Dina & Thung (keduanya nama samaran) buka toko di bilangan Jakarta Timur. Bisnisnya makin hari makin menurun. Mereka pun bingung dan pusing, menebak-nebak apa yang terjadi? Seperti halnya kalau lagi stres dan bingung, Dina dan Thung menjadi rentan terhadap informasi dan pendapat orang sekitar mereka. Salah seorang langganannya bilang bahwa toko mereka ada yang “nutupin”. “Sosok (yang menutupi)nya itu hitam tinggi besar,” begitu omongan si langganan.

Beruntung, ucapan si pelanggan tidak serta merta diterima. Alasannya sederhana, mereka kenal dan tahu bahwa si pelanggan ialah pedagang yang sesekali belanja ke toko mereka. Kehidupannya tidak terlalu hebat. Dagangannya juga tidak terlalu ramai. Meminjam istilah dan komentar Thung mengenai si pelanggan ialah, “hidupnya sendiri blangsak!” Maka sulit buat Thung untuk memercayai omongannya.

Pelajaran pertama yang dapat dipetik, sebaiknya kehidupan kita harus menjadi showcase sebelum menganjurkan orang lain untuk berbuat begini begono. Kalau kehidupan kita masih morat marit, atau masih blangsak, tentu akan hampir tidak mungkin dapat dipercaya orang lain. Dengan kata lain, bila kehidupan kita sendiri tidak positif, diperlukan perjuangan penuh untuk bisa menganjurkan sesuatu yang positif untuk orang lain.

Kedua, manakala sudah masuk ke realm/alam “percaya” maka sangat sulit untuk diverifikasi karena semua omongan atau nasehat tersebut sudah tidak ada/perlu lagi rumus dan dasarnya. Hanya si penganjur dan Tuhan lah yang tahu apakah semua yang diomongkannya benar atau tidak.

Seperti yang sudah sering saya bagikan, kemanjuran dan kebenaran nasehat yang disampaikan tergantung dari spirit si pembisik atau jin yang masuk ke tubuh si medium. Apakah spirit/jin nya dulunya tamatan SD, SMP, SMA atau level universitas? Jadi unsur bermain Russian Roulette-nya sangat tinggi.

Feng shui yang objektif proporsional dan berlogika bukan seperti di atas. Semua yang disampaikan tidak bisa hanya berlandaskan “percayalah”. Karena feng shui yang objektif proporsional dan berlogika bukanlah sistim kepercayaan dan bukan pula mistik-mistikan.

Have a nice and productive day everyday.

Semoga kehidupan kita semua tidak blangsak!

 

 

Suhana Lim
Certified Feng Shui Practitioner
0422 212 567 / [email protected]