Apakah kalian sudah akrab dengan salah satu organisasi informal Indonesia; Mailing list Indonesia Melbourne atau lebih sering disebut dengan Milis Indomelb?

Indomelb dibentuk 9 tahun yang lalu sebagai wadah kebutuhan masyarakat Indoensia yang ada di Melbourne untuk saling bertukar informasi, cerita dan pendapat. Grup yahoo ini terutama ditujukan kepada mahasiswa-mahasiswa yang datang ke Melbourne baik yang melalui beasiswa maupun private funding. Namun tentunya grup ini terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia lainnya.

Di luar percakapan dunia maya, Indomelb juga mengadakan beberapa acara yang mengundang seluruh anggotanya untuk ikut berpartisipasi. Salah satunya adalah olimpiade antar milis yang mempertandingkan sepakbola, basket dan badminton.

Akhir Januari kemarin Indomelb juga mengadakan acara pemilihan ketua baru, yang seperti tahun-tahun sebelumnya, akan diberi jawabatan “Pak/Bu Lurah”. Gilbert Silalahi selaku Pak Lurah periode tahun sebelumnya menjelaskan bahwa acara hari itu bukan hanya bertujuan untuk mencari lurah baru, namun juga sebagai ajang perkenalan dalam rangka memasuki semester baru.

Kegiatan yang telah disiapkan oleh Indomelb meliputi garage sale, bazaar dan games untuk anak-anak maupun dewasa. Juga tersedia tikar besar di bawah teduhnya pepohonan Warr Garden bagi masyarakat yang ingin duduk bersantai sambil menyantap hidangan khas Indonesia atau sekadar beristirahat.

“Indomelb memang cuma milis, tapi mungkin karena kita ini orang Indonesia yang ada di Melbourne, jadi merasa saling memiliki… Jadi semoga bisa semakin maju saja,” ujar Gilbert saat ditanyai mengenai harapannya untuk Indomelb.

Kedekatan dan suasana kekeluargaan memang terlihat sangat jelas diantara anggota milis Indomelb. Semua anggota, termasuk para panitia terlihat akrab dan dapat berbincang-bincang tanpa rasa sungkan.

Konsul Muda Oldrin Lawalata sempat juga hadir dan mengucapkan sepatah dua kata sembari mengingatkan warga untuk mendaftarkan diri ke KJRI Melbourne.

Setelah seluruh permainan telah berkahir, pengumuman hasil pemungutan suara segera dilaksanakan. Dengan hasil suara yang terpaut tipis dengan pesaingnya, Joey Syafarua telah terpilih untuk menjadi lurah Indomelb yang berikutnya.

“Perasaan senangnya ada, cuma sedihnya juga ada. Walau begitu, kalau orang-orang dan mahasiswa Indonesia di sini sudah memilih saya, Insya Allah saya bisa memberikan yang terbaik bagi kelangsungan Indomelb sampai periode berikutnya hingga bisa menjadi lebih baik lagi,” ucap Joey.

Joey yang sudah menganggap Indomelb sebagai rumah keduanya di Melbourne juga menjelaskan program kerja yang sudah ia rencanakan. Beberapa diantaranya adalah mengadakan kegiatan kecil seperti memancing, komunitas sepeda dan sepak bola. Kegiatan tersebut tentunya diharapkan dapat mempererat kekeluargaan antar anggota milis Indomelb.

Acara hari itu dilanjutkan dengan membagikan hadiah undian, pengumuman pemenang lomba serta foto bersama.

Untuk ikut bergabung dengan Indomelb, kalian cukup klik tombol join di milis groups.yahoo.com/neo/groups/indomelb/info.

 

** APA KATA MEREKA **

Acara hari ini sangat bagus karena menjadi ajang perkenalan antara warga lama dengan warga baru. Teman-teman yang baru sampai di sini bisa tahu bahwa komunitas Indonesia itu ada. Kita sering mengadakan acara seperti ini dan kumpul-kumpul bersama, jadi gak ngerasa sendirian di negara orang. Indomelb ini sudah sangat baik.

 

Acara hari ini sangat baik karena dapat memberikan sarana untuk mahasiswa maupun warga yang baru datang ke Melbourne berinteraksi dengan warga ataupun student yang sudah ada. Jadi kita bisa saling bertukar informasi mengenai bagaimana cara hidup di sini, apa yang diperukan untuk survive di sini, dan bagi pelajar bisa bertukar pendapat bagaimana menjalani study di Melbourne. Ya banyak hal tentang hidup dan bagaimana hidup di Melbourne bisa kita dapatkan dengan acara ini.

 

 

** GALERI FOTO **










gaby