Alice Sofie Almendingen, atau yang biasa dikenal sebagai Alice Norin ini dikenal masyarakat Indonesia sebagai artis sinetron sekaligus model. Ia memulai karirnya di bidang entertainment sejak baru berusia 13 tahun. Selain menjadi model, ia juga mulai beranjak membintangi sinetron seperti Wulan, Putri kembar, Gadis dan Ketika Cinta Bertasbih.

Setahun belakangan, dara manis berdarah setengah Norwegia ini mulai melebarkan bidangnya dengan menjadi entrepreneur. Lebih tepatnya, ia menjadi co-founder sebuah merek clothing, sekaligus situs online store bernama 8wood yang resmi diluncurkan pada 2013 kemarin.

Situs www.buy8wood.com itu sendiri adalah sebuah merk clothing dan online store yang menyediakan kebutuhan up to date untuk kaum hawa yang ingin membeli barang-barang fashionable dengan harga terjangkau. Terdiri dari ratusan merk lokal dan internasional, ragam koleksi 8wood dimulai dari baju dan celana, sepatu, tas, dompet, make-up and beauty, kacamata, topi, handphone cover, aksesoris (jewelries), baju renang, piyama dan masih banyak lagi.

8wood juga menyediakan pengiriman gratis untuk pelanggan yang berada di wilayah Indonesia. “Untuk masalah pengiriman ke luar negeri juga kita mudahkan. Kita biasanya kasih tracking number supaya customer bisa memantau paket mereka,” tambah Alice yang menunjukkan jika dirinya tahu betul selak beluk bisnis yang ditekuninya.

Ditanya mengenai asal muasal nama 8wood yang tergolong unik untuk sebuah usaha di bidang fashion, Alice mengatakan jika itu merupakan ide dari suaminya, Alvin Yodhapatria dan Alice Norin sendiri. “Kita berdua senang banget sama fashion, dan kita dapat nama 8wood karena angka 8 adalah nomor rumah kita yang pertama sejak kita menikah. Delapan juga angka keberuntungan kita karena bentuk angka itu sendiri seperti lambang infinity,” ujar wanita yang pada tanggal 21 juni genap berusia 27 tahun ini. Sedangkan untuk kata ‘wood’ diambil dari kesukaan mereka dengan hal-hal yang berbau wood atau kayu. Selain itu, simbol elemen kayu melambangkan sesuatu yang terus bertumbuh dan berkembang.

Alice mengakui bahwa pada awalnya, ia dan suami benar-benar tidak tahu menahu tentang dunia bisnis dan tidak sedikit pula kesulitan yang mereka hadapi. Kebanyakan rintangan terbesar ada pada dirinya sendiri, terutama perihal pengendalian diri. Ingin bisnisnya cepat besar, tetapi kurang berhati-hati. “Sebelum memulai buy8wood.com, aku pernah merasakan gagal bisnis yang besar. Berbekal dalam pengalaman itu aku terus belajar dan memperbaiki diri agar bisnis yang sekarang menjadi lebih baik,” katanya.

Menurut Alice, jiwa pantang menyerah mulai muncul ketika ia gagal dan berhasil bangkit kembali. Dan setelah dipikir-pikir dengan baik, mereka akhirnya memutuskan untuk langsung mengelola dan mengembangkan 8wood. “Seorang entrepreneur tidak mengenal kata menyerah. Bertahan saja tidak cukup, maju, just do it and never give up.”

Awalnya konsep 8wood dimulai sebagai merk solo, namun tidak lama setelahnya, mereka memutuskan untuk bekerjasama dengan merk-merk lain agar 8wood lebih bervariasi dan ini terbukti menjadi sebuah kesuksesan. Dalam waktu satu tahun, 8wood meraup keuntungan yang besar dari penjualannya. Bila jumlah penjualan pada masa-masa awal berkisar di Rp 50juta per bulan, sekarang sudah mendekati Rp 400juta per bulan.

“Kita bisa berdiskusi dan memutuskan sesuatu pada malam hari sebelum tidur dan langsung dilaksanakan keesokan harinya. Semuanya menjadi lebih cepat,” ujar Alice saat ditanya tentang bagaimana rasanya menjalankan bisnis dengan sang suami. Menurutnya, keluarga dan suami adalah partner yang paling baik dalam berbisnis. Asalkan tujuannya sama dan bisa saling mempercayai, segalanya menjadi lebih mudah.

Selain menjalani 8wood, Alice Norin sekarang tetap lanjut bermain sinetron. Ia masih menjalani syuting sinetron Tukang Bubur Naik Haji dan sinetron baru yang masih akan datang. Akan tetapi di tengah kesibukannya, ia juga mengakui bahwa akhir-akhir ini ia sedang hobi mengikuti berbagai macam olahraga. “Aku sekarang lagi seneng yoga, cardio, TRX dan pilates supaya fit.”

Ingin tahu lebih lanjut tentang Alice Norin dan 8wood?

(Instagram): @alicenorin / @8wood
(Twitter): @buy8wood
(web): buy8wood.com

 

sasha