Hati-hati dengan Klaim Organik

Kian banyak orang kini beralih ke bahan makanan atau produk organik. Maraknya penggunaan zat kimia seperti pestisida pada sayur dan buah-buahan atau suntik antibiotik pada hewan, membuat makanan yang diolah secara organik dipilih karena dianggap lebih sehat dan aman dikonsumsi. Persoalannya, berhati-hatilah dengan klaim “organik”. Belum tentu semua yang berbau organik, benar – benar memiliki kualitas terbaik.

Menurut Australian Organic, istilah “organic” atau “organik” belum secara spesifik diatur oleh hukum di Australia. Hal tersebut menjadikan suatu produk tidak perlu memenuhi standar tertentu untuk mencantumkan label organik.

Tapi ada pula produk-produk dengan label certified organicyang juga kerap ditemukan di berbagai supermarket. Bagaimana dengan produk-produk certified organic?  Nah, untuk istilah satu ini, berarti produk tersebut telah melalui proses pertanian atau produksi yang bebas dari pestisida sintetis. Jika itu binatang, ia harus hidup seperti di alam bebas dengan pakan rumput, biji-bijian, dan harus bebas dari rekayasa genetik, serta seluruh prosesnya menggunakan air yang efisien.

Mengapa Pilih Certified Organic?

  • Pendekatan secara menyeluruh

Produk certified organictumbuh dan diproses tanpa menggunakan bahan kimia sintetis, penyubur, dan juga organisme hasil rekayasa genetik (GMO).Konsep ini mencakup seluruh sistem pertanian dan penanganan pangan, yaitu: tanah, tumbuhan, hewan, pakan, manusia, dan lingkungan itu sendiri.

  • Terjamin

Ketika konsumen memilih produk dengan logo certified organic, konsumen akan dilindungi di bawah hukum konsumen. Badan sertifikasi secara acak dan rutin melakukan audit dan pengecekan bisnis dan produk yang menggunakan berlabel certified organicuntuk menjamin integritasnya.

  • Memiliki standar yang ketat

Produk yang mencantumkan logo badan sertifikasi tersebut harus memenuhi pedoman dari badan sertifikasi, misalnya Australian Certified Organic Standard, dan National Standard for Organic and Bio Dynamic Produce. Penetapan standar dilakukan melalui proses yang sangat transparandan ketat.

 

Raw vegetables and wicker baskets isolated on white

Tips memilih produk Organik

Dengan harga yang cenderung lebih tinggi, sudah sewajarnya konsumen mendapatkan produk yang aman dan berkualitas prima. Untuk itulah pentinguntuk memilih produk certified organicdengan mengenali tanda-tandanya berikut ini:

  1. Logo

Dikutip dari laman Agriculture and Water ResourcesDepartmentada 6 badan sertifikasi yang diakui pemerintah Australia. Berikut logo badan sertifikasi tersebut:

·       AUS-QUAL Pty Ltd

·       NASSA Certifies Organic

·       Australian Certified Organic

·       Organic Food Chain

·       Bio-Dynamic Research Institute

·       Safe Food Production Queensland

  1. Nomor sertifikasi

Setiap produk yang tersertifikasi mendapatkan nomor sertifikasi yang akan tercantum dibawah logo sertifikat organik pada kemasan.

Nah, dengan adanya salah satu logo diatas lengkap dengan nomor sertifikasinya, kini konsumen dapat dengan yakin bahwa klaim tersebut sudah terdaftar, diakui oleh pemerintah Australia, dan tentu saja terjamin kualitasnya.

Kenapa Lebih Mahal?

Tidak bisadipungkiri produk organik cenderung memiliki harga lebih tinggi daripada produk non-organik. Tentu harus disadari bahwa produk-produk organik ditangani secara lebih seksama dan butuh metode perawatan khusus agar aman dikonsumsi. Tentu hal  ini menelan biaya produksi yang tidak sedikit. Belum lagi biaya tambahan untuk proses sertifikasi dan verifikasi rutin.

Pada akhirnya, semua pilihan kembali ke pertimbangan masing-masing pribadi. Yang perlu diingat jika menjatuhkan pilihan kepada produk organik, jangan lupa cek tandanya.

 

 

 

 

 

 

Tiara Aprilia/Primasoy