Melihat kesuksesan Indonesian Career Expo (ICarE) pertama yang diadakan tahun lalu, PPIA Melbourne University kembali mengadakan ICarE untuk tahun keduanya. ICarE 2015 yang akan diadakan pada 16 Mei 2015 ini mengangkat tema ABLE yang merupakan kependekan dari Aware, Build, Live, and Emerge. Tema ini diangkat seturut dengan visi ICarE sendiri, yaitu untuk meningkatkan kesadaran semua orang, khususnya pelajar Indonesia, yang bersekolah di Australia akan pentingnya kontribusi mereka dalam pembangunan Indonesia. Maka dari itu, ICarE hadir demi memfasilitasi pelajar Indonesia untuk berkarya di Indonesia dengan menjembatani kebutuhan karir pelajar dengan kebutuhan perusahaan-perusahaan Indonesia akan tenaga kerja berkualitas.

Dalam penyelenggaran tahun kedua ini ICarE menawarkan lebih banyak acara yang menarik dan inspiratif bagi para pengunjung. Layaknya expo pada umumnya, ICarE memberi kesempatan kepada pengunjung untuk bertemu dengan representatif dari berbagai perusahaan-perusahaan Indonesia untuk mendiskusikan peluang dan budaya kerja dari masing-masing perusahan. Namun, ICarE 2015 pula menyuguhkan beragam acara lainnya yang berbeda dari expo pada umumnya. Rangkaian acara yang terdiri atas Start Smart, The Premiere, Career Expo dan Insight Dinner tersebut menjanjikan wadah yang komplit bagi pengunjung untuk dapat sepenuhnya berkembang menjadi tenaga kerja berkualitas bagi pembangunan Indonesia.

 

STAR SMART

Untuk membuka ICarE 2015, Superstar Education telah bersedia untuk memfasilitasi acara pre-event yang lebih dikenal dengan Start Smart. Acara ini akan diadakan pada 9 Mei 2015 di Yasuko Hiraoka Myer Room, Sydney Myer Asia Centre, the University of Melbourne. Pada kesempatan ini, para pengunjung akan diinformasikan mengenai cara pembuatan CV yang benar serta tips dan trik untuk menghadapi job interview. Maka dari itu, ICarE menganjurkan kepada para peserta untuk mengirimkan CV mereka sebelum 9 Mei 2015 ke situs ICarE (www.indonesiancareerexpo.org) yang nantinya akan dipelajari oleh pihak Superstar Education dan akan dikembalikan pada penyelenggaraan Start Smart. Superstar Education juga akan mengadakan mock interview bagi para pengunjung untuk memberikan pengetahuan yang lebih nyata dan dalam mengenai seluk-beluk wawancara kerja. Acara pre-event ini diharapkan dapat membantu para peserta untuk mempersiapkan diri saat berhadapan dengan perusahaan pada hari expo.

 

THE PREMIERE

Selain itu, pada 15 Mei 2015, ICarE akan mengadakan pre-event berkonsep talkshow yang bertajuk The Premiere. Acara yang mengangkat tema “With Little Inspiration, Towards a Better Nation” ini bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada para pengunjung mengenai hal-hal yang dapat dilakukan untuk berkontribusi serta berpartisipasi dalam proses pembangunan bangsa. Walaupun Pak Andy F. Noya batal hadir sebagai moderator dalam The Premiere, acara ini masih disemarakkan oleh sederetan nama-nama papan atas Indonesia yang hadir sebagai pembicara, salah satunya ialah dr. Lie Dharmawan, pendiri organisasi non-profit doctorSHARE Foundation. Dr. Lie akan membagikan inspirasi mengenai cara-cara berkontribusi kepada Indonesia, terlebih dalam bidang sosial, dimana beliau akan membagikan sedikit dari pengalamannya dalam membantu rakyat Indonesia yang kurang mampu dalam bidang kesehatan.

Tidak hanya itu, Emirsyah Rasyid Satar, former CEO of Garuda Indonesia, juga akan hadir sebagai salah satu ekonom Indonesia yang akan membagikan tips dan trik untuk berkarya di bidang ekonomi di Indonesia.

Selain bidang sosial dan ekonomi, The Premiere juga akan mengupas tentang peluang yang terbuka di Indonesia di bidang entertainment dan budaya. Untuk ini, ICarE berhasil mengundang Maya Hasan yang ialah seorang pemain harpa ternama serta Helen Dewi Kirana, perancang busana yang berhasil meramaikan dunia mode dengan karya batik Indonesia yang orisinil dan inovatif sejak 1986.

Cerita sukses keempat tokoh dalam The Premiere ini diharapkan dapat memberikan inspirasi serta membuka mata para pengunjung yang datang mengenai besarnya peluang untuk berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.

 

CAREER EXPO

Puncak acara ICarE 2015 tentunya adalah penyelenggaraan Career Expo yang akan dilaksanakan pada 16 Mei 2015, bertempat di State Library of Victoria yang terletak di jantung kota Melbourne. Expo akan dihadiri oleh 6 perusahaan dari Indonesia, antara lain adalah Permata Bank, Commonwealth Life, ANZ Indonesia, SCTV, Paramount Land Group, serta AXA Indonesia.

Career Expo ini akan memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk berinteraksi secara langsung dengan representasi dari perusahaan dimana mereka dapat berbincang dan bertanya mengenai peluang kerja yang tersedia di Indonesia. Para pengunjung juga dapat memberikan CV mereka langsung kepada pihak perusahaan.

 

INSIGHT DINNER

Di hari yang sama setelah penyelenggaraan ekspo, pengunjung yang berminat dapat menghadiri Insight Dinner. Acara terbaru ICarE ini disusun atas kesadaran akan pentingnya koneksi personal dalam dunia kerja. Insight Dinner memberikan kesempatan bagi peserta dan representasi perusahaan untuk berdiskusi secara personal dalam suasana yang lebih informal dan rileks. 

 

AYO IKUT ICARE!

 

Salah satu faktor yang dapat memicu perkembangan Indonesia adalah kualitas tenaga kerja. Dengan kualitas sumber daya manusia yang tinggi, Indonesia mampu bersaing di pasar internasional. Tenaga kerja berkualitas inilah yang sedang gencar dicari perusahaan-perusahaan Indonesia.

Harapan kami adalah ICarE dapat meraih visi misi dimana perusahaan Indonesia dapat merekrut tenaga kerja berkualitas dan mahasiswa-mahasiswi Indonesia di Australia bisa mendapat full time employment atau internship yang mereka inginkan. Kami percaya dengan terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan krusial ini dapat menjadi langkah kecil menuju Indonesia yang lebih baik.

Saya berharap bahwa ICarE dapat membantu para pengunjung untuk mengingat kembali bahwa kita adalah calon pemimpin bangsa di generasi yang akan datang sehingga kita harus memiliki world-class competence yet grassroots understanding. Indonesia butuh kita, dan sangat tidak masuk akal apabila kita tidak sadar akan potensi dan kemampuan apa yang kita punya di tangan kita, sedangkan di sisi lain kita ingin membuat perubahan untuk Indonesia yang lebih baik.

So, my fellows Indonesians, or the jobseekers, the minglers and even the curious cats, join us in ICarE 2015! Spread the words and get the energy out there! Let yourself be inspired, be informed, be involved, and together, let’s be part of the change.

icare