Agustus mendatang, tepatnya 18 Agustus hingga 2 September 2018, akan berlangsung pesta olahraga paling bergengsi se-Asia yang diselenggarakan di Indonesia. Tepatnya, gelaran empat tahunan ini untuk pertama kalinya dilangsungkan di dua kota berbeda, yakni Jakarta dan Palembang.

Suasana tamu yang hadir mengikuti Asian Games Information Night 2018

Tentu saja, selain tengah sibuk mempersiapkan diri sebagai tuan rumah dengan berbagai pembangunan fasilitas olahraga dan prasarana lainnya, promosi Asian Games 2018 gencar dihembuskan. Tak ketinggalan, tentu saja bagi publik Melbourne. Pada 30 Mei 2018 lalu, di ruang Yasuko Hiraoka Myer, Sidney Myer Asia Centre di University of Melbourne, Wonderful Indonesia sebagai perwakilan dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menggelar acara Asian Games Information Night.

Malam itu tak hanya kalangan mahasiswa yang datang, tapi juga para penikmat olahraga serta kalangan profesional yang bekerja di bidang olahraga seperti AFL (Australian Footbal League) turut pula memadati acara. Rupanya mereka tertarik mengetahui sejauh mana persiapan Asian Games dilaksanakan. Tak hanya sarat informasi, acara hari itu juga padat penampilan budaya dengan munculnya berbagai tari tradisional Indonesia. Dihadiri pula oleh Zaenal Arifin selaku Konsul Ekonomi KJRI Melbourne dan Irene Sinaga selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan yang turut berbagi informasi.

Konsul Ekonomi Zaenal Arifin dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Irene Sinaga turut memberi keterangan
Konsul Ekonomi Zaenal Arifin dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Irene Sinaga turut memberi keterangan

Tak hanya sekadar pesta olahraga, Asian Games juga harus mampu menjadi jendela bagi wisatawan asing agar menengok wisata Indonesia, khususnya Jakarta dan Palembang yang belum terekspos sebelumnya.

Apa yang Perlu Kita Tahu Tentang Asian Games 2018?

Seharusnya Hanoi, Vietnam-lah yang menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games 2018. Kota ini mengalahkan Surabaya dan Dubai dalam proses seleksi. Namun, karena persoalan finansial, Vietnam akhirnya mengundurkan diri. Memang tidak mudah menjadi tuan rumah pesta olahraga seluruh Asia ini. Beban untuk membangun berbagai sarana olahraga dan infrastruktur agar siap menjadi tuan rumah terbilang berat dan berbiaya besar. Begitu pula yang dilakukan Indonesia dalam mempersiapkan diri jelang Asian Games,  pembangunan terus digarap dan dikebut agar siap 100 persen.

Sarana transportasi, fasilitas olahraga, hingga tempat tinggal para atlet di Jakarta dan Palembang dikabarkan telah siap seluruhnya. Termasuk pula yang perlu diperhatikan, bahwa selama berlangsung Asian Games, akan ada beberapa perubahan titik arus jalan untuk mengurangi kepadatan. Selain itu bandar udara pun turut bersolek. Pemerintah Palembang menambah kapasitas bandar udaranya agar mampu menampung para penonton AsianGames. Begitu pula pendayagunaan LRT (Light Rail Transit) yang menghubungkan bandar udara ke berbagai tempat berlaga, sehingga memudahkan para atlet dan panitia untuk berpindah tempat.

Sebanyak 40 cabang olahraga akan dipertandingkan dan uniknya akan ada 10 cabang olahraga yang baru pertama kali akan dipertandingkan pada Asian Games 2018. Kesepuluh cabang olahraga tersebut adalah: Roller Sport, Bridge, Basket 3 on 3, Jet Ski, Pencak Silat, Jiu Jitsu, Sambo, Kurash, Panjat Tebing dan Paralayang. Di Palembang sendiri akan digelar 10 cabang olahraga olympicdan tiga cabang olahraga non-olympicseperti Sepak Takraw, Kano, Dayung, Kick Volleyball, Beach Volleyball, Woen Soccer dan masih banyak lagi yang tersebar di 11 area di Palembang.

Arahkan Pandang ke Palembang

Tanpa bermaksud mengecilkan makna Jakarta, tapi layangkan pandangan Anda ke Palembang, ibukota provinsi Sumatera Selatan, yang juga jadi tuan rumah Asian Gameskali ini. Kota ini juga dikenal sebagai Tanah dari Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Buddha yang begitu berkuasa pada abad ke-9 hingga abad 11. Nama ini pula yang diadopsi oleh klub sepak bola kebanggaan kota Palembang, Sriwijaya Football Club.

Palembang yang dialiri Suangai Musi juga dikenal dengan Jembatan Ampera-nya sebagai landmark kota. Ada begitu banyak tempat wisata lain yang wajib kunjung jika ingin menyambangi Palembang. Di antaranya ada Pagar Alam Rafting, Pulau Kemaro, Sembilang National Park, Kampung Pecinan Kapitaan, Kampung turis Al-Munawar, Kebun Teh Padalarang, Pelang Kenidai dan Gunung Dempo. Tak hanya tempat wisata, banyak kuliner khas Palembang yang wajib dicoba seperti Pempek Palembang dan Mie Celor. Kapan lagi menikmati pertandingan Asian Games yang hanya berlangsung empat tahun sekali, sambil berwisata menjelajah Palembang dan menyaksikan sisa-sisa kejayaan Kerajaan Sriwijaya yang pernah perkasa menaungi kota ini.

 

APA KATA MEREKA

Bayu Pratama | Mahasiswa

Acara ini sangat informatif terutama tentang Asian Gamesyang akan diadakan tahun ini. Kementerian Pariwisata dan perwakilan dari Palembang sendiri berhasil memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang Palembang sebagai tuan rumah sekaligus kota wisata yang layak dikunjungi para wisatawan saat berkunjug ke Indonesia. Saya sendiri tidak memiliki banyak pengetahuan mengenai Palembang dan bagaimana sejarahnya secara detail, tapi saya jadi ingin berkunjung ke Palembang jika nanti saya pulang berlibur ke Indonesia.

 

Dylan Vienet | Pelancong

Sebagai traveller,saya selalu melihat peluang lokasi baru untuk dieksplorasi. Berbicara tentang Indonesia, selama ini kita selalu hanya ingin ke Bali, Jakarta, Bandung tetapi acara ini memberikan saya daftar kota baru yang layak dikunjungi, yaitu Palembang. Selain itu, saya belum pernahmenonton Asian Games sebelumnya. Saya juga ingin sekali melihat bagaimana Asian Gamesini berlangsung sebagai bentuk kecintaan saya terhadap olahraga dan juga budaya negara lain.

 

 

 

Vina

 

 

 

 

 

 

***

 

 

Note: Foto-foto terlalu gelap, mohon agar diterangkan dulu. Thanks

Photo Caption:

1 :

 

 

2 & 3 dipasang berdampingan:

 

 

4 –

Tari Bali juga tak ketinggalan dihadirkan

 

5 –

Tari Zapin Sinapelan dan Joget Rindu Merindu yang disebut sebagai social dance-nya orang Palembang

 

6 –

Para peserta yang memenangkan kuis Asian Games 2018 malam itu