Tujuh belas Agustus tahun empat lima, itulah hari kemerdekaan kita~

 

Memasuki bulan kemerdekaan Tanah Air kita tercinta ini, yuk kita refleksikan kembali apa sih arti kemerdekaan buat kita?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kemerdekaan berarti keadaan (hal) berdiri sendiri (bebas, lepas, tidak terjajah lagi, dan sebagainya); kebebasan.

72 tahun telah merdeka, sebagian besar dari kita tak pernah merasakan rasanya dijajah oleh bangsa lain. Namun, apakah arti kemerdekaan hanyalah terbebas dari penjajahan? Atau arti ‘merdeka’ saat ini telah berkembang menjadi merdeka dalam aspek-aspek kehidupan lainnya?

Simak pendapat dari pembaca BUSET dari berbagai lini profesi.

Ade Komarudin
Mantan Ketua DPR RI 2016

Bangsa sekarang ini satu, harus merdeka dalam pikiran, merdeka dalam budaya, merdeka dalam agama. Itu semua sekarang menjadi satu ideologi tersendiri; kemerdekaan itu bagi umat manusia.

Kita merdeka dari segi teritorial, sudah lepas dari penjajahan misalnya, itu sudah masa lalu. Kemerdekaan dalam masa sekarang adalah merdeka terbebas dari kemiskinan, merdeka terbebas dari kebodohan, merdeka terbebas dari sikap masyarakat secara umum yang diskriminatif. Kemerdekaan sekarang lebih luas lagi dibanding dengan definisi pada zaman dahulu.

 

Dewi Savitri Wahab
Konsul Jendral RI di Melbourne

Kemerdekaan adalah suatu perjuangan yang diperjuangkan oleh pendahulu-pendahulu kita, pahlawan kita, sehingga kita bisa memerdekakan ini sebagai negara yang merdeka. Dan sekarang waktunya kita untuk mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan. Misalnya, dengan teman-teman mahasiswa sekolah dan sebagainya. Saya kira mengisi kemerdekaan itu yang paling penting.

 

Simon Budiman Widjaja
Ketua PPIA Victoria

Menurutku kemerdekaan bisa diartikan banyak hal tergantung dilihat dari mana dan dari sudut pandang siapa. Secara literal kemerdekaan berarti terbebas dari kuasa dan tekanan manapun.

Tapi untuk sekarang ini kemerdekaan menurutku berarti lebih sebagai simbol, pengingat, dan target bagi kita saja. Indonesia sudah merdeka dan hal itu seharusnya kita tangkap lebih ke sisi dimana hal tersebut diperjuangkan dengan sangat sulit dan sudah seharusnya kita mempertahankannya. Namun dengan cara di masa kini yang berarti kita tak harus mengangkat senjata, tapi dengan hal sesimpel memberi 100% kepada apapun yang kita kejar dan tekuni maupun sesimpel ada niat untuk berkontribusi, dalam bentuk apapun.

Ambil contoh mungkin situasiku pribadi yang masih pelajar dan bahkan punya kesempatan untuk belajar di institusi baik dengan berbagai macam materi dan bantuan. Tanpa kemerdekaan hal tersebut tidak mungkin dapat terjadi dimana saya dapat bebas dalam artian memiliki kesempatan untuk menekuni dan mengusahakan atau mengejar apapun itu.

Pada akhirnya, kemerdekaan itu sendiri harus menjadi target kita juga dimana kita harus terus dapat mempertahankannya. Saya pribadi tidak bisa membayangkan saya dan Indonesia sebelum merdeka, dan sayapun merasa sangat beruntung dapat hidup di zaman dimana kita sudah merdeka. Maka dari itu jangan kita terima dengan cuma-cuma.

 

Chelsea Tjandra
Jurnalis freelance

Kalau kemerdekaan secara general ya, dalam konteks negara, kemerdekaan itu bebas dari penjajahan. Tapi menurut aku, itu kemerdekaan kecil. Kita tetap harus memperjuangkan kemerdekaan karena kita belum ‘fully merdeka’. Karena seperti contohnya di Indonesia, kita belum merdeka dari korupsi dan kemiskinan.

Sedangkan untuk kaum muda seperti aku, kemerdekaan itu adalah bebas berekspresi, bebas berpendapat, tidak terhalangi oleh apapun, bebas menentukan pilihan. Itu menurut aku kemerdekaan yang sebenarnya.

Karena banyak dampak positif dari kemerdekaan. Yang pertama, kesejahteraan rakyat, kemakmuran, adil dan rata karena semua bisa mengekspresikan pendapat mereka. Tapi masalahnya kita belum merdeka dari kemiskinan dan korupsi kan kalo di Indonesia. Maka itu kita harus terus memperjuangkan kemerdekaan. Dengan kemerdekaan kita bisa berkarya lebih, karena kita bebas. Dan menurut aku, itu adalah kebutuhan dalam bermasyarakat untuk melaksanakan kegiatan berdasarkan demokrasi.

 

Kenichi Adriel Lumban Tobing
Mahasiswa Monash University jurusan Master of Business 

Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 merupakan hasil dari persatuan ratusan-ribu orang dari beragam suku dan agama yang telah berjuang dan berkorban bersama melawan dan mengusir para penjajah dari Indonesia, demi terbentuknya negara yang bersatu, kokoh dan bebas menentukan pilihannya sendiri. Kemerdekaan ialah kebebasan kita sebagai negara Indonesia untuk bisa mengambil keputusan dan membuat kebijakan-kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia tanpa tekanan politik ataupun hambatan dari negara-negara lain. Kemerdekaan bagi rakyat Indonesia juga berarti kemampuan bagi Warga Negara Indonesia untuk menggunakan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia sendiri untuk kemakmuran, kesejahteraan masyarakat Indonesia dan juga tanpa kontrol yang terlalu kuat dari negara lain terhadap sumber daya alam di Indonesia.

 

Jeffry Winata
Aktor

Suatu keadaan dimana tercipta pandangan, cara hidup, perilaku sesama manusia yang adil tanpa memandang suku, agama, ras, warna kulit, atau tribut apapun yang melekat pada satu individu. Situasi dimana tidak adanya paksaan, anjuran untuk mendiskreditkan atribut yang melekat pada individu tertentu. Kemerdekaan dengan arti sebenarnya tidak akan pernah terwujud di dunia yang semakin hari semakin kompleks, dimana pendapat apapun yang bersifat baik ataupun buruk, dapat disalurkan secara luas di masyarakat. Mulailah berbagi dan membangun solidaritas bangsa ini karena itulah semboyan dari negara kita, Indonesia. Last but not least, do not ever forget our past as it could be our lesson to build a better future for the next generations.

 

Christine Hetharia
Nenek dari 7 cucu

Menurut saya, kemerdekaan adalah setiap makhluk hidup, baik itu binatang-binatang liar atau burung-burung di udara, apalagi manusia.

Merdeka adalah bebas dari penjajahan dan penindasan. Merdeka adalah bebas untuk menentukan jalan kehidupan bernegara dalam segala hal ekonomi, hukum dan lain-lain yang terkait dengan semua urusan bernegara.

 

Michelle Tan
Software Developer

Kemerdekaan itu artinya bebas. Bebas berpendapat, bebas berbuat. Kemerdekaan juga berarti semua pihak dapat hidup dengan rukun tanpa adanya perselisihan dan juga merasa aman. Tapi dibalik semua kebebasan dan kedamaian yang ada, kemerdekaan juga menjadi satu tanggung jawab dimana tidak hanya diri kita saja yang boleh merasa bebas, tapi “membebaskan” orang lain juga.

 

 

Denisa Dea Denada
Graduate Architect

Kemerdekaan adalah kebebasan yang didapatkan seseorang ketika ia berhasil mengalahkan dirinya sendiri: segala bentuk ingin diakui, juga keserakahan ingin memiliki. Orang yang lepas dari keakuannya akan lebih banyak berkontribusi daripada menuntut haknya untuk mendapatkan sesuatu.

 

 

 

JLie

 

SHARE
Previous articleWELCOMING LIWETAN
Next articleSAMUNA