Barang pre-loved atau second bukan berarti tak layak pakai. Bagi pembaca BUSET yang hobinya mengoleksi barang “jadul” alias jaman doeloe, belanja di pasar yang jual produk-produk second selalu jadi pilihan. Di Indonesia sendiri, tepatnya di ibukota, ada tempat paling ngetop untuk belanja barang-barang second yaitu Pasar Senen, Jakarta Pusat. Di sana kita bisa menemukan berbagai macam barang seperti baju second, celana, tas, sepatu, koper, produk elektronik dan lain-lain. Bahkan ada juga beberapa toko online bertemakan fashion vintage yang mengambil barangnya dari pasar ini. Karena memang terbukti kualitas barang di Pasar Senen ini masih baik dan layak pakai.

Selain di Jakarta, tak kalah ngetopnya, di Bandung juga ada Pasar Gedebage. Bandung memang sangat terkenal dengan menjamurnya Factory Outlet yang tersebar di seluruh pelosok kota. Akan tetapi di Pasar Gedebage ini, kita bisa menemukan banyak produk second, khususnya produk fashion dengan kualitas yang dijamin tidak kalah saing seperti yang dijual di Factory Outlet.

Nah, di Melbourne sendiri, tempat-tempat yang menjual belanja barang bekas tersebut juga cukup tersebar dan terkenal di seluruh area. Berikut beberapa tempat yang menjual barang second di kota Melbourne untuk bisa dijadikan referensi bagi para pembaca setia BUSET.

Lost and Found Market

Lost and Found Market ini adalah pasar indoor yang menjual berbagai produk vintage dan retro mulai dari furniture, lampu hias, pakaian, art, buku dan lain-lain. Dalam pasar ini terdapat lebih dari 40 kios dengan penjual yang berbeda. Jam operasional pasar ini adalah 11:00 – 18:00 tiap harinya.

Lokasi: 1-5 Perry Street, Collingwood VIC
Telp: (03) 9419 4477

Mio Tesoro

Mio Tesoro yang berarti ‘harta saya’ dalam bahasa Italia itu menjual produk-produk baru maupun second yang ber-merk. Di sana kita bisa menemukan merk-merk yang sangat dicari seperti Chanel, Louis Vuitton bahkan Hermes Birkins. Ada juga katalog online yang bisa diakses jika pembeli tidak sempat mengunjungi toko ini di www.miotesorovintage.com.

Lokasi: Shop 4, 300 Toorak Road  South Yarra Victoria 3141 Australia
Telephone: 9826 0136

Salvos

The Salvation Army Thrift Shop atau yang lebih dikenal dengan nama Salvos adalah salah satu toko yang menjual barang-barang bekas dengan tujuan mulia. Profit yang didapatkan di toko ini nantinya akan digunakan pemerintah untuk membantu komunitas lokal.

Di Salvos, kita akan menemukan berbagai macam baju bekas, buku-buku, mainan anak-anak, barang pecah belah, sepatu dan lain-lain. Selain membeli, kalian juga bisa menyumbang barang-barang bekas yang masih layak pakai ke toko-toko mereka.

Lokasi: tersebar di hampir seluruh area di Melbourne. Salah duanya 69 Bourke Street Melbourne CBD dan Shop 2, 427 Smith Street Fitzroy.

Value City Super Savers

Adalah bisnis yang berbasis di Preston. Lokasi toko ini dapat diakses dengan mudahnya oleh pembeli dari kota maupun pinggiran kota dan sekitarnya. Total ada 1500 barang koleksi berupa pakaian, barang sehari-hari, buku-buku, hiasan pecah belah di toko tersebut dengan harga yang relatif sangat murah.

Lokasi: 1 Newman Street, Preston Victoria 3072
Telephone: (03) 9480 2799

Savers

Savers merupakan salah satu pioneer untuk industri penjualan barang bekas di Asutralia dimana orang-orang dari berbagai latar belakang datang untuk berbelanja di sana. Tiap harinya lebih dari 5000 barang menambah koleksi di toko ini. Barang second yang dijual adalah barang-barang yang masih terjamin mutunya. Bagi para pelajar, ada diskon sebesar 20% setiap hari Minggu jika kalian menunjukkan kartu pelajar saat pembelian. Sedangkan untuk senior, diskon 20% diberlakukan tiap hari Senin.

Lokasi: Dandenong, Footsray, Greensborough, Ringwood, Brunswick.

Trash and Treasure

Adalah Pasar hari Minggu pertama dan pasar outdoor terbesar di Australia. Trash and Treasure ini terdapat di Victoria dan New South Wales. Para pembeli bisa memulai kegiatan belanjanya dari pukul 8 pagi sampai 2 siang dan harus membayar biaya masuk sekitar 1 dollar. Uniknya para pembeli diperbolehkan berbelanja lebih pagi bila membayar biaya tambahan yang besarnya bisa sampai 6 dollar, tergantung lokasi pasar.

Di Victoria, Trash and Treasure dapat ditemukan di tiga suburb; Coburg, Wantirna dan Dandenong.

 

[alert color=”0A0AFF” icon=”128077″]** Tips Belanja Barang Bekas **[/alert]
Berbelanja barang bekas juga perlu strategi. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan jika kita ingin berburu barang-barang bekas, di antaranya:

Menggunakan setelan santai

Karena intinya kita akan belanja barang-barang bekas, tidak perlu untuk berpakaian terlalu nyentrik. Cukup memakai baju simple, celana jeans dan sandal. Alasannya, kadang penjual melihat pelanggannya dari segi penampilan dan biasanya mereka kerap menaikan harga jual.

Belanja pada hari kerja

Tingkat keramaian pengunjung di toko barang bekas pada hari kerja akan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan berbelanja pada selama akhir pekan sehingga kamu bisa lebih leluasa untuk memilih.

Jeli sebelum membeli

Selalu teliti dengan barang yang kita pilih, cek kondisi barang tersebut apakah ada kerusakan atau tidak. Selain itu, agar tidak menyesal, cek warna barang tersebut di tempat yang mempunyai pencahayaan yang baik.

Tawar-menawar

Ini merupakah hal yang paling terpenting untuk urusan belanja di toko barang bekas. Seandainya bisa ditawar, cara paling jitu adalah tawar barang yang ingin kita beli sampai setengah harga terlebih dahulu. Jika si penjual tidak mau memberikan harga yang kita inginkan, coba kita tanyakan harga tengahnya berapa. Dan jika memang masih terlalu mahal, kita bisa berpura-pura pergi, siapa tahu nantinya si penjual sepakat dengan harga kita. Jangan merasa “gengsi” untuk kembali lagi ke toko tersebut jika kita benar-benar menginginkan barangnya.