“No matter what people tell you, words and ideas can change the world.” Robin Williams, American Actor

What matters is to live in the present, live now, for every moment is now. It is your thoughts and acts of the moment that create your future.” Anonymous

Dunia disajikan oleh berita-berita yang membuat banyak orang terperangah dan terkejut dalam satu bulan terakhir. Berita global diwarnai dengan perang di belahan dunia lain yang membuat negara-negara besar selaku pemain global harus mengambil langkah atau partisipasi sebagai bentuk solidaritas ataupun langkah pencegahan guna melindungi kepentingan nasional. Hal tersebut tersajikan utuh dari bencana kemanusiaan, Malaysian Airline MH17, perang yang pecah di daerah perbatasan Gaza antara Israel dan Palestina serta gerakan teroris di Irak yang telah menjadi gerakan teroris internasional yang menarik perhatian seluruh dunia akibat tindakan anarkis dan brutal dengan jatuhnya korban para wanita dan anak-anak hingga ratusan ribu jiwa; hingga meninggalnya aktor komedi dunia, Robin Williams akibat depresi.

Australia sebagai negara yang dipandang penting dalam catur dunia, mengambil langkah positif guna melindungi kepentingan nasional khususnya untuk warga negaranya yang berada di luar Australia. Tetapi langkah-langkah tersebut tidak berhenti sampai di sana. Australia memperketat peraturan-peraturan khusus untuk menjamin keamanan dan kesejahteraan seluruh masyarakat secara khusus untuk mengantisipasi gerakan atau risiko teroris. Dengan adanya penetapan langkah-langkah nyata tersebut mampu memberikan dukungan positif terhadap investor-investor dalam dan luar negeri untuk terus berinvestasi dan bertransaksi dengan Australia yang terkenal dengan stabilitas ekonomi dan keamanan di mata dunia.

Berdasarkan laporan lembaga-lembaga riset; REIV, RPData, Residex dan Eureka Report, memperlihatkan pertumbuhan yang signifikan pada industri properti di Melbourne. Peningkatan tingkat keyakinan masyarakat yang terlihat pada hasil rata-rata akuisisi (Average Clearance Auction Rate) menunjukan hasil di atas 68% setiap minggunya. Dan tingkat pertumbuhan harga properti di Victoria secara umum mengalami peningkatan sebesar 3% hingga 4% dalam satu bulan terakhir hingga terjadi penyesuain tahunan oleh para ahli dengan pertumbuhan tahunan untuk Victoria di atas 10%. Hal ini merupakan sebuah salah satu indikator ekonomi secara keseluruhan yang memperlihatkan bahwa Victoria secara umum dan Melbourne secara khusus memiliki sumbangsih terbesar dalam laporan ekonomi tersebut hingga tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor ataupun first home buyer untuk memasuki pasar.

Pertumbuhan harga di pasar yang terjadi, bukanlah sebuah harga yang dapat dikontrol. Peningkatan harga tersebut sepenuhnya merupakan cerminan hukum ekonomi, permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar secara rasional. Dengan adanya peningkatan permintaan dan terbatasnya penawaran ini yang mengakibatkan harga properti terus mengalami peningkatan jauh lebih besar dari rata-rata inflasi atau Consumer Price Index yang berada pada kisaran 2%-3% pada tahun 2013. Apabila kondisi ini terus terjadi hingga lima atau sepuluh tahun kedepan, maka dapat dipastikan bahwa daya jangkau masyarakat untuk memiliki properti adalah semakin rendah.

Kecenderungan ini memberikan tekanan bagi masyarakat yang belum mampu untuk membeli harus menyewa terlebih dahulu. Dan sudah tentu, apabila kondisi ini terus berjalan maka tingkat harga rental akan berdampak secara langsung. Fenomena ini bukanlah kondisi baru dalam sebuah kota yang berkembang luar biasa seperti London, New York, Los Angeles, Tokyo, Hong Kong, Singapura dan kota-kota utama lainnya. Secara catatan historis, Melbourne memenuhi seluruh aspek pendukung untuk menjadi kota besar.

Dengan adanya kekuatan ekonomi seperti Australia dan Victoria secara khusus dimana pemerintahan lokal terus berusaha untuk mengembangkan infrastruktur strategis untuk mengantisipasi pertumbuhan ini. Dari pembangunan jalan-jalan utama seperti East Link, proyek transportasi umum yang menghubungkan titik-titik bisnis utama dari Utara, Airport Link, ke ujung Tenggara, yang melalui proyek utama di Fishermen Bend, Docklands dan Domain Interchange, South Yarra; dengan tujuan guna mengakomodasi pertumbuhan penduduk dan ketersediaan sarana dan prasarana penunjang bagi keberlangsungan pertumbuhan positif yang telah ada hingga saat ini. Pemerintah juga melakukan pembangunan-pembangunan seperti sarana publik dan edukasi sebagai kelengkapan proyek jangka panjang di Victoria.

Keadaan pasar ini tidaklah serta merta terjadi tanpa persiapan dan ketersediaan sarana penunjang dari sisi teknologi dan sumber daya manusia. Victoria yang terkenal dengan sebutan The Main Education Hub untuk Australia, menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor. Mereka berlomba-lomba untuk menyekolahkan anak-anak mereka di Melbourne serta melakukan investasi di waktu yang bersamaan. Hal ini tentu dilakukan dengan perhitungan yang sangat matang dan akurat atas biaya investasi dan biaya sewa dalam kurun waktu yang sama bagi putra-putri mereka mendulang pendidikan di Melbourne.

Seperti dalam judul artikel, End of the Moment merupakan sebuah frase yang dapat mewakili banyak kondisi yang terjadi pada saat ini. Frase ini hendak mengingatkan serta menginformasikan akan kondisi yang terjadi pada saat ini, tetapi di satu sisi mengajak setiap individu yang telah siap untuk memasuki pasar guna mengambil langkah nyata. Pertumbuhan harga yang terjadi saat ini tidak akan menunggu atau berhenti. Arah pertumbuhan yang dapat diprediksikan pada saat ini untuk lima atau sepuluh tahun ke depan adanya peningkatan harga properti yang disebabkan adanya peningkatan populasi secara umum. Dan frase ini juga mengingatkan kita akan musim dingin yang akan atau telah berlalu dalam hitungan hari. Dimana musim ini banyak diminati bagi pecinta udara dingin dan olah raga dingin, tetapi disatu sisi musim ini tidaklah bersahabat bagi sebagian masyarakat juga. Sehingga frase ini menjadi sebuah peringatan kepada kita dengan adanya perubahan yang akan terjadi.

Kita harus tetap berperilaku positif dalam berinvestasi dengan mengunakan variabel-variabel yang tepat dalam kalkulasi. Dan juga didukung oleh alat-alat investasi yang terukur dan aman sehingga investasi yang dilakukan akan memberikan hasil yang optimal.

Alain M Warisadi,
CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), CPS (RE), Dipl FMBM, B. Ec (Fin)
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Finance Management & Investment Management Lecturer
[email protected]

[alert color=”0456C2″ icon=”128227″]Don’t be regular dalam menganalisa oportunitas investasi Anda dengan berpedoman pada alat-alat investasi yang terukur. Kami, Xynergy Realty Group, dapat membantu dalam memberikan pilihan-pilihan investasi properti yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan anda berdasarkan data dan informasi yang akurat. Hubungi kami di 1300 884 168 untuk konsultasi atau informasi lebih lanjut.[/alert]

[alert color=”B0B4D9″ icon=”9888″]Informasi di atas adalah panduan dan gambaran umum dalam bidang investasi properti, dan tidak untuk digunakan secara generalisasi. Xynergy Realty Group memberikan konsultasi individual untuk wealth creation strategy, property investment, property management dan home/ commercial loan yang khusus didedikasikan bagi calon investor dan pembeli properti.[/alert]