Berlatih beladiri bisa membawa banyak kebaikan dalam kehidupan seseorang. Selain menyehatkan bagi tubuh, latihan yang ketat dapat membuat kita semakin disiplin dan tekun dalam menjalani segala hal. Bagi dua bersaudara berdarah Indonesia yang berdomisili di Roxburgh Park, Victoria, Crystoval Cs Komala (14) dan Sharell Cs Komala (10), beladiri yang mereka tekuni, yaitu taekwondo, menjadi bagian besar dalam hidup mereka.

Crystoval mengaku keinginannya berlatih material arts diawali dari ketertarikannya menonton kartun. Selain itu dulu ia juga mempunyai seorang guru yang mengajar beladiri sehingga ia ingin bergabung dengan klub di sekolahnya. Merasa ketertarikan ini perlu ditanggapi dengan serius, Caroline – ibu dari Crystoval dan Sharell – mencoba mencarikan tempat berlatih yang terbaik. Pada akhirnya setelah mencari informasi mengenai segala macam pembelajaran beladiri, taekwondo menjadi pilihan pertama oleh karena kesempatan besar yang disediakan aliran material arts ini dalam meraih prestasi. Sedangkan klub yang dipilih adalah Koryo Taekwondo di bawah naungan grand master Russell Wood yang pernah mendapatkan penghargaan Sports Medal dari Ratu Elizabeth II. Setelah beberapa bulan Crystoval mengikuti latihan, Sharell lalu ikut bergabung ketika ia berusia lima tahun di akhir 2008.

Latihan yang dilakukan putra putri pasangan Caroline dan Stanley Komala ini cukup ketat, yaitu 2 hingga 3 kali setiap minggunya dengan durasi 1.5 jam per latihan. Latihan yang dilakukan biasanya dibagi dua, yaitu latihan pattern dan fighting. Selain itu mereka juga sering mencoba berlatih di beberapa klub lain untuk mendengar opini berbeda dari guru-guru lainnya. “It is really important to get all of their opinion,” ungkap Caroline dengan alasan bahwa juri di saat pertandingan bisa berasal dari banyak tempat yang berbeda, yang memiliki penilaiannya masing-masing.

Caroline sendiri tak ragu melibatkan dirinya dalam menekuni dunia Taekwondo demi mendampingi kedua buah hatinya. Bahkan ia pun rajin mengikuti kompetisi serta menambah titel taekwondo-nya.

Usaha keras mereka bukan tanpa hasil. Terbukti dari berbagai pertandingan di tahun 2012 kemarin ini saja teraihlah sudah 13 medali emas, 3 perak dan 3 tembaga dalam pertandingan tingkat nasional. Baru-baru ini Crystoval pula meraih juara 4 dalam kategori pairs ‘US Open’ yang dilangsungkan di Las Vegas, Amerika Serikat dan posisi ke-5 dalam kategori individual patterns. Sedangkan Sharell berhasil mencapai semifinal di ajang yang sama.

Crystoval dan Sharell merasa taekwondo membawa banyak keuntungan bagi mereka, seperti bisa bertemu dan berkenalan dengan teman-teman baru; menjadi lebih percaya diri; tubuh menjadi lebih sehat dan fit; serta dapat berpergian ke banyak tempat. Di saat yang bersamaan mereka juga mengungkapkan kesulitan yang terkadang mereka hadapi, misalnya jadwal sekolah menjadi terganggu karena ada pertandingan yang harus mereka ikuti. Namun keduanya setuju jika hal ini bisa dihadapi dengan baik asalkan mereka dapat mengatur waktu dengan bijaksana. “The only way is up,” ucap Cyrstoval yang tidak mau menyerah begitu saja terhadap kesulitan yang ia hadapi.

Kegiatan lain yang dilakukan dengan tekun oleh Sharell adalah Calisthenic, semacam keterampilan senam atau gymnastic. Namun jika harus memilih, taekwondo tetap menjadi prioritas bagi Sharell karena tingkat prestasi yang bisa dicapai di dalam taekwondo lebih tinggi. Sedangkan Crystoval mengungkapkan bahwa gaming mungkin merupakan dunia pilihan lainnya selain taekwondo.

Berbicara tentang masa depannya, Crystoval dan Sharell merasa taekwondo bisa dijadikan jalan karir yang cocok bagi mereka. Di saat Crystoval bercita-cita untuk menjadi Taekwondo Olympic champion, Sharell justru ingin menjadi guru sekolah yang juga mengajar taekwondo ke murid-muridnya.

Masih banyak penghargaan yang ingin dicapai adik kakak ini dalam pertandingan-pertandingan selanjutnya. Dalam waktu dekat ini, salah satunya adalah National Taekwondo Championship di bulan Oktober mendatang. Semoga mereka bisa terus mengharumkan nama Australia dan Indonesia dengan kemenangan-kemenangan mereka.

gaby
foto:
gaby
https://www.facebook.com/Sportraiturephotography
http://carlsolder.com/carlsolder