FESTIVAL KELUARGA DI MELBOURNE BARAT MUSTI DIULANG

 

IndoFamFest tak lupa menyediakan tempat asyik untuk menikmati udara luar

Masyarakat Indonesia di Melbourne kembali dimanjakan dengan sebuah festival yang menampilkan berbagai macam tarian, alunan musik tradisional, dan aneka masakan khas Tanah Air. Ini merupakan kali pertama Indonesian Family Festival (IndoFamFest) diadakan di wilayah Barat Kota Melbourne, dan Laverton Community Hub menjadi pilihan diselenggarakannya festival yang menghadirkan sekitar sepuluh tenda penjaja makanan dan produk Indonesia.

Koordinator IndoFamFest Vinny Bachtiar

Dijumpai di lokasi acara, Vinny Bachtiar selaku Koordinator IndoFamFest menyampaikan bahwa pihaknya sengaja memilih Laverton lantaran kebanyakan acara serupa kerap diadakan di daerah timur atau tengah kota Melbourne. Vinny menambahkan, IndoFamFest merupakan acara yang terbuka untuk umum, mengundang seluruh masyarakat Indonesia dan mereka yang tertarik dengan budaya Indonesia.

Konsul Jenderal Dewi Wahab dan Bapak Syahrir Wahab sekaligus mengucapkan salam perpisahan karena akan meninggalkan Melbourne dalam waktu dekat ini

IndoFamFest dibuka secara resmi oleh Konsul Jenderal RI untuk Victoria dan Tasmania Dewi Savitri Wahab. Dalam kata sambutannya, Konjen Dewi menyatakan dukungannya terhadap acara seperti ini karena selain dapat menjadi tempat melepas rindu dan berkumpul bersama, juga merupakan kegiatan promosi budaya yang sangat baik. Pada kesempatan yang sama Konjen Dewi ditemani oleh bapak Syahrir Wahab menyampaikan salam perpisahan kepada komunitas Indonesia di Melbourne menjelang berakhirnya masa tugas beliau di penghujung 2017 ini.

Grup Mojang Angklung Melbourne mempertunjukkan kebolehan mereka

Pengunjung yang hadir dihibur dengan berbagai tarian, alunan musik tradisional, tak ketinggalan berbagai lapak yang memamerkan sepatu, sandal, pakaian, dan pernak pernik lainnya yang terbuat dari bahan batik. Panitia pun menyediakan dua panggung pertunjukan di dalam dan luar gedung serba guna sehingga penonton dapat menikmati atmosfer acara secara maksimal. Sebagian besar pun mengaku senang dengan pilihan makanan dan produk yang tersedia. Beberapa yang ikut serta meramaikan antara lain Jokamz, Pa’E, Wei’s Kitchen, Waze Kitchen, GetzMee, Suganana, dan lain sebagainya. Sedangkan menu menggiurkan yang disaijkan termasuk sate padang, nasi rawon, bakso bakwan malang, cilok, cireng, risoles, lapis surabaya, serta masih banyak lagi.

Silvya Kartika Dewi bertugas sebagai penanggungjawab vendor IndoFamFest

Kepada Buset, penanggungjawab vendor IndoFamFest Silvya Kartika Dewi mengungkapkan bila sebenarnya ada lebih banyak lagi permintaan untuk membuka lapak makanan, namun sayangnya banyak vendor yang memberikan konfirmasi keikutsertaannya mendekati hari acara sehingga tidak cukup waktu untuk mengkoordinasi proses yang dibutuhkan.

Permainan anak-anak merupakan salah satu aktivitas yang banyak diminati

Syahrir Wahab yang hadir pada hari itu berharap IndoFamFest kedepannya bisa menjadi acara tahunan sekaligus melibatkan masyarakat lokal meski hanya dengan kehadiran mereka di acara. Senada dengan Syahrir, Ketua Kawanua Melbourne Join Kullit juga menyatakan pihaknya sangat menyambut baik IndoFamFest serta berharap festival ini akan terus berkelanjutan.

 

 

Rr