBC (http://www.ibcm.org.au/)[/alert]

[alert color=”FF1745″ icon=”128227″]Dapatkan FREE consultation untuk memulai bisnis baru Anda atau menumbuhkan bisnis yang sudah ada dengan menghubungi nomor telpon (03) 9016 8910 atau email [email protected] atau dengan mengunjungi www.accoladecoaching.com.au dan memanfaatkan sarana livechat dari website.[/alert]