BAGAIMANA RASANYA PUASA DI MELBOURNE DAN JAUH DARI KELUARGA DI INDONESIA?

Awal-awalnya susah. Karena biasanya di Indonesia selalu sahur dan buka puasa bersama keluarga. Tapi lama kelamaan saya mulai punya teman-teman di sini, juga housemate, dan alhamdulillah sudah bisa membiasakan diri dan juga tidak begitu homesick lagi.

APA SIH TIPS BERPUASA DI MELBOURNE?

Mungkin agar tetap menjaga nutrisi dalam tubuh karena during winter kan jadi bakal cepat lapar dan cepat capai. Harus minum vitamin juga dan jangan skip sahur. Jangan karena dingin jadi malas beraktivitas. Dan sewaktu buka puasa, makan makanan yang ada nutrisinya yang empat sehat lima sempurna.

APA PERBEDAAN PERAYAAN IDUL FITRI DI TANAH AIR DENGAN DI MELBOURNE?

Kalau Ramadan di sini yang paling terasa adalah tidak ada Adzan kalau buka puasa jadi harus selalu lihat aplikasi di handphone. Kalau di Indonesia kan misalnya sambil menunggu Adzan kita kayak ada ngabuburit. Juga ada acara buka puasa bareng jadi bisa nyemil bareng. Kalau di sini karena sibuk tidak terasa tahu-tahu sudah buka puasa.

APA YANG SELAMA INI SUDAH ANDA DAPATKAN SEJAK BERGABUNG DENGAN YIMSA?

Yang terutamanya aku mendapatkan keluarga. YIMSA menurutku sedikit lain dari organisasi-organisasi lain karena kita sekali masuk itu kekeluargaannya terus mengalir, bahkan waktu lagi di Indonesia. Bahkan anggota YIMSA dulu yang sekarang di Indonesia saja masih keep in touch sama kami.

HARAPAN UNTUK YIMSA KE DEPANNYA?

Saya berharap agar YIMSA semakin bertumbuh ke depannya.