Gebyar Gebyar: Michael J in OZ Concert

Memasuki tahun keduanya, Michael J in OZ Concert kembali hadir di Australia tahun 2017. Konser musik yang merupakan inisiatif Balai Bahasa Indonesia di Perth (BBIP) ini kembali mengulang kesuksesannya. Lineup yang terdiri dari Michael J sendiri, sang gitaris Toni dan bassist Gideon, dengan sukses mengajak murid-murid penutur asing di Australia menjadi lebih antusias mengenal dan mempelajari Bahasa Indonesia!

Siapa sih yang tidak kenal dengan Michael J? Bernama lengkap Michael Jakarimilena, ia adalah salah seorang Indonesian Idol angkatan pertama yang berlangsung tahun 2004 yang lalu. Beradu dengan musisi sekaliber Joy Tobing dan Delon, vokalis kelahiran Jayapura ini berhasil meraih urutan ke-4! Kemampuan menyanyinya sudah tidak perlu diragukan lagi. Ditambah dengan kepiawaiannya membaca gerak-gerik penonton yang hadir, konser yang bertujuan mulia ini terbukti menjadi sebuah cara alternatif untuk belajar Bahasa Indonesia yang ampuh.

Australian tour 2017 kali ini membawa Michael J dan tim menjelajahi lima kota besar di Australia. Setelah menghibur murid-murid di kota Perth dan Melbourne, Michael J dan tim melanjutkan tur ke Sydney, Brisbane dan Darwin. Pada akhir turnya di Australia tercatat ada sekitar 4.000 murid penutur asing yang menghadiri konser Michael J tersebut.

(dari kiri): Gideon Maukary, Karen Bailey OAM, Michael J, Toni Brillianto

Menurut Presiden BBIP Karen Bailey, OAM., lagu-lagu yang dinyanyikan tidak bisa sembarangan. Melainkan harus melalui suatu proses yang sangat menyeluruh sebelum akhirnya terpilih untuk ditampilkan. Karen pun lanjut menjelaskan, hal ini dikarenakan konser musik yang mereka bawakan pada dasarnya merupakan sebuah kelas Bahasa Indonesia interaktif. Ketika ditanya mengenai lagu favorit selama konser di Perth dan Melbourne, dengan penuh semangat mereka menjawab, “Gebyar-Gebyar tentunya! Lagu ini paling seru karena sebagian besar murid menunjukkan antusiasme yang sangat luar biasa, bahkan dari melodi di awal sekalipun. Mereka sudah mengenali lagu yang akan kami mainkan, dan mereka sudah mulai berdiri dari kursi dan mulai bersorak-sorai!”

BBIP sangat menghargai komitmen yang diberikan oleh Michael J terhadap program pembelajaran Bahasa Indonesia ini. Saat ini, kelas Bahasa Indonesia di Australia seolah harus beradu dengan bahasa lainnya untuk mengajak murid-murid untuk mempelajarinya. Nah, adanya Michael J in OZ Concert menjadi sebuah angin segar yang berhasil membuat murid-murid penutur asing menjadi tidak sabar untuk kembali ke kelas sembari melantunkan lagu-lagu yang baru saja mereka pelajari.

 

 

Ishie
Foto: Nys