Salah satu pertanyaan yang harus dijawab sebelum semua dari kita memulai bisnis adalah alokasi waktu yang dibutuhkan untuk memulai bisnis itu sendiri. Secara pribadi, menurut saya tidak ada kata part time dalam berbisnis.

Menjalankan sebuah bisnis yang benar memerlukan tenaga, semangat, fokus dan bahkan uang. Yang patut kita tanyakan diri sendiri adalah apakah yang kita miliki sebuah bisnis, atau hobi? Terletak di tengah-tengah antara bisnis dan hobi saya sebut sebagai “freelancing” dan menurut saya juga freelancing adalah kategori tersendiri.

Memang benar, ada orang orang yang menjadi kaya memulai bisnisnya secara part time, namun saya berani katakan bahwa setiap orang tersebut pada satu ketika memutuskan untuk serius dan menjadikan bisnisnya full time.

Bisnis Online

Banyak orang memulai bisnis online karena janji kemudahan untuk menjalankan bisnis model tersebut dan keuntungan yang tak terhingga. Banyak dari orang ini terpikat dengan daya tarik bekerja di rumah, di atas tempat tidur mereka tanpa harus melalui kemacetan lalu lintas, cuaca buruk dan lain sebagainya.

Semua yang disebut di atas tidaklah salah. Namun, seringkali buaian janji-janji tersebut mengalihkan perhatian dari kenyataan bisnis online yang sesungguhnya. Tidak seorang pun orang yang sukses di dunia maya menghasilkan kekayaannya tidur seharian di rumah. Diperlukan kerja keras dan kegigihan untuk seperti layaknya bisnis-bisnis yang lain.

Freelancing

Sesuai dengan definisi pemerintah, freelancing itu adalah sebuah bentuk bisnis seperti yang lainnya. Namun, menurut saya, freelancing tetap tidak mewakili bisnis yang sesungguhnya. Freelancing bagi saya adalah sebuah bentuk “perkerjaan” dimana kita tidak diikat oleh satu perusahaan yang menggaji kita. Ada beberapa komponen yang menurut saya membedakan freelance dari bisnis yang sesungguhnya:

Visi dan Misi

Tidak banyak freelancer yang memulai aktifitas mereka dengan visi dan misi yang jelas, atau bahkan sebuah goal yang jelas. Saya menemui banyak freelancer yang memiliki tujuan untuk “menghasilkan uang sebanyak mungkin”. Sebuah bisnis yang benar harus berjalan dengan didasarkan visi dan misi yang kuat dan jelas.

Penempatan Pasar yang Jelas

Sebuah bisnis yang berjalan dengan benar memiliki pasar yang jelas (target market), mengerti problem dari pasar tersebut dan strategi untuk membawa nilai tambah ke pasar yang dimaksud. Penempatan yang jelas memberikan keyakinan yang kuat di hadapan mata pembeli/pelanggan Anda untuk bertransaksi dengan Anda dibanding dengan kompetisi Anda. Banyak freelancer memiliki sedikit gambaran mengenai pasar yang mereka fokuskan namun jarang yang mengerti strategi yang benar untuk merebut pasar tersebut.

Leverage

Leverage adalah kemampuan bisnis Anda untuk menghasilkan lebih tanpa Anda harus berkerja lebih keras. Hal ini dapat dicapai dengan berbagai macam cara. Entah dengan memakai pegawai, kemitraan atau dengan menggunakan teknologi.

Bila bisnis Anda dijalankan dengan benar, seharusnya Anda dapat menerapkan prinsip leverage ini untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan tanpa Anda harus bekerja seperti kerbau. Hal ini tidaklah memungkinkan untuk seorang freelancer dikarenakan freelancer hanya dapat menghasilkan lebih banyak dengan berkerja lebih banyak.

Akhir Kata

Bagi saya pribadi, bisnis adalah sebuah sarana untuk anda dapat mencapai impian Anda. Untuk mencapai ini, jalan yang di tempuh adalah panjang dan susah. Tidak satu bisnis yang mewujudkan impian dapat dicapai dengan bekerja part time. Dibutuhkan banyak dedikasi dan kerja keras.

Emmanuel
Owner dan pendiri dari Accolade Coaching yang juga merupakan coordinator Entrepreneurship Program untuk Indonesian Business Centre (IBC) Melbourne. Accolade Coaching bekerja sama dengan IBC mengadakan acara-acara sepanjang tahun untuk memperlengkapi dan meng-inspirasi pebisnis dan entrepreneur Indonesia di Melbourne.

 

Seminar Bisnis dengan ANZ

Di Bulan Oktober 2014, Accolade Coaching disponsori oleh ANZ bank akan mengadakan seminar dengan topik seputar memulai bisnis guna memperlengkapi para kaum profesional yang ingin mengambil langkah untuk ber-entrepreneur. Untuk info lebih lanjut melakukan salah satu dari berikut ini:

  • Daftarkan email di www.accoladecoaching.com.au
  • Like Accolade Coaching Facebook
  • Follow Accolade Coaching atau Emmanuel Setyawan di LinkedIn