Bulan puasa adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Pasalnya, momen yang terjadi sekali setahun ini dimaknai umat Muslim untuk bersilaturahmi baik dengan sanak saudarq, teman-teman bahkan komunitas non Muslim.

Hal ini jugalah yang dilakukan oleh komunitas AIDA (Association of Islamic Dakwah Australia) bagian Victoria. Setelah Adzan dan berbuka puasa dengan air putih dan tajil, teman-teman AIDA mengadakan kewajiban Solat Maghrib bersama yang kemudian dilanjutkan kembali dengan berbuka puasa bersama di aula.

Sudah kali keempat, AIDA menyelenggarakan event buka puasa bersama dan mengundang segenap organisasi lain yang turut memberikan kata sambutan di acara Iftar ini. Sebut saja Hobson Bay Interfaith Network yang diwakili oleh Dr. Scott Philips, Altona North Police yang diwakili oleh Mr. Keith dan tentunya kehadiran KJRI Melbourne yang diwakili oleh Zainal Arifin & Kilin Prasetyo. Tidak hanya itu, beberapa tamu khusus lain yang diundang ke dalam acara Iftar, diantaranya Myly Nguyen (Vietnamese Buddhist Association), Saad Hussein (Al Huda Community), Martin West, Pastor Neville Taylor, Pastor Newton Daddow dan Elsie Daddow (Westgate Baptist Community).

PROFIL & KEGIATAN AIDA

AIDA Victoria yang termasuk di dalam AIDA Inc. bertujuan untuk mewadahi pembinaan umat Islam dalam mengkaji dan mengamalkan Al Quran dan Al Hadits. Anggota AIDA Victoria berjumlah 60 kepala keluarga atau sekitar 180 orang. Maka, tak heran jika AIDA Victoria memiliki fasilitas memadai dan segudang acara rutin, seperti Pengajian (Senin-Rabu dan Minggu), Pengajian khusus ibu-ibu dan anak (Sabtu), kelas tahfid untuk anak-anak muda (Senin-Rabu sore) dan untuk guru & pengurus (Kamis sore).

Setiap Ramadhan selalu ada solat tarawih yang diikuti dengan pengajian dari Rabu-Sabtu sepuluh hari menjelang Ramadhan. Komunitas AIDA Victoria juga mengadakan itikaf di masjid dan sahur bersama. Pada hari raya Idul Fitri, juga diadakan Solat Ied dan sarapan pagi setelah solat.

Jika Anda ingin bergabung dengan AIDA Victoria, Vian selaku Wakil Presiden AIDA Victoria mengatakan bahwa tidak ada kewajiban atau syarat apapun, selama individu tersebut ingin nelajqr tentang Al Quran dan Hadits maka AIDA akan berusaha memfasilitasi itu dengan sebaik-baiknya.

Selain acara-acara di atas, karena AIDA berada dalam komunitas Hobson Bay Interfaith Network yang dinaungi oleh Hobson Bay Council, AIDA ikut serta dalam Clean Up Australia.

Dalam bidang olahraga, AIDA sering mengikuti kompetisi Pencak Silat di Australia dan telah membawa pulang beberapa medali. AIDA juga berpartisipasi dalam membuka beberapa stall di acara festival Indonesia di Melbourne seperti Bakul Barokah dan Jokamz.

Devina