HUT KE-12 SAMAN MELBOURNE AKAN GELAR “ARTIUMNATION”

Melbourne tak henti-hentinya menjadi “showcase” kekayaan budaya Indonesia dan saksi atas kreatifitas dari berbagai komunitas. Tepat berulang tahun yang ke – 12 di tahun ini, Saman Melbourne, pelopor komunitas Saman di Australia merayakannya dengan sebuah pagelaran seni budaya Indonesia bernama “Artiumnation” yang maknanya adalah “Seni Budaya Tanah Air” pada 11 Maret 2017, di Melbourne Town Hall.

“Artiumnation” yang bertajuk “Fly to Indonesia” ini menyajikan konsep pertunjukan dengan nuansa on-board flight dari Sabang sampai Merauke yang menampilkan tarian nusantara dengan iringan alunan musik daerah.

Seindah tema yang diusung, latar belakang cerita akan membawa penonton merasakan berada di dalam pesawat sambil menikmati indahnya kekayaan budaya Indonesia yang akan berperan sebagai in-flight entertainment. Project Leader Artiumnation 2017 Putri Jihan Bahmid mengatakan, “tema ini seiring dengan rencana transisi konsep Saman Melbourne di tahun ini yang akan menyajikan lebih banyak lagi ragam tarian Indonesia, tidak hanya Saman”.

(foto: Saman Melbourne)
(foto: Saman Melbourne)

Ide acara “Artiumnation” ini sangatlah jauh berbeda dengan selebrasi ulang tahun Saman Melbourne dari tahun-tahun sebelumnya yang biasa diperingati dengan event “Gelar Pamit” yang digelar di KJRI; mengundang komunitas budaya dan organisasi masyarakat Indonesia di Melbourne seperti Lenggok Geni, Sanggar Lestari, Widyaluvtari, dan beberapa komunitas Indonesia lainnya untuk saling berkompetisi Tari Saman.

Sedangkan di “Artiumnation” nanti, Saman Melbourne akan beraksi tunggal! “Tahun ini kami tetap mengundang organisasi budaya nusantara tersebut, tetapi hanya sebagai audience, karena pagelaran tari yang kami sajikan akan sepenuhnya dari Saman Melbourne sendiri,” ujar Ketua Saman Melbourne Rossa Wintala Puspitasari. ““Artiumnation” akan menjadi pagelaran yang bernilai original karena koreografi tari serta aransemen musik pengiringnya adalah asli sebagai hasil ciptaan dan karya kami sendiri,” tambahnya.

Selama 12 tahun, eksistensi Saman Melbourne telah diakui khalayak ramai. Tahun 2017 ini menjadi momen tepat untuk transisi konsep Saman Melbourne yang biasanya dianggap hanya Saman saja. Dua belas tahun yang lalu, Saman Melbourne memang lahir sebagai pioneer komunitas Saman di Melbourne yang berdiri di antara organisasi masyarakat dan PPIA. Sebagai bagian dari proses rebranding-nya, selain dari “Artiumnation”, Saman Melbourne juga telah melebarkan sayap dengan mengadakan workshop di Queensland dan Tasmania.

Tentunya eksistensi interstate di Australia dan internasional di negara-negara lain menjadi target bagi Saman Melbourne untuk membesarkan lagi namanya sekaligus mengharumkan nama negara Indonesia tercinta.

Kreasi tari nusantara menjadi daya tarik bagi warga lokal Australia untuk mengenal budaya Indonesia dan tentu saja masyarakat Indonesia di Melbourne. Dengan memamerkan beragam tarian daerah selain tari saman, Saman Melbourne memperluas kesempatan bagi peminat seni budaya Indonesia untuk bergabung menjadi duta tari nusantara di Australia. Sampai saat ini anggota Saman Melbourne terus bertambah banyak, didominasi oleh para pelajar Indonesia di Melbourne. Meskipun menjadi perantau, kecintaan terhadap budaya Indonesia tak lekang oleh jarak dan waktu. Hal yang patut diapresiasi dari semangat pemuda Indonesia yang membanggakan dengan karya-karyanya.

Sejak akhir tahun 2016, rangkaian teaser Artiumnation sudah di-publish oleh Saman Melbourne melalui akun Instagram dan Facebook. Dengan ragam tarian yang dirancang oleh beberapa koreografer andalan Saman Melbourne serta musik yang diaransemen oleh dua pencipta lagu muda andalan “Temu Lawak”, Vanessa Tunggal dan Hafizhah Chandra, Putri cukup optimis pagelaran “Artiumnation” nantinya akan berhasil memukau penonton.

(foto: Saman Melbourne)
(foto: Saman Melbourne)

“Kami akan menyajikan sebuah pagelaran yang sangat orisinil dan tradisional with a twist, sehingga ada warna dan nuansa berbeda yang renyah dan mudah dinikmati dibanding pagelaran tari pada umumnya. Belum lagi guest star yang akan kami hadirkan juga tak kalah menarik,” tutur Putri, sementara siapa bintang tamu yang akan tampil masih dirahasiakan.

Sebelum event utama digelar, Saman Melbourne akan menghadirkan beberapa acara pre-event yang akan disajikan di beberapa tempat di Melbourne untuk mempromosikan “Artiumnation”. Kapan dan dimana pre-event akan digelar? Siapa guest star yang akan tampil di “Artiumnation”? Tunggu tanggal mainnya dan ikuti terus update terbaru Saman Melbourne via akun Facebook “Saman Melbourne” dan Instagram @samanmelbourne.

Artiumnation Poster

Evelynd & Syafira Amadea
(Saman Melbourne)