BIAYA YANG SEBAIKNYA JANGAN DIKLAIM

Artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa contoh biaya yang tidak dapat diklaim pada saat pelaporan pajak (tax return).

Sebagai wajib pajak yang baik, kita harus selalu melaporkan pajak dengan cara yang benar. Banyak diantara kita yang mencoba untuk mengklaim biaya semaksimal mungkin agar dapat mengurangi penghasilan kena pajak. Namun demikian kita perlu mengetahui biaya mana saja yang tidak dapat diklaim pada saat pelaporan pajak, dikarenakan terdapat wilayah yang membedakan antara biaya yang berhubungan dengan pekerjaan dan biaya untuk keperluan pribadi.

Berikut ini merupakan beberapa biaya yang tidak dapat diklaim pada saat pelaporan pajak:

Biaya Pengobatan

Kini Kantor Pajak (ATO) telah menghapus tax offset untuk biaya pengobatan. Sehingga tagihan medis seperti biaya dokter, vaksinasi, bahkan jika Anda terkena penyakit tertentu dalam pekerjaan Anda tidak dapat lagi diklaim, namun demikian terdapat pengecualian biaya pengobatan bagi wajib pajak dengan bantuan untuk keterbatasan (disability) maupun bantuan aged care.

Biaya Entertainment

Biaya entertainment pada umumnya tidak diklaim sebagai pengurang pajak, namun hal tersebut tergantung kepada siapa dan dimana entertainment tersebut disediakan.
Contoh biaya entertainment terkait dengan bisnis yang tidak dapat diklaim sebagai pengurang pajak yaitu mengundang klien untuk makan siang atau mentraktir wine untuk calon klien.

Biaya pendidikan dan child care untuk anak

Apabila Anda dihadapkan pada situasi dimana bos Anda tiba-tiba memanggil Anda untuk bekerja di luar jam kerja normal sehingga Anda menggunakan jasa child care untuk menjaga anak pada saat itu, maka perlu diketahui jika biaya atas child care tersebut tidak dapat di-klaim untuk pengurang pajak Anda.

Selain itu juga, Anda tidak dapat mengklaim biaya pendidikan anak, seperti buku dan uang sekolah. Walaupun terdahulu terdapat tax rebate untuk biaya ini, namun mulai Januari 2013 tax rebate tersebut digantikan dengan Schoolkids Bonus.

Denda

Apabila Anda terkena denda contohnya seperti denda lalu lintas maupun denda parkir, maka perlu diketahui kalau Anda tidak dapat mengklaim denda atau penalti apapun, sebagai contohnya seperti tilang ataupun denda atas keterlambatan pembayaran walaupun hal tersebut terjadi ketika Anda sedang bekerja.

Mobil Mewah

Jika Anda merupakan pemilik dari mobil mewah, dan menggunakan mobil tersebut untuk keperluan kerja, maka perlu diketahui jika terdapat batas jumlah yang bisa diklaim atas biaya penyusutan mobil untuk keperluan bisnis.

Untuk tahun keuangan 2015-2016, batas mobil mewah yang diperbolehkan adalah $63,184. Sehingga apabila Anda membeli mobil dengan harga yang melebih $63,184, maka hanya jumlah $63,184 yang dapat disusutkan sepanjang umur efektif mobil.
Selain itu juga, untuk keperluan GST, batas mobil mewah yang diperbolehkan sama, yaitu $63,184. Dengan kata lain, apabila Anda membeli mobil yang harganya $80,000, maka GST maksimal yang bisa diklaim kembali adalah $5,744.

Berikut ini merupakan biaya-biaya yang mendapat perhatian khusus dari kantor pajak apabila diklaim di dalam tax return:

  • Biaya perjalanan ke dan dari tempat kerja.
  • Biaya klub sosial.
  • Biaya perawatan pribadi.
  • Pakaian kerja biasa (selain pakaian pelindung, seragam dan pakaian pekerjaan spesifik), misalnya celana hitam untuk Sehingga jika Anda membeli jas yang Anda pakai hanya untuk bekerja, maka Anda tidak dapat mengklaim biaya pembeliannya atau biaya dry cleaning-nya.
  • Biaya yang terkait dalam rangka mendapatkan pekerjaan seperti perjalanan untuk menghadiri wawancara, persiapan CV atau mengurus surat keterangan baik dari polisi.
  • Biaya pindah lokasi untuk memulai pekerjaan baru walaupun masih dengan perusahaan yang sama.
  • Biaya SIM, kecuali jika Anda membutuhkan kelas khusus lisensi untuk melakukan pekerjaan, maka biaya tersebut dapat diklaim.
  • Biaya yang dikeluarkan pada saat melakukan pekerjaan sukarela.

 

Virda Ersan
SEA Accountant

Sumber: Australian Taxation Office
The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.