Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa informasi yang mungkin berguna untuk Anda yang merupakan penduduk sementara ataupun bukan penduduk Australia namun ingin berinvestasi di Australia.

Pada umumnya investasi asing telah membantu membangun perekonomian Australia dan akan terus meningkatkan kesejahteraan warga Australia. Apabila Anda seorang investor asing yang telah berinvestasi atau berencana untuk berinvestasi dalam real estate Australia, Anda mungkin perlu untuk menginformasikan ATO mengenai investasi Anda tersebut.

Perumahan (Real Estate)

Pada umumnya investor asing perlu mengajukan permohonan persetujuan dari Pemerintah Australia sebelum membeli rumah (real estate) di Australia. Anda dapat melakukan permohonan persetujuan tersebut melalui website Foreign Investment Review Board (FIRB) di firb.gov.au

Pastikan nama Anda tertera dengan benar dalam formulir aplikasi, karena apabila surat persetujuan Anda tidak cocok dengan dokumen identifikasi yang Anda berikan, maka Anda akan perlu melakukan amandemen (variation) yang dapat mengakibatkan biaya sebesar $ 5,000

Berikut ini merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan:

  • Informasikan nomor unit, lot atau nomor jalan dalam aplikasi Anda. Apabila Anda belum mengetahui nomor unit maka sebagai gantinya Anda dapat memberikan nomor lot berikut pula dengan Deposited Plan (DP) identifier apabila Anda memilikinya, serta dengan rincian lainnya pada tahap selanjutnya.
  • Pastikan email dan nomor telepon Anda sudah benar. Hal ini sangat penting karena surat persetujuan nantinya akan dikirimkan via email. Apabila terjadi kesulitan dalam menghubungi Anda maka dapat menyebabkan penundaan dalam aplikasi Anda.
  • Lahan kosong berarti tidak ada bangunan permanen substantif pada lahan tersebut yang mana dapat ditempati oleh orang, barang ataupun ternak.
  • Periksa dengan benar semua rincian pada formulir aplikasi sebelum Anda mengirimkannya, karena variation bisa menyebabkan biaya sebesar $ 5,000.
  • Tempat tinggal baru tidak termasuk properti yang telah ditinggali sebelumnya (second hand) maupun properti yang telah diperbaharui atau direnovasi. Anda dapat mengetahui lebih lanjut dalam situs firb.gov.au

Sanksi/Denda

Sanksi sekarang berlaku untuk pelanggaran atas peraturan investasi asing di Australia. Jika Anda menghindari kewajiban yang ada, maka Anda beresiko untuk mendapatkan sebuah pemberitahuan pelanggaran, hukuman pidana ataupun hukuman perdata.

Untuk hukuman pidana telah meningkat menjadi $ 135,000 atau tiga tahun penjara bagi individu, dan $ 675,000 untuk perusahaan.

Biaya Aplikasi

Terdapat biaya permohonan/aplikasi bagi investor asing untuk membeli real estate di Australia. Jumlah biaya yang ada berbeda-beda tergantung pada harga jual dan jenis properti. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai biaya aplikasi, maka Anda dapat menggunakan estimator biaya yang tersedia di firb.gov.au . Aplikasi Anda tidak akan diproses sampai biaya telah diterima.

Untuk memastikan pembayaran biaya Anda diterima, maka masukan nomor referensi pembayaran (PRN) sama persis seperti yang muncul pada halaman konfirmasi di aplikasi. Jangan menambahkan spasi, nama, tanda hubung atau teks lain dengan PRN. Menambahkan hal-hal tersebut akan menyebabkan keterlambatan dalam proses aplikasi Anda.

Pastikan Anda menyimpan atau mencetak halaman konfirmasi untuk bukti catatan Anda.

Biaya aplikasi ini tidak dapat ditransfer apabila Anda berubah pikiran tentang properti yang Anda beli. Misalnya, jika sebelumnya Anda mengajukan untuk property 9 John Street dan sekarang ingin membeli property 3 Mary Street,  maka Anda akan perlu mengajukan permohonan untuk pembatalan 9 John Street dan mengajukan kembali untuk membeli 3 Mary Street. Namun demikian Anda perlu membayar lagi untuk biaya aplikasi yang baru. Pada umumnya, biaya pertama yang telah dibayarkan tidak akan dikembalikan.

Pembebasan Biaya

Pada situasi tertentu dapat dilakukan pembebasan biaya dan hal ini ditentukan atas dasar kasus per kasus. Biaya pada umumnya tidak akan dibebaskan jika Anda tidak berhasil untuk membeli properti atau jika Anda memutuskan untuk tidak berinvestasi di properti yang diinginkan sebelumnya.

 

Virda Ersan SEA
Accountants
m: 0434 378 718

Sumber: Australian Taxation Office

The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.