Beer (bir) merupakan salah satu minuman favorit bagi masyarakat lokal Australia. Bahkan meminum bir bersama dengan sahabat dan orang terdekat merupakan suatu tradisi atau budaya yang telah melekat dalam kehidupan sehari-hari. Selain sebagai penghalang stres, minuman berakohol ini juga merupakan wahana bersenang-senang yang dapat mengeratkan hubungan pertemanan, dan sering kali menjadi pemecah suasana kagok yang baik.

Melihat pentingnya bir bagi masyarakat Australia, maka tidak heran jika terdapat berbagai festival bir yang dilaksanakan tiap tahunnya. Di akhir November ini pun, tepatnya tanggal 28 November, Melbourne Beer & Food Festival akan mengadakan Melbourne Craft Beer Festival atau lebih dikenal dengan nama singkatnya, yaitu Melbourne BeerFest.

Acara yang berlangsung dari siang hingga malam ini akan menghadirkan lebih dari 250 macam bir dan cider yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Selain itu juga terdapat aneka hiburan termasuk pertunjukan musik, panggung komedi, kelas beer masters dan tentunya tenda-tenda penjual makanan.

Uniknya, festival ini bukan hanya mengenai bir saja, melainkan diperuntukkan bagi seluruh anggota keluarga yang ingin menikmati akhir minggu dengan bersantai. Untuk itu, Melbourne BeerFest juga menyediakan lokasi Family Fun yang cocok untuk anak-anak.

Lokasi acara yang dipilih pun sangat strategis dan cocok bagi mereka yang ingin menikmati hangatnya sinar matahari, yaitu Catany Gardens, St. Kilda. Tentunya lokasi ini juga berdekatan dengan Luna Park dan berbagai tempat makan yang strategis.

Harga tiket masuk untuk menghadiri festival ini adalah $27 untuk dewasa, sedangkan anak-anak di bawah 16 tahun tidak perlu membayar. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai perayaan ini, kalian dapat mengunjungi situs resmi mereka di http://melbourne.beerfestivals.com.au/.BEERFEST logo

Tidak lengkap rasanya kalau mendatangi BeerFest tahun ini tanpa mengetahui beberapa fakta unik tentang bir yang bisa kalian lontarkan dalam percakapan!

Berikut merupakan 10 Beer Fun Fact yang telah dikumpulkan oleh BUSET.

 

  1. Rupanya bir sebagai minuman sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, yaitu sekitar tahun 9500 sebelum masehi. Diperkirakan pula bahwa bir merupakan salah satu minuman buatan yang tertua di dunia.
  1. Kata ‘toast’ yang sering diucapkan sesaat sebelum meminum bir memiliki arti sebuah harapan untuk kesehatan yang baik. Hal ini bermula sejak jaman Roma kuno dimana dalam tradisi mereka mencelupkan roti bakar (toast) ke dalam wine.
  1. Setelah memenangkan penghargaan nobel, Neil Bohr yang menciptakan salah satu model atom diberi hadiah spesial, yaitu persediaan bir abadi yang dialirkan melalui pipa ke rumahnya.
  1. Di abad pertengahan, karena sulit untuk mendapatkan air bersih, orang-orang lebih banyak menkonsumsi bir daripada air.
  1. Meminum bir dengan kadar sedang (sekitar 1 pint sehari) dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, beberapa diantaranya adalah mengurangi resiko penyakit jantung dan mencegah pembentukan batu ginjal.
  1. Phobia terhadap gelas bir yang kosong disebut dengan cenosillicaphobia.
  1. Karena kadar alkoholnya yang dianggap tidak tinggi, Rusia baru menyatakan bir sebagai minuman berakohol tahun 2013 lalu.
  1. Di tahun 2010, jenis makanan gorengan baru tercipta di Texas State Fair, yaitu Deep-Fried Beer. Mark Zable menciptakan hidangan ini dengan menuangkan bir kedalam adonan roti dan kemudian menggorengnya selama hanya 20 detik agar kandungan alkohol dalam bir tidak hilang.
  1. Bir dapat rusak dan menjadi tidak enak bila terpapar cahaya matahari. Hal ini disebabkan karena bir memiliki ragi yang digunakan untuk pemberi rasa pahit dan penghalang pertumbuhan bakteri. Ragi atau sering disebut sebagai hops ini akan bereaksi jika terkena ultraviolet dan akan membuat bir terasa tidak enak dan bau.
  1. Bukan manusia saja yang bisa meminum bir! Beberapa tahun lalu di Belanda, sebuah tempat pembuatan bir kecil menciptakan merk bir khusus untuk anjing bernama Kwispelbier. Tentunya kandungan bir tersebut tidak memiliki alkohol dan tidak berbahaya untuk peliharaan kesayangan. Rasanya pun dikatakan serupa seperti rasa daging sapi.

 

gaby