Saat semangkuk Bakso Spesial (lengkap dengan bakso telur puyuh dan bakso goreng) dan Bakwan Malang tersaji di meja, terselip pula aroma yang familiar, menggoda untuk bernostalgia. Entah imajinasi apa yang terpintas. Bagi Tim Buset yang menyambangi Meetbowl pada sebuah sore, sepakat bahwa setelah mencicipi dua menu andalan restoran yang sudah beroperasi sejak tahun 2005 ini, kami teringat akan masakan rumahan. Terhidang apa adanya, tapi selalu terngiang.

Otentik. Entah apakah kata tersebut menjadi kata paling dihindari atau malah diperlukan, tapi yang jelas, restoran yang terletak di area South Melbourne ini tidak alergi untuk menjaga otentisitas rasa masakan Indonesia yang mereka hidangkan. Buktinya, tak cuma soal rasa, tapi kebiasaan orang Indonesia membubuhkan bawang goreng dan menyematkan cocolan sambal ke makanannya tetap terjaga. Anda akan menemukan satu wadah bawang goreng, kecap, cuka, hingga saus sambal (khas seperti yang dimiliki penjaja bakso dan mie ayam di Indonesia) yang bisa Anda tambahkan sesuka hati. Begitu pula dengan sajian minuman yang mereka miliki, ada aneka soda, teh dingin, teh hangat, teh kotak, hingga susu kacang kedelai siap menemani sajian yang dipesan.

Kangen dengan Mie Ayam? Meetbowl bisa jadi pilihan maremuntuk mengobati rindu. Sulit menemukan mie ayam yang tak cuma penampakannya serupa dengan yang dijajakan di tanah air, tapi juga dari segi rasa Bakmi Yamienmilik Meetbowl terbilang akurat mengadopsi rasa mie ayam nusantara.

Selain menu-menu berkuah, Anda wajib mencicipi menu pendamping seperti Batagor, Shumai Bandung, dan Pangsit Goreng (baik babi maupun ayam) yang tak kalah menggugah selera. Meetbowl juga baru saja mengeluarkan menu baru, Ayam Geprek, yang disajikan dengan nasi hangat, telur pindang dan irisan timun.  Ayam tanpa tulang yang digoreng tepung dan diolesi sambal bawang ini memang tengah populer di Indonesia. Pedas, renyah, gurih berbaur jadi satu. Robin Surjadi, pemilik Meetbowl, mengaku memang berupaya membawa demam Ayam Geprek ini ke Melbourne. Ia pun membeberkan akan segera menghadirkan menu baru, Lumpia khas Indonesia.

Tak hanya mengenyangkan perut dan memuaskan dahaga, persinggahan ke Meetbowl adalah pertemuan dengan kenangan masa kecil, aroma dapur rumah, dan citarasa tanah air yang selalu bikin kangen.

 

***

 

Meetbowl

95 York Street, South Melbourne
Buka Setiap hari:  11.30 – 21.00

 

 

 

 

Deste