Tidak terasa umat kristiani akan kembali merayakan Paskah yang akan dirayakan pada tanggal 1 April 2018 mendatang. Sama halnya dengan Natal yang tidak bisa terlepas dari atribut Sinterklas dan pernak pernik bewarna merah dan hijau, Paskah pun identik dengan kelinci dan telur.

Lalu, ada apa sebenarnya dengan kelinci dan telur paskah ini? Adakah kaitannya dengan makna perayaan paskah sendiri? Yuk simak ulasan berikut ini!

Dipercayai oleh umat Kristiani bahwa Yesus meninggal dunia di kayu salib pada hari Jumat Agung dan akhirnya bangkit dari kematiannya setelah tiga hari, tepatnya di hari Minggu. Hal ini pula yang menyebabkan Paskah dirayakan berbeda setiap tahunnya, tergantung pada kapan adanya bulan purnama. Hari Paskah ini kemudian dijadikan sebagai momen untuk berkumpul bersama kekuarga dan pergi ke gereja bersama-sama. Tak sedikit pula yang melakukan puasa dan menahan diri dari apa yang paling mereka sukai selama 40 hari sebelum datangnya hari Paskah sebagai peringatan atas penderitaan Yesus Kristus. Ritual ini sendiri disebut Lent atau berkorban atau mendisiplinkan diri.

Berkaitan dengan hal itu pula, terdapat tradisi modern yang umum dilakukan oleh umat Kristiani jaman sekarang,

Kelinci Paskah

Kelinci dipercayai bermula dari tradisi kaum pagan. Mereka memuja Eostre, sang dewi musim semi dan fertilitas. Dewi tersebut diketahui memiliki seekor hare, sejenis kelinci. Hewan ini akhirnya menjadi simbol Paskah dikarenakan mereka mampu berkembang biak dengan cepat dan banyak. Kelinci juga akhirnya dijadikan sebuah simbol kehidupan baru.

Telur Paskah

Telur Paskah dijadikan simbol perayaan datangnya musim semi setelah musim dingin. Diketahui bahwa telur mewakili pesan para umat kristiani tentang kebangkitan Yesus Kristus.

Dalam tradisi kuno, anak-anak akan membuat sarang kelinci bewarna-warni di pojok tersembunyi di sekitaran rumah mereka. Jika anak-anak tersebut berlaku baik, kelinci paskah akan bertelur warna-warni di sarang yang disediakan.

Sarang ini lalu menginspirasi banyak orang untuk membuat keranjang paskah. Dan aktivitas menempatkan sarang di tempat tersembunyi lantas berubah menjadi menyembunyikan telur.

Hot Cross Bun

Eits, jangan lupa, hot cross bun pun termasuk dalam kategori makanan yang populer dalam merayakan hari Paskah. Roti ini diyakini berhubungan dengan Paskah lantaran adanya tanda silang yang menghiasi roti. Tanda ini mewakili salib, dimana Yesus Kristus dianggap telah mengorbankan hidupNya.

 

 

 

Alifia