Sejak 2007, Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA) Monash University setiap tahunnya mengadakan pentas seni bertajuk Soundsekerta. Melalui acara ini, PPIA Monash bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta akan Tanah Air, khususnya bagi mahasiswa-mahasiswi Indonesia yang berada di Melbourne. Di setiap pergelarannya, panitia selalu memberikan tema dan pesan yang menarik. Untuk tahun 2015 ini, Soundsekerta mengusung tema ‘Sound of the Nation’ yang bertujuan untuk menjadi wadah kreatifitas dan aspirasi mahasiswa Indonesia. Selain itu juga untuk menjadi pengingat bahwa kontribusi untuk Indonesia tidak harus terbatas secara geografis.

Soundsekerta selalu menampilkan musisi yang luar biasa dan menakjubkan dari Indonesia. Acara yang akan diadakan pada tanggal 13 September 2015 di Melbourne Town Hall ini akan menyajikan penampilan langsung dari tiga grup musik ternama Indonesia; Noah, Nidji dan Tulus.

 

Noah merupakan salah satu band alternative pop-rock yang paling terkenal di Indonesia. Band yang sebelumnya mengusung nama Peterpan ini dibentuk pada tahun 2000 dan terdiri dari empat orang personil. Noah sendiri popular dengan unsur puitis dalam setiap lirik lagunya dan telah sukses menggelar konser di dalam maupun luar negeri.

Konser terbaru Noah pada 2012 memecahkan rekor MURI karena dengan waktu hanya 24 jam mereka berhasil menggelar konser di dua benua dan lima negara; Melbourne, Hongkong, Kuala Lumpur, Singapura dan Jakarta.

Semenjak album “Taman Langit” yang rilis tahun 2003, Noah telah memiliki tujuh album. Tidak dipungkiri lagi, band ini telah memiliki andil besar dalam industri musik Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan album “Bintang di Surga” yang telah menerima 21 Platinum dan terjual sebanyak 3.200.000 kopi di tahun 2004. Pada 2012, album “Seperti Seharusnya” mendapat anugrah multi platinum dan terjual sebanyak 1.900.000 kopi. Tentunya kehadiran Noah akan sungguh meramaikan suasana Soundsekerta ini.

 

Nidji terkenal dengan lagunya yang unik dan penuh semangat. Band yang sudah aktif semenjak tahun 2002 ini telah memiliki enam rekaman album. Salah satunya ialah “Breakthru” yang telah mengantarkan Nidji untuk memenangkan MTV Indonesia Best New Artist and Best New Band di tahun 2006.

Nidji, yang dalam Bahasa Jepang berarti pelangi, juga merupakan pengisi soundtrack film ternama Indonesia seperti Laskar Pelangi, 5cm, Sang Pencerah, Street Society dan Tenggelamnya Kapal Van der Wijck.

Dalam skala internasional, band beraliran alternative pop ini sempat diekspos dalam beberapa kesempatan. Dua lagu mereka, Heaven dan Shadows digunakan dalam promosi film seri Amerika Serikat bertajuk Heroes. Selain itu, klub sepak bola asal Inggris, Manchester United juga menggunakan lagu Nidji dalam salah satu acara meet-and-greet. Tahun ini, Nidji dapat mengekspresikan musik mereka dan memberikan semangat kepada penonton di Soundsekerta 2015.

 

Bintang tamu yang terakhir, Tulus mungkin tergolong pendatang baru di industri musik Tanah Air, namun telah mencuri perhatian banyak kalangan. Album keduanya, “Gadjah”, sukses mengantarkan Tulus untuk memenangkan sembilan dari dua belas nominasi yang ia dapat di tahun 2014. Nominasi-nominasi itu tidak terbatas dalam skala nasional, seperti Rolling Stones dan Net, tetapi juga dari Anugrah Planet Muzik Singapura.

Tulus yang biasa membawakan lagu pop atau jazz kerap berkontribusi dalam festival musik jazz. Pria kelahiran Bukittinggi, 20 Agustus 1987 ini pula telah sukses menggelar konser tunggal untuk memenuhi permintaan penggemarnya.

Tulus sempat berkolaborasi dengan RAN dan Raisa dalam menghasilkan lagu-lagu yang menjadi hits di Tanah Air, sebut saja Kita Bisa dan Teman Hidup. Kontan, artis yang merupakan favorit dari generasi terkini ini dipastikan akan memberikan pertunjukan yang tak terlupakan.

 

Jadi tidak sabar menunggu SoundsekertaSound of the Nation’ bukan? Dengan kehadiran para musisi ternama, Soundsekerta 2015 berjanji akan mempersembahkan acara yang menghibur, tidak terlupakan dan lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, Soundsekerta juga menggelar kompetisi-kompetisi menarik yang dapat diikuti! Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan membuka situs http://soundsekerta.ppiamonash.org

Untuk detail lebih lanjut mengenai Soundsekerta, silahkan menghubungi salah satu dari tiga orang ini:

Tania Rosari (0435759279)
Inez Kamilla (0451591787)
Melinda Listiandi (0431462345)

 

Sampai bertemu di SOUNDSEKERTA 2015!

ppia monash