Semua orang pasti setuju bahwa pertemanan merupakan hal yang penting. Bersama teman kita dapat saling berbagi suka dan duka kehidupan. Bahkan PBB telah secara spesial menetapkan 30 Juli sebagai hari pertemanan internasional demi mengeratkan hubungan baik antar manusia maupun negara di seluruh Bumi. International Friendship Day ini juga rupanya dirayakan di hari yang berbeda di beberapa negara, yaitu pada minggu pertama bulan Agustus.

Sayangnya, seringkali kesibukan masing-masing membuat kita semakin menjauh dan kurang menghargai pertemanan yang kita miliki dengan sesama. Oleh karena itu, hari pertemanan internasional dapat membatu kita menumbuhkan kembali rasa kedekatan diantara sahabat.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk membuat perayaan ini berkesan, namun tentunya akan semakin baik jika dilakukan dengan banyak orang. Inilah empat ide BUSET untuk hari pertemanan internasional:

1.      FRIENDSHIP BRACELET

Tentunya banyak orang yang telah mengetahui gelang persahabatan yang biasa terbuat dari benang berwarna warni ini. Kegiatan saling bertukar gelang pertemanan sangatlah terkenal di India dan Nepal, dan telah menjadi populer di seluruh dunia. Alasannya mungkin karena gelang sederhana tersebut saat dipakai dapat mengingatkan kita pada sahabat yang telah berusaha membuatkannya. Banyak sekali versi corak yang kalian dapat pelajari untuk membuat gelang pertemanan menjadi lebih spesial. Situs seperti pinterest dapat dengan mudah kalian kunjungi untuk menemukan tutorial cara pembuatannya.

2.      CATCH UP WITH FRIENDS

Luangkanlah waktu di tengah kesibukan Anda mengadakan acara bersama dengan teman-teman. Kalian dapat membuat acara sederhana seperti makan siang, piknik, pesta maupun travelling selama berhari-hari. Bukan itu saja, saat berkumpul bersama kalian dapat melakukan permainan yang bisa mengeratkan persahabatan, seperti invisible friend atau secret santa. Dalam permainan tersebut kalian harus memberikan suatu hadiah atau melakukan banyak kebaikan bagi seorang teman yang namanya telah kalian ambil dari undian.

3.      TELL HOW GREAT THEY ARE

Dalam perayaan hari pertemanan internasional, ada baiknya kita mengingat lagi kebaikan-kebaikan dari seorang teman. Bukan hanya dipikirkan saja, tentunya kita juga harus memberitahukan kepada teman kita tersebut. Dengan fokus pada hal-hal yang baik kita dapat merasa berterimakasih atas kehadiran teman dalam kehidupan, dan pastinya merasa senang atas pujian yang akan diterima kembali.

4.      POUR OUT YOUR HEART

Pertemanan tidak mungkin berlangsung tanpa adanya kejujuran dan rasa saling percaya. Oleh karena itu kalian dapat menggunakan alasan hari pertemanan internasional untuk saling menumpahkan hati dan pikiran. Tentunya baiknya dilakukan dengan cara yang positif dan terbuka. Permainan seperti Fall Game dimana seseorang mempercayakan dirinya kepada teman-temannya dengan menjatuhkan diri ke belakang juga dapat meningkatkan kedekatan kita.

5.      CREATE MEMORIES

Setelah memiliki teman atau sahabat selama bertahun-tahun, tentunya banyak kenangan tidak terlupakan yang telah kalian bagi bersama. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mengabadikan momen-momen tersebut dalam suatu kumpulan album foto maupun scrap book yang bisa dibuat bersama-sama. Dalam beberapa tahun kemudian kalian dapat melihat kembali pertemanan yang telah kalian bangun dari awal.

 

 

gaby