Superannuation merupakan uang yang disisihkan dan terakumulasi selama masa kerja Anda untuk pensiun. Ketika Anda mulai bekerja dan mendapatkan penghasilan lebih dari $450 per bulan, maka pada umumnya setiap tiga bulan sekali employer Anda diharuskan untuk berkontribusi minimal 9,5% (mulai 1 Juli 2014) ke rekening super yang Anda nominasikan, yang biasanya dikenal dengan kontribusi jaminan dana pensiun. Oleh karenanya apabila Anda memiliki beberapa rekening super, maka sebaiknya Anda menggabungkan semuanya menjadi satu rekening tunggal untuk menghemat biaya administrasi / komisi namun yang lebih penting, agar lebih mudah untuk mengelola super Anda.

Banyak superannuation yang tidak diklaim oleh penduduk Australia, dan mungkin saja milik Anda adalah salah satu diantaranya. Sebaiknya ambil tindakan dari sekarang untuk mengklaim dan melacak kontribusi super yang dibayarkan oleh employer Anda untuk memastikan nantinya super tersebut akan menjaga Anda pada saat pensiun. Mengklaim super yang hilang sangat mudah, namun Anda diharuskan untuk menginformasikan Nomor Wajib Pajak  (Tax File Number), nama lengkap dan  juga tanggal lahir.

Berikut ini merupakan beberapa cara diantaranya :

• Mendaftarkan akun layanan online dengan ATO di www. ato.gov.au,
• Melakukan pencarian cepat online di http://www.ato.gov. au/calculators-and-tools/superseeker,
• Menghubungi layanan mesin otomatis ATO  di nomor 13 28 65
• Menghubungi layanan pelanggan di nomor 13 10 20 atau,
• Mengirimkan formulir kepada ATO, formulir tersebut dapat diunduh di http://www.ato.gov.au/Forms/Searching-for- lost-super/
Apabila Anda berpindah tempat kerja maka pastikan untuk memberikan rincian rekening super kepada employer baru Anda. Begitu pula jika Anda mengubah nama, alamat atau detail lainnya, pastikan untuk selalu mengabari pihak super agar memastikan Anda menerima laporan pada tepat waktu.

Biasanya pemilik bisnis dalam tata rambut dan kecantikan, retail pakaian, jasa konsultasi & management diidentifikasikan oleh ATO sebagai industri yang memiliki risiko tinggi dalam kepatuhan membayar jaminan pensiun. Jika Anda bekerja di industri-industri tersebut atau industri lainnya, pastikan selalu memeriksa rekening super Anda secara teratur untuk melihat apakah kontribusi telah dibayarkan pada tanggal jatuh tempo. Jika Anda tidak dapat menemukan kontribusi yang seharusnya Anda terima, maka tanyakan kepada employer Anda. Ingatlah bahwa ini merupakan uang Anda!

Bagi employer yang tidak membayarkan jaminan super pada saat tanggal jatuh tempo, maka mungkin akan dikenakan bunga dengan tarif 10% ditambah biaya administrasi ATO dan terdapat kemungkinan Anda tidak dapat mengklaim jaminan super tersebut sebagai pengurangan (deduction) untuk bisnis Anda. Apabila bisnis Anda terkena pemeriksaan (audit) oleh ATO karena telat atau tidak membayar super, maka hal tersebut dapat sangat memakan waktu dan menyebabkan Anda harus mengeluarkan extra uang karena biasanya Anda harus menggunakan bantuan akuntan untuk menangani pemeriksaan tersebut.

 

Salary sacrifice contributions

Terjadi apabila Anda dan employer membuat perjanjian yang sah agar sebagian dari gaji atau upah kotor (sebelum pajak) Anda dibayarkan kedalam dana super Anda.  Kontribusi super ini hanya dikenakan pajak di dana super sebesar 15%, yang biasanya kurang dari jumlah pajak yang seharusnya Anda bayarkan apabila employer membayarnya sebagai gaji ataupun upah.

Jika Anda ingin melakukan salary sacrifice contribution maka sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan employer Anda tentang hal tersebut untuk memastikan mereka mengizinkan serta Anda mengerti manfaat uang yang akan Anda terima. Jangan menunda super sampai menjelang masa pensiun. Jika Anda ingin memiliki masa pensiun yang nyaman, sebaiknya melakukan beberapa perencanaan dari sekarang dengan berkonsultasi dengan penasihat keuangan dan akuntan Anda.

 

Virda Ersan
SEA Accountants
sumber: Australian Taxation Office
[alert color=”C2B08C” icon=”9888″]The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.[/alert]