Tetiap tahunnya PBB memperingati hari International Day of People with Disability (IDPD) dan dirayakan di kantor pusat PBB dengan mengadakan UN Enable Film Festival dan UN Enable Photo Exhibition “Images of Ability.” Deadline tahun ini telah ditutup pada 31 Oktober lalu.

Tahun 2015 memiliki tema “Inclusion matters: access and empowerment for people of all abilities.” Hal ini penting mengingat masih banyaknya masyarakat difabel yang menghadapi tantangan dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari oleh karena minimnya fasilitas. Akibatnya, kini terdapat masyarakat yang tidak bisa menikmati kehidupan yang setara dengan yang lainnya, padahal partisipasi seluruh rakyat penting dalam menciptakan demokrasi yang stabil.

Untuk menciptakan kesamarataan ini, bukan hanya menyediakan fasilitas, harus ada usaha untuk menghilangkan konotasi negatif yang seringkali diarahkan kepada masyarakat difabel. Usaha pemerintah dan masyarakat ini juga seharusnya fokus pada kemampuan tiap individual dan bukan kekurangannya. Salah satu cara perwujudan hal ini adalah dengan memberikan kesempatan yang sama dalam edukasi, pekerjaan, kesehatan dan keamanan sosial.

International Day of People with Disability 2015 juga memiliki tema kecil, yaitu “Making cities inclusive and accessible for all”, “Improvng disability data and statistic” serta “Including persons with invisible disabilities in society and development”. Melalui tema-tema tersebut PBB mengharapkan adanya kepedulian dan partisipasi dari seluruh dunia terhadap mereka yang masih sering kali dipandang sebelah mata.

Australia mempertingati IDPD dengan memberikan penghargaan kepada mereka yang telah berjasa dalam pemberdayaan manusia yang memiliki disabilitas. Penghargaan 2015 National Disability Awards diberikan oleh Menteri Social Services, Hon Christian Porter MP pada tanggal 3 Desember. Sejumlah 27 calon penerima dari seluruh Australia telah dipilih dari 200 nominasi lebih lainnya.

Selain itu, Melbourne sendiri akan diramaikan dengan kegiatan Disability Sport and Recreation Festival mulai dari tanggal 30 November sampai 6 Desember. Bertepatan dengan IDPD, The Victorian Disability Sport & Recreation Festival akan mengadakan acara pameran komunitas gratis di Federation Square. Melalui acara ini kalian dapat bersenang-senang sambil belajar banyak mengenai olahraga dan rekreasi dari perspektif mereka yang memiliki disabilitas.

Di Indonesia sendiri akses yang ada bagi penyandang cacat masih jauh dibandingkan dengan di Negeri Kangguru. Banyak gedung publik yang masih belum menerapkan fasilitas yang memadai, sehingga untuk kegiatan sehari-hari pun banyak masyarakat yang masih merasakan kesulitan. Beberapa upaya telah dilakukan termasuk ratifikasi Convention on the rights of persons with disability dengan UU nomor 19 tahun 2011. Sayangnya hal ini belumlah cukup tanpa adanya implementasi yang baik dan partisipasi masyarakat yang kuat.

International Day of People of Disability dapat menjadi pengingat akan masih banyaknya ketidakadilan di tengah masyarakat, sekaligus menjadi pendorong bagi kita untuk semakin sadar akan pentingnya kebersamaan dan kesamarataan.

 

gaby