Gunung merupakan salah satu sumber kekayaan alam yang menghidupi banyak mahluk hidup. Dari gunung kita dapat menikmati air bersih serta berbagai tumbuhan dan mineral. Tanah yang subur juga menjadi tempat manusia menanam panen dengan kualitas yang tinggi. Sayangnya, ekosistem gunung kini makin lama makin terancam keadaannya oleh pertumbuhan populasi dan kemiskinan yang sering kali terjadi di daerah pegunungan. Oleh sebab itu, PBB secara khusus ingin memperingati hari gunung internasional untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap ekosistem gunung.

International Mountain Day dirayakan tiap tahunnya pada tanggal 11 Desember. Tema yang diangkat di tahun 2015 ini adalah ‘Promoting Mountain Products for Better Livelihoods’. Sesuai dengan tema tersebut, masyarakat diberi kesempatan untuk mengenal lebih baik hasil pegunungan seperi kopi, teh, cokelat dan berbagai rempah. Walau harga prodak gunung lebih mahal dari hasil panen di dataran rendah, kualitasnya jauh lebih tinggi.

Selain itu, berbagai servis bagi para turis seperti tempat mendaki, skii maupun berjalan-jalan juga diharapkan dapat lebih populer di tengah masyarakat. Hal ini tentunya dapat membantu perekonomian di daerah gunung.

Untuk merayakan hari internasional ini, salah satu hal yang dapat kalian lakukan adalah melakukan pendakian ke gunung-gunung dan menikmati keindahan alam yang tersedia.

Berikut beberapa lokasi pendakian di sekitar Victoria yang bisa kalian kunjungi sesuai dengan tingkat kesulitannya;

GRADE 1 – Easy

Mackenzie Falls

Lokasi ini merupakan rumah bagi air terjun terbesar di Victoria dan salah satu tempat paling populer di daerah Grampians. Jarak yang kalian perlu tempuh dari tempat pemberhentian hanyalah 2km selama 1 jam dengan perubahan kemiringan sebesar 110m saja. Mackenzie Fall cocok bagi kalian yang ingin menikmati atmosfer yang sejuk dan memandang keindahan aliran sungai yang jernih.

GRADE 2 – Moderate

Mt. Feathertop – Razorback Trail

Razorback Trail dapat membawa kalian dari Mt. Hotham menuju puncak gunung Feathertop yang juga merupakan gunung kedua tertinggi di Victoria. Lokasi sangat terbuka sehingga pendaki dapat melihat 360o pemandangan yang mengaggumkan. Perjalanan yang harus ditempuh cukup panjang, yaitu 7-8 jam untuk perjalanan bolak-balik, dengan jenis lintasan yang sedikit lebih sulit. 

GRADE 3 – Moderate/Hard

Melville Caves

Terletak di area Kooyoora State Park, lokasi ini cocok bagi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama-sama. Selain berjalan sejauh hampir 9 km perjalanan (pulang-pergi), Kooyoora State Park juga menyediakan berbagai kegiatan outdoor yang menyenangkan seperti berpiknik, berkemah dan menunggang kuda. Dalam perjalanan jalur Melville Cave kalian akan dapat melihat kekayaan alam yang beragam dan indah.

GRADE 4 – Hard

Lake Tali Krang via Hidden Lake Circuit

Danau alami ini telah terbentuk sejak 1500 tahun yang lalu karena jatuhnya batuan besar dari pegununggan Gippsland. Lake Tali Krang memiliki hubungan yang erat dengan masyarkat aborigin dan memiliki kekayaan budaya di dalamnya. Oleh karena itu para pendaki dituntut untuk menghargai dan menjaga area tersebut dengan baik. Untuk menikmati perjalanan ini kalian membutuhkan waktu 12 jam sepanjang 34 km dan disarankan untuk melakukannya dalam dua hari. Karena tingkat kesulitannya, pendaki yang ingin mencoba baiknya telah memiliki beberapa pengalaman mendaki terlebih dahulu.

GRADE 5 – Extreme

Mt. Howitt via The Viking Circuit

Perjalanan melalui Viking Circuit baiknya dilakukan dalam 4 hari untuk menempuh perjalanan sepanjang 40km. Dalam pendakian ini kalian dapat melihat indahnya pemandangan alpine yang terkenal di Victoria. Kalian pun akan melewati gunung-gunung lainnya seperti gunung Despair dan gunung Speculation. Tentunya tantangan ini cocok bagi para pendaki yang telah berpengalaman dan memiliki pengetahuan khusus, termasuk mengenai navigasi dan pertolongan pertama.

 

Perjalanan mendaki dapat menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan menyejukkan hati. Namun pemilihan lokasi yang sesuai dengan kondisi tubuh dan persiapan yang matang sangat diperlukan. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi situs http://www.trailhiking.com.au dan http://parkweb.vic.gov.au

gaby