Kawanua Melbourne Australia, atau yang lebih akrab disebut KMA sukses menggelar acara pembuka tahun bertajuk Kunci Taon. Acara ini merupakan agenda tahunan yang selalu diadakan di permulaan tahun baru.

Kunci Taon pula merupakan tradisi masyarakat Minahasa sebagai bentuk merayakan tahun baru dan memanjatkan puji syukur pada Yang Maha Kuasa atas tahun yang telah dilalui sekaligus memohon berkat dan perlindungan untuk tahun yang baru ini.

“Acara Kunci Taon atau kadang disebut Kuncikan itu selalu diadakan tiap tahun pada minggu ketiga atau keempat Januari. Kalau di Melbourne dilaksanakan oleh Kawanua yang sudah ada di Victoria sejak 25 tahun silam,” ujar Ketua KMA Eddy Kalesaran.

Untuk menemani acara spesial ini, anggota KMA telah menyediakan kulinari khas Manado, termasuk kue-kue tradisional semacam Kue Panada dan Brudel. Acara yang berlangsung hingga empat jam itu ditutup dengan dansa Polines sebagai ungkapan sukacita serta untuk mempererat persahabatan di antara orang-orang Manado di Melbourne.

Hingga pertengahan tahun ini, sudah banyak kegiatan lainnya yang direncanakan KMA. Seperti yang disampaikan Sekretaris KMA Fransisca Komimbin, “untuk mempererat hubungan, KMA akan mengadakan acara barbecue pada long weekend Labour Day di Caulfield Park dan akan mengadakan Dinner Dancing, termasuk juga acara-acara penggalangan dana untuk membagi berkat bagi rumah yatim piatu atau rumah jompo di Sulawesi Utara.” Bagi masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) yang tengah menetap di Victoria, KMA mengundang untuk hadir dan bergabung menjadi anggota. Fransisca menambahkan, KMA pula menerima anggota yang merupakan kerabat dari penduduk asal Sulut. “KMA juga memiliki aksi sosial duka dimana bagi anggota yang terdaftar dan telah membayar iuran, akan diberikan sumbangan duka apabila anggota/orangtua/kakak/adik meninggal dunia,” tutupnya.







 

foto: KMA (Henry)