Tentu kita banyak mendengar tentang berbagai lembaga pendidikan yang membantu masyarakat Indonesia menempuh pendidikan di Australia. Namun, tahukah Anda tentang lembaga pendidikan yang turut berperan besar membantu masyarakat asing yang berminat belajar di Indonesia?

The Australian Consortium for ‘In-Country’ Indonesian Studies (ACICIS – dibaca Ah-chee-chis) adalah sebuah lembaga konsorsium non-profit yang inovatif, bertujuan untuk memudahkan mahasiswa asing, khususnya mereka yang berasal dari Australia, untuk menempuh pendidikan di universitas di Indonesia terlebih dalam hal menghadapi berbagai tantangan dari segi akademis, birokratis dan imigrasi di Indonesia. Sejak berdiri pada tahun 1994, ACICIS saat ini telah bertempat di tiga lokasi yakni di Perth, Jakarta serta Yogyakarta dan telah membantu lebih dari 2.000 mahasiswa untuk belajar di Indonesia. ACICIS sendiri merupakan organisasi non-pemerintah yang memiliki sekretariat yang berlokasi di University of Western Australia, Perth, dan dipimpin oleh sebuah National Reference Group yang terdiri dari para akademik senior di bidang Studi Indonesia.

Kini, Study Indonesia Programme (SIP) ACICIS merupakan salah satu program studi Indonesia utama yang memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk belajar di Indonesia sekaligus mendapatkan kredit studi di universitas asal mereka. Untuk memberikan kesempatan kepada lebih banyak mahasiswa, ACICIS hingga saat ini telah berhasil bekerjasama dengan 24 universitas di Australia serta 1 universitas di Inggris dan Belanda yang memiliki program Bahasa Indonesia. ACICIS sendiri telah diakui oleh Pemerintah Australia sebagai “model pendidikan dalam negeri yang sukses” hingga Asian Studies Association of Australia telah memberikan proposal agar model lembaga konsorsium ini diadaptasi untuk memberikan pengalaman studi dalam negeri dalam berbagai bahasa lainnya seperti Bahasa Arab, Vietnam dan Hindi.

SIP terdiri atas 3 program utama yakni program praktikum, pendidikan selama satu semester dan tur. Program praktikum bersama ACICIS biasanya diadakan selama 6 minggu yang dimulai dengan 2 minggu pertama belajar Bahasa Indonesia secara intensif lalu dllanjutkan dengan 4 minggu program praktikum yang dapat dipilih dari bidang bisnis, creative arts & design, studi pembangunan serta jurnalisme.

Untuk mengikuti Semester Programme, para pelajar dapat memilih dari 8 program semester yang ditawarkan ACICIS. Salah satu program semester terbaru yang ACICIS tawarkan adalah Agriculture Semester Program (ASP) yang baru akan dimulai pada Agustus 2016. Dalam ASP ini para pelajar memiliki kesempatan menempuh pendidikan di Institut Pertanian Bogor untuk mendalami ilmu agrobisnis, holtikultura, teknologi pangan, kehutanan dan masih banyak lagi. Selain itu, ACICIS juga membuka kesempatan bagi para peserta ASP untuk mengikuti program praktikum di organisasi pertanian lokal dan internasional di Indonesia.

INFO BUSET - ACICISSeperti yang telah disebutkan sebelumnya, ACICIS juga menawarkan program tur pendidikan yang terdiri dari Indonesian School Tours, Indonesia from the Ground Up serta Public Health Study Tour. Pada dasarnya ketiga tur pendidikan ini diadakan untuk memberikan kesempatan lebih kepada para peserta ACICIS untuk mendalami pengetahuan mereka akan kehidupan politik, sosial, budaya serta pendidikan dan kesehatan di Indonesia yang dilengkapi dengan pengalaman langsung mengunjungi berbagai lokasi terkait serta interaksi dengan masyarakat.

Pemerintah Australia telah menunjukkan komitmen mereka untuk mendukung proses studi Indonesia dengan memberikan Mobility Funding untuk para mahasiswa peserta ACICIS. Di tahun 2016, Pemerintah Australia telah mengalokasikan dana sebesar AUD 1,5 juta untuk mendukung student mobility bagi mahasiswa Australia pada tingkat Diploma dan S1 yang akan belajar di Indonesia pada periode 2016-2017. Dukungan finansial ini dibagi ke dalam 303 mobility grants dan 79 internship grants.

Tentunya kita patut merasa bangga melihat begitu tingginya antusiasme negara lain seperti Australia untuk belajar dan mengenal lebih dalam tentang Indonesia dari berbagai aspek.

Alangkah baiknya jika inisiatif seperti ACICIS ini juga dapat menjadi inspirasi bagi para pemerintah dan akademik Indonesia untuk meningkatkan kualitas dari berbagai inisiatif dan program yang sudah ada di Indonesia sendiri untuk lebih mendukung para pelajar Indonesia yang tertarik untuk memperdalam pengetahuan mereka akan berbagai negara asing.

INFO BUSET - ACICIS 2 INFO BUSET - ACICIS 1

Myang
Foto: dok. pribadi