Notice of Amended Assessment atau Amandemen Penilaian Merupakan tindakan yang diambil oleh kantor pajak apabila mereka mengidentifikasi adanya perbedaan antara informasi yang wajib pajak laporkan dengan informasi yang ada pada sistem mereka, sehingga kantor pajak akan melakukan investigasi lebih lanjut dan melakukan koreksi atas penilaian sebelumnya.

Apabila kantor pajak memutuskan untuk melakukan koreksi atau penyesuaian atas laporan pajak (tax return) Anda dan terdapat hutang pajak yang harus dibayarkan, maka mereka akan melakukan amandemen penilaian dan batas waktu pembayaran atas hutang pajak tersebut adalah 21 hari setelah mereka menginformasikan kepada Anda jumlah hutang pajak yang harus dibayarkan.

Namun demikian, sebagai wajib pajak, Anda memiliki hak untuk meminta penjelasan secara tertulis mengenai koreksi atau penyesuaian atas laporan pajak Anda. Selain itu, Anda juga berhak untuk meminta peninjauan ulang terhadap keputusan kantor pajak jika Anda merasa amademen penilaian tidak benar dan/atau Anda memiliki informasi yang sebelumnya tidak tersedia pada awal peninjauan.

Keberatan atas keputusan kantor pajak

Hukum memberikan hak untuk menolak sebagian besar keputusan yang kantor pajak buat mengenai pajak penghasilan Anda, termasuk diantaranya penilaian pajak.

Apabila Anda merasa kantor pajak melakukan kesalahan, maka Anda dapat meminta mereka untuk memperbaikinya. Tetapi jika Anda tidak setuju dengan fakta atau hukum yang ada, maka Anda harus mengajukan keberatan.

Kantor pajak menyadari pentingnya kajian internal independen. Jika Anda keberatan dengan keputusan yang mereka buat, maka keputusan akan diambil oleh orang yang tidak terlibat dalam keputusan awal dan berada di luar tim di mana keputusan itu dibuat.

 

Kapankah saat yang tepat untuk menggunakan proses keberatan?

Anda harus mempertimbangkan mengajukan keberatan jika:

  • Anda tidak setuju dengan cara kantor pajak menafsirkan hukum; misalnya, Anda tidak setuju dengan amandemen penilaian yang diberikan kepada Anda
  • Anda tidak yakin tentang  penafsiran hukum yang ada (misalnya, Anda tidak yakin apakah harus menyertakan beberapa pendapatan pajak atau mengklaim beberapa biaya pada laporan pajak Anda
  • Anda ingin mencari penilaian dari eksternal jika kantor pajak tidak setuju dengan Anda.

Anda dapat memberikan wewenang kepada seseorang untuk mengajukan keberatan atas nama Anda.

Sebagai prinsip umum, kantor pajak mengharapkan agar Anda dapat membayar semua hutang pajak tepat waktu, bahkan apabila Anda tidak setuju dengan hutang tersebut. Jika Anda tidak membayar hutang pajak pada tanggal jatuh tempo, maka Anda akan dikenakan biaya bunga (General Interest Charge) untuk keterlambatan pembayaran.

Secara hukum Anda dapat menolak penilaian pajak dan sebagian besar keputusan lain yang kantor pajak lakukan apabila Anda tidak puas dengan penilaian atau keputusan tersebut, namun demikian terdapat batas waktu untuk mengajukan keberatan.

Keberatan harus diajukan secara tertulis (pada formulir yang disediakan kantor pajak maupun melalui surat) dalam batas waktu yang ditentukan.

Ketika kantor pajak menerima keberatan yang Anda ajukan, maka mereka akan meninjau fakta-fakta dan bukti-bukti yang Anda berikan lalu baru mengambil keputusan, biasanya dalam 56 hari (8 minggu) ketika mereka menerima semua informasi yang diperlukan.
Membayar hutang dengan angsuran

Jika Anda tidak mampu untuk membayar hutang pajak Anda pada waktu yang ditentukan maka Anda mungkin memenuhi persyaratan untuk melakukan pembayaran dengan angsuran.

Anda dapat menggunakan kalkulator angsuran pembayaran yang disediakan oleh kantor pajak untuk membuat skenario pembayaran yang paling sesuai dengan kondisi Anda dimana perhitungan dari kalkulator ini dapat dijadikan panduan pada saat pemgajuan angsuran pembayaran.

Untuk hutang pajak yang kurang dari $25.000, maka wajib pajak dapat mengatur angsuran pembayaran melalui layanan mesin otomatis (self- help service) yang disediakan oleh kantor pajak.

 

Virda Ersan
SEA Accountant 

sumber: Australian Taxation Office
The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.