Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai tips yang diharapkan dapat membantu para pemilik bisnis yang berniat untuk menjual usaha kecilnya, agar bagaimana supaya proses menjual bisnis tersebut lebih mudah.

Banyak para pemilik bisnis yang sejak awal telah merencanakan untuk mendirikan suatu bisnis dan berniat untuk menjualnya ketika bisnis tersebut telah berkembang agar terjual dengan harga yang pantas, atau mungkin juga bisnis tersebut harus dijual dikarenakan alasan pribadi yang muncul tak terduga, sehingga pemilik bisnis memilih untuk segera menjualnya.

Terlepas dari semua alasan yang membuat Anda ingin menjual bisnis tersebut, para ahli setuju bahwa sebaiknya proses penjualan dipersiapkan dengan baik terlebih dahulu, karena butuh waktu yang tidak sebentar untuk menyelesaikan penjualan yang sukses.

Keempat tips ini akan membantu Anda untuk membuat bisnis Anda menarik bagi pembeli pada saat Anda ingin menjualnya:

Mendapatkan Penilaian Bisnis 

Apabila Anda merupakan pemilik bisnis, maka ada baiknya berkonsultasi dengan appraiser agar dapat mendapatkan gambaran realistis tentang kelayakan bisnis Anda pada saat ini, dan juga informasi berharga tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan nilainya.

Ketika waktunya Anda siap untuk menjual bisnis tersebut, maka dengan memiliki penilaian bisnis bisa menjadi nilai tambah bagi calon pembeli. Apabila Anda berbagi rincian penilaian bisnis yang ada, secara tidak langsung akan menunjukkan transparansi, menciptakan kepercayaan dan membangun kredibilitas, selain itu juga menghemat biaya bagi calon pembeli agar mereka tidak perlu lagi menggunakan jasa appraiser.

Waktu sangatlah penting dalam penjualan bisnis. Apabila Anda telah mengetahui berapa nilai kelayakan atas bisnis tersebut, maka Anda dapat memutuskan apakah sebaiknya segera menjualnya ataukah menunggu sampai bisnis lebih berkembang atau sampai kondisi ekonomi membaik.

Membuat Succession Plan

Setiap bisnis baik dalam skala besar ataupun kecil, akan membutuhkan succession plan. Dimana strategi keluar tersebut akan membuat calon pembeli merasa nyaman karena Anda telah mempersiapkan masa transisi yang mulus baik untuk Anda dan si pemilik baru.

Rencana ini harus mencakup aspek sumber daya manusia (misalnya rencana pelatihan untuk pemilik baru ataupun karyawan lama yang tetap bekerja walaupun kepemilikan telah berpindah, serta pengelolaan masalah keuangan, hukum, ataupun pajak).

Benahi Laporan Keuangan

Pada umumnya calon pembeli potensial akan mempertimbangkan kembali niat untuk membeli apabila catatan keuangan bisnis tersebut tidak terorganisir dengan baik ataupun tidak lengkap.

Calon pembeli biasanya ingin melihat laporan pajak tahunan selama tiga tahun sampai lima tahun terakhir, beserta pula neraca (balance sheets) dan laporan laba rugi (profit and loss statements). Mereka juga biasanya akan meminta data penjualan dan pemasaran yang akurat, serta nilai aset dan kewajiban atas bisnis tersebut.

Menggunakan Jasa Broker Bisnis

Ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan jasa seorang broker bisnis dengan rekam jejak yang telah terbukti, sehingga dapat membantu untuk menyederhanakan proses penjualan.

Jasa broker ini akan sangat berguna terutama jika pemilik bisnis terlalu sibuk untuk mencari calon pembeli yang berminat. Selain itu juga broker bisnis memiliki keahlian profesional untuk membantu si pemilik bisnis menjual bisnis tersebut dalam jangka waktu yang diharapkan.

Tentu sebagai pemilik bisnis, pastinya Anda ingin bertemu dengan beberapa broker sebelum akhirnya memastikan mana yang terbaik untuk Anda. Sebaiknya cari broker dengan pengalaman menjual bisnis yang sama dengan industry bisnis Anda, memiliki banyak database atas calon pembeli yang berminat, serta rasio pejualan yang mengesankan.

Saat Anda bertemu dengan seorang broker bisnis, sebaiknya minta testimonial dan juga info mengenai strategi yang akan mereka gunakan untuk memasarkan dan menjual bisnis Anda, selain itu juga ada baiknya untuk bertanya dengan teman atau kenalan Anda mengenai broker bisnis yang handal dan terpercaya.

 

 

 

Virda Ersan
SEA Accountants
m: 0434 378 718

The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.