Irasshaimase!”

Terdengar suara-suara ramah yang menyambut Anda ketika memasuki Ikkoryu Fukuoka Ramen – restoran Jepang baru di Melbourne yang paling mantap dalam hal ramen. Nama Ikkoryu Fukuoka Ramen sudah terkenal di Jepang dan hingga kini, telah memiliki lebih dari 120 cabang di berbagai kota di Negeri Sakura tersebut. Dan untuk yang pertama kalinya, Ikkoryu Fukuoka Ramen hadir untuk melayani dan memberikan kenikmatan ramen yang sangat unik dan menggoda kepada masyarakat Melbourne. Lokasinya pun sangat strategis, yakni tepat di jantung Kota Melbourne, di lantai bawah atau basement bangunan 27 Russell Street.

Salah satu keunikan yang ditawarkan bar ramen ini adalah pengalaman kulinari asli Jepang yang dapat dimodifikasi seturut selera kita masing-masing. Di sini Anda bisa build your own ramen dengan bahan-bahan yang otentik. Bahkan kita dapat menyesuaikan jumlah minyak, kecap dan kekerasan mie ramen-nya!

Pertama-tama, Anda akan dipersilahkan memilih sup dasar yang diinginkan; Original Tonkotsu, Yuzu Tinkotsu, Spicy Tobanjan, Black Garlic atau Miso Tonkotsu. Kemudian tentukan kadar ramen oil sambil menambahkan bawang putih atau daun bawang, daging babi, kadar kecap asin dan memilih tekstur mie. Setiap kombinasi tentunya memberikan cita rasa yang berbeda yang dapat membuat Anda tertantang untuk mencoba satu per satu.

Ikkoryu Fukuoka Ramen juga menyediakan beberapa izakaya alias hidangan ringan semacam gyoza dan karaage yang sangat gurih dan lezat. Dan bagi Anda penggemar nasi, jangan khawatir, Ikkoryu memiliki beberapa menu nasi yang dapat dipesan di tempat. Seusai bersantap ria, menu penutup Mochi dan Es Krim dengan pilihan rasa tradisional Jepang dinilai sangat sempurna untuk memberikan kesan akhir yang manis dan penuh kenangan.

Ikkoryu Fukuoka bukan hanya sekedar makan enak. Pasalnya, suasana restoran yang sangat bersahabat dijamin dapat mendukung selera makan Anda. Bayangkan saja, selain kelezatan pada setiap gigitan dan aroma yang harum memikat, telinga Anda pula dimanjakan dengan musik yang lembut nan groovy. Tidak ketinggalan lampu penerangan yang baik untuk menambah rasa hangat dan pemandangan yang tidak biasa; ada ruangan seperti di Jepang dimana Anda bisa duduk lesehan di lantai dengan nyaman sambil dikelilingi lukisan artistik karya seniman lukis cat asal Negeri Matahari Terbit yang sengaja diterbangkan untuk memberi sentuhan originalnya di Melbourne. Atau, apabila Anda berniat mengadakan pesta atau pertemuan yang lebih intim, ada juga golden room yang pasti akan memberi kesan tak terlupakan sebab dinding di ruangan ini dilapisi emas 24 karat. Wow!

Untuk after work drinks, Ikkoryu Fukuoka merupakan tempat yang paling tepat. Di sini ada bar yang dilengkapi dengan minuman alkohol ala Jepang, sebut saja Asahi dan Sake. Perlu diketahui, koleksi sake Ikkoryu cukup beragam, dan dengan cara minum yang berbeda pula. Jangan panik, para pelayan restoran yang bersahabat akan membantu menjelaskan cara minum sake yang tepat seperti di Jepang sana.

Satu lagi yang istimewa, sang empunya restoran yang merangkap jabatan sebagai manager merupakan orang Indonesia! Melalui wawancara eksklusif BUSET, pria bertubuh tegap bernama Robin menceritakan petualangan terbarunya di Ikkoryu Fukuoka Ramen. “Saya mengikuti dan menyukai budaya Jepang dari kecil, seperti kartun anime, manga dan Doraemon. Saya juga sudah lama mengamati dan mengagumi disiplin dan dedikasi orang Jepang. Saat ini ada kesempatan buat saya membuka restoran Jepang, jadi dicoba,” ujarnya ketika ditanya alasan dibalik asal muasal ide mendirikan Ikkoryu Fukuoka Ramen yang pertama di Melbourne.

Robin sendiri memiliki latar belakang di bidang kulinari sejak lebih dari satu dekade silam. Dirinya lah yang membuka dan menjalankan restoran Indonesia bernama Garage Café yang terletak di bilangan Carlton. Tak bisa dipungkiri, sejak 2004, Garage Café telah berhasil menjadi salah satu trend setter restoran Indonesia yang digemari masyarakat Indonesia maupun penduduk lokal Melbourne sendiri. “Dalam satu minggu saya bisa kerja sampai 80 jam selama 6 hari. Sekarang saya mencari kesempatan franchise karena saya mau belajar bisnis franchise,” paparnya. Robin pun tak segan membagikan prinsip kerjanya yang dapat menjadi panutan teman-teman yang ingin mencoba menjalankan usaha di tanah rantauan ini. Menurutnya, segala sesuatu dapat dicapai apabila dikerjakan dengan sungguh-sungguh.


 

Ikkoryu Fukuoka Ramen
Basement 27 Russel Street, Melbourne
(03) 96503708

Senin – Kamis:         11:00-15:00 & 17:30-22:00
Jumat – Sabtu:        11:00-15:00 & 17:30-00:00

sam
foto: Ikkoryu