Baru-baru ini perkumpulan masyarakat Batak di Victoria dan Tasmania yang diberi nama Bona Pasogit (Kampung Halaman) mengadakan Pesta Bona Taon. Acara tersebut merupakan tradisi masyarakat Batak dalam menyambut tahun baru. “Tradisi ini dipercaya telah dilakukan sejak lama oleh nenek moyang warga Batak. Tujuannya untuk mengevaluasi kembali perjalanan hidup di tahun sebelumnya dan  mempersiapkan diri menjalani tahun yang baru,” jelas Alex Hutabarat selaku Ketua Bona Pasogit.

Bona Pasogit sendiri menurut Alex sudah terbentuk sejak lebih dari 10 tahun yang silam, namun sempat vakum lima tahun terakhir hingga kembali dihidupkan pada 12 April 2014. Dan mengenai keanggotaannya, Alex menambahkan, “sampai saat ini diperkirakan jumlah masyarakat Batak di seluruh Victoria dan Tasmania ada lebih dari 300 orang tapi untuk saat ini jumlah anggota sekitar 150 orang dan banyak yang masih belum didata.”

Organisasi ini memiliki tujuan untuk menggali potensi dan memberikan bantuan baik moril dan material kepada anggota Punguan dan ikut serta memberikan bantuan untuk kemajuan kampung halaman. Selain itu juga untuk menjaga kelestarian adat istiadat dan kreatifitas masyarakat Batak di Victoria dan Tasmania.

Sebagaimana yang sudah ditetapkan sejak April 2014, berikut ini adalah kepengurusan Punguan Batak Bona Pasogit selama dua tahun ke depan.

Ketua: Alex Hutabarat
Wakil Ketua: Antonius Tobing
Sekretaris 1: Nora Manurung
Sekretaris 2: Tia Hutajulu
Bendahara 1: Holly Gultom
Bendahara 2: Helena Hutajulu

Panitia Pendukung:
Bram Samosir, Ben Samosir, Nikki Napitupulu, Ganda Marpaung

Panungkunan / Partungkoan / Penasehat:
David Pardede, Martin Silalahi, Marangin Silalahi, Johnny Siregar, Herlina Pakpahan, Jerry Tobing




foto: dok. Bona Pasogit