Tahun 2015 telah berlalu selama satu semester. Banyak perubahan yang terjadi di berbagai sektor ekonomi yang juga terjadi secara khusus di Sektor Properti. Peningkatan harga properti yang terus menjadi tren positif selama tahun 2015, penurunan tingkat suku bunga dasar dari Bank Sentral Australia (RBA), peningkatan persetujuan tingkat hunian di sekitar Melbourne CBD dan pertumbuhan laju populasi di inner Melbourne. Berbeda halnya dengan perkembangan ekonomi di Indonesia yang tengah mengalami perlambatan, tren pasar properti Australia sedang mengalami kenaikan di tingkat penjualan bagi investor asing. Variabel-variabel di atas lebih lanjut ditunjukkan oleh hasil statistik dan laporan investasi bahwa harga-harga properti di daerah Sydney dan Melbourne khususnya melonjak dikarenakan oleh turunnya tingkat suku bunga dibulan lalu (2%). Alhasil penjualan properti mengalami kenaikan diakibatkan oleh banyaknya jumlah permintaan (demand) daripada jumlah penawaran (supply) tempat tinggal itu sendiri.

Hal kedua yang perlu diketahui di pasar properti Australia saat ini adalah jumlah pembeli dan investor asing dari Tiongkok yang sangat mengejutkan. Berdasarkan estimasi jasa keuangan Credit Suisse, total investasi residential yang dibawa oleh para investasi dari negeri Tirai Bambu untuk enam tahun ke depan ini akan mencapai $60 miliar. Bahkan, berdasarkan data terakhir yang didapat dari hasi penelitan pasar properti Australia, 23% dan 20% stok residensial baru di Sydney dan Melbourne secara berurutan didominasi oleh para pembeli dari Tiongkok.

Peran para investor asing di dunia properti Australia sudah seringkali mendapat tekanan dari pembeli lokal. Pasalnya, naik turun harga properti secara umum memang sangat dipengaruhi oleh para pembeli properti asal Tiongkok. Namun ekonomis James Laurenceson, wakil Direktur dari UTS Australia- China Relations Institutes, mengklaim bahwa pernyataan ini cenderung berlebihan. Sama halnya dengan Cameron Kusher, analis senior Core Logic RPData yang mengatakan bahwa pasar properti Australia masih didominasi oleh pembeli domestik yang cenderung memfokuskan pembelian di daerah pusat kota Sydney dan Melbourne. Melonjaknya harga properti ini sangat marginal di daerah bagian Australia lainnya.

Maka daripada itu, apabila anda berada dikategori ‘first-time home buyer’, yang mungkin tengah merasakan beratnya tekanan di pasar properti  saat ini, anda tidak perlu khawatir karena masih ada banyak oportunitas di pasar sekunder yang sedang menanti anda. Janganlah lupa untuk mulai berinvestasi sejak dini, karena dengan berdasarkan arahan-arahan yang tepat dari para ahli untuk menentukan langkah anda guna membuat keputusan-keputusan berinvestasi yang terbaik.

Perubahan-perubahan kondisi variabel ekonomi seperti terpapar di atas, bukanlah sebuah ilustrasi atau hambatan untuk melakukan investasi di properti. Tetap berdasarkan pada hukum ekonomi yang berasumsi bahwa semua pelaku pasar berperilaku rasional, maka perencanaan investasi yang tepat dan pemilihan properti yang baik adalah langkah untuk meminimalisasi risiko atas investasi. Anda mungkin tidak mau kehilangan kesempatan untuk memperoleh imbal hasil yang optimal melalui perubahan pasar yang tidak Anda prediksikan sebelumnya.

Dengan berjalannya waktu yang sangat dinamis, kita telah berada di musim dingin dan akhir tahun keuangan (financial year). Di bulan Juli yang baru ini, kami dengan bangga mempersembahkan brand perusahaan kami yang baru, Xynergy Realty (sebelumnya dikenal sebagai Xynergy Realty Group). Tujuh tahun telah lewat sejak kali pertama kami menginjakkan kaki kami di dunia properti Australia. Bersamaan dengan naik turunnya situasi ekonomi Australia, kami telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu real estate agency terkemuka di Australia yang berspesialis dalam menangani properti investor asing. Maka daripada itu, dengan adanya evolusi brand ini, kami berharap untuk dapat selalu berkembang bersama berubahnya tren di pasar properti saat ini. Hasil pengamatan kami menunjukkan bahwa para pemain di pasar properti juga mencangkup kawula-kawula muda yang senantiasa menginginkan inovasi dalam tingkat servis kami. Xynergy Realty akan merepresentasikan kami sebagai real estate agent yang modern, kreatif dan senantiasa inovatif.

Dengan memperhatikan oportunitas-oportunitas yang ada pada saat ini, adalah waktu yang tepat bagi para investor atau owner-occupier untuk memulai rencana investasi properti yang akan memberikan perlindungan bagi masa yang akan datang. Kami tidak sabar untuk segera melayani berbagai pertanyaan yang Anda miliki bersangkutan dengan dunia properti. Dan kami yakin bahwa staf kami yang ramah akan selalu dapat membimbing Anda dalam setiap aktifitas berinvestasi. Kami dapat pastikan bahwa bersama Xynergy Realty, kegiatan berinvestasi akan selalu menjadi menyenangkan, dan jauh dari beban pikiran dan kekuatiran!

 

Alain M Warisadi,
CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), CPS (RE), Dipl FMBM, B. Ec (Fin)
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Licensed Estate Agent
Harvard University Scholar
(e.) [email protected]

Tanya Tjahjosarwono, B.Bus (Mkt)
Co-property Writer
Marketing Communications Manager
Candidate of Master of Adv. Marketing (Monash University)
(e.) [email protected]

sumber: The Australian, Property Observer, RPData, 2015.

[alert color=”C2A490″ icon=”9888″]Informasi di atas adalah panduan dan gambaran umum dalam bidang investasi properti, dan tidak untuk digunakan secara generalisasi. Xynergy Realty Group memberikan konsultasi individual untuk wealth creation strategy, property investment, property management dan home/ commercial loan yang khusus didedikasikan bagi calon investor dan pembeli properti.[/alert]

[alert color=”C24000″ icon=”128222″]Hubungi kami di 1300 884 168 untuk perencanaan investasi properti dan pemilihan properti terbaik, yang sesuai dengan perencanaan yang anda inginkan. Don’t be regular, get Xynergy! [/alert]