Seluruh permohonan pelayanan kekonsuleran sebaiknya dilakukan oleh pemohon secara langsung ke Loket Pelayanan Konsuler KJRI Melbourne dengan melengkapi dan menyerahkan seluruh persyaratan yang telah ditentukan. Sekiranya pemohon mengalami kesulitan untuk datang langsung ke kantor KJRI Melbourne, maka dapat mengajukan permohonan administrasi kekonsuleran melalui surat tercatat yang disertai amplop balasan.

Perlu diperhatikan bahwa proses permohonan melalui surat akan memakan waktu lebih lama mengingat adanya proses pengiriman dan pengembalian surat. Selain itu adanya kerusakan/kehilangan/keterlambatan selama dalam proses pengiriman melalui surat bukan menjadi tanggungjawab KJRI Melbourne.

Mengingat wilayah kerja KJRI Melbourne maka pelayanan kekonsuleran KJRI Melbourne hanya dapat dilakukan terhadap WNI yang tinggal di wilayah negara bagian Victoria dan Tasmania.

 

Informasi dasar yang perlu diketahui terkait pelayanan KJRI Melbourne adalah:

ALAMAT SURAT  MENYURAT

Konsulat Jenderal RI MELBOURNE,
72 Queens Road,
Melbourne, Vic 3004 – Australia

 

MENGHUBUNGI KJRI MELBOURNE

Phone: 61 3 9525 2755
Fax: +61 3 9525 1588
Emergency Hotline: +61 477 60 70 75
E-mail: [email protected]
Situs: www.kemlu.go.id/melbourne

 

Alamat Pelayanan Kekonsuleran:

Pintu masuk melalui 72 Queens Lane, Melbourne, Vic 3004

 

Jam Pelayanan Kekonsuleran yang mulai berlaku tanggal 1 Juli 2014 adalah pukul 09.30 am – 01.00 pm (untuk pengajuan dan pengambilan aplikasi)

 

Apabila tidak memerlukan otoritasi dari Lembaga/Kementerian terkait di Jakarta maka proses aplikasi adalah 5 hari kerja dan setelah seluruh persyaratan dilengkapi.

Metode Pembayaran Jasa Kekonsuleran

KJRI Melbourne tidak menerima pembayaran secara tunai (cash).  Seluruh pembayaran biaya administrasi dilakukan dengan menggunakan cek (bukan personal cheque)/money order/ kartu debit/kartu kredit yang ditujukan kepada Konsulat Jenderal RI di Melbourne.