Sejak lama, investasi properti merupakan salah satu bentuk investasi terfavorit di kalangan para investor selain saham, emas dan tipe aset lainnya. Salah satu alasan pokok adalah manusia memerlukan properti untuk memenuhi kebutuhan primer. Pada awalnya, fungsi rumah hanyalah untuk bertahan diri. Namun dengan berjalannya waktu, rumah berfungsi untuk menjamin kenyaman, keamanan penghuninya dan sebagai tempat untuk beristirahat, menikmati kehidupan, membesarkan keluarga serta bersukacita bersama sanak saudara.

Berikut akan kami ulas mengapa investasi properti seringkali menjadi pilihan kebanyakan orang daripada aset lainnya.

  1. Harga Properti yang Terus Meningkat

Dengan tingkat populasi yang terus berkembang, lahan kosong di kota-kota seluruh dunia, termasuk di Australia semakin berkurang. Hal ini bersama dengan terus bergantinya kebijaksanaan ekonomi yang mempengaruhi level pendapatan, lowongan pekerjaan dan suku bunga yang merupakan alasan utama mengapa nilai kepemilikan sebuah properti sangatlah tinggi saat ini.

  1. Stabilitas

Properti memberikan Anda jaminan dan keamanan yang lebih tinggi dari investasi lainnya di saat keadaan ekonomi sedang tidak baik. Karena lagi-lagi, properti atau rumah adalah bagian dari kebutuhan utama manusia, karena Anda tetap dapat bertahan hidup dikala aset, perhiasaan atau harta benda lainnya perlu dijual.

Kerugian dari pembelian properti yang sering ditakutkan orang bukanlah hal yang mutlak, hingga transaksi penjualan tersebut terwujudkan. Berbeda dengan investasi saham misalnya, dimana para investor tidak memiliki kontrol atas fluktuasi yang terjadi. Hal ini berarti, resesi atau inflasi tidak memiliki efek terhadap kepemilikan properti. Kekuatiran ini juga perlu dikesampingkan bila properti tersebut sudah berhasil memberikan Anda arus kas yang baik atau bila Anda sudah menempatinya dalam waktu yang lama.

3. Berinvestasi Properti Sangatlah Mudah

Berbeda dengan tipe-tipe investasi lainnya, membeli properti sebenarnya adalah hal yang sangat mudah untuk dijalankan. Di Australia, seseorang yang berusia 18 tahun bila memenuhi kriteria, juga dapat membeli properti. Gelar atau pendidikan lanjut tidaklah diperlukan untuk mengerti cara berinvestasi properti dan hutang bank semakin mudah untuk didapatkan. Selama Anda merasa nyaman dan memiliki finansial yang terjamin, Membeli properti dapat dilakukan kapanpun tanpa perlu memikirkan hal-hal yang terlalu bermuluk-muluk.

  1. Pendapatan Sewa

Dengan terus meningkatnya harga properti, banyak orang yang juga menghadapi kesulitan untuk membeli properti. Hal ini mengakibatkan naiknya tingkat permintaan diantara para penyewa. Maka dari itu Anda tidak perlu kuatir untuk menanggung biaya investasi ini sendiri, karena Anda bisa menggunakan pendapatan sewa untuk membayar beban-beban yang terlibat dari memiliki properti ini seperti waktu dan biaya perawatan rumah.

  1. Kekayaan Berganda!

Nilai properti akan menjadi lebih tinggi bila Anda menaruh 100% perhatian dan ‘kasih’ terhadap properti tersebut. Seperti misalnya, penggunaan kualitas bangunan dan material yang terbaik serta upgrade atau renovasi berkala dapat meningkatkan harga jual meski properti tersebut sudah tua.

Anda juga bisa menggunakan ekuitas properti Anda untuk membeli properti baru. Selain itu, bila Anda memutuskan untuk menyewakan properti Anda, maka saat hutang properti tersebut terlunasi, Anda dapat menikmati hasil bersih dari pendapatan sewa tanpa perlu melakukan apapun.

  1. Bermakna dan Menyenangkan

Memiliki properti yang bisa Anda sewakan atau tinggali sendiri adalah satu kepuasaan yang tidak bisa didapat dari hasil investasi lain. Bila Anda meninggali properti tersebut, kesenangan yang diperoleh bisa didapat dari kehidupan yang Anda jalani di properti tersebut. Peristiwa- peristiwa bermakna seperti pernikahan dan lahirnya buah hati adalah bagian ‘hasil’ dari berinvestasi properti.

Bila Anda adalah seorang investor, dan gemar bersosialisasi atau berinteraksi dengan sesama, maka properti adalah pilihan yang tepat, karena Anda akan selalu terlibat dalam proses penyewaan properti baik dengan agen properti atau dengan sang penyewa langsung. Hal ini akan menjamin Anda untuk terus aktif dan merupakan satu kegiatan yang bisa Anda pertimbangkan ketika mencapai tahap pensiun.

Melihat tren tahun 2017 lalu khususnya di Melbourne, para calon pembeli rumah akan dapat menikmati kesempatan yang lebih besar untuk menginjakkan kaki di industri properti. Sejak musim semi berakhir, tingkat clearance rate lelang semakin menurun. Hal ini sangat dipengaruhi oleh keputusan Australian Prudential Regulation Authority (APRA) untuk membatasi angsuran pinjaman berdasarkan nilai bunga saja. Akibatnya, banyak investor yang menarik diri dari pasar properti.

Tingginya harga properti di pusat kota Sydney dan Melbourne memang diprediksi untuk tidak kunjung turun. Namun, hal ini tidak seharusnya membatasi Anda untuk menaruh modal berinvestasi di properti dikarenakan banyaknya pilihan di daerah-daerah lain. Melbourne, terutama sedang mengalami kekurangan pasokan rumah, dan situasi ini akan membantu untuk menyeimbangkan harga properti secara kesuluruhan.

Kota-kota lain di Australia juga menawarkan kesempatan investasi yang sangat menarik. Geelong misalnya, hanya terletak 75km dari Melbourne dan memiliki nilai median hanya $500,000. Para penduduknya juga memiliki jaminan infrastruktur yang memuaskan seperti universitas, sarana publik dan pariwisata.

Brisbane dan Newcastle juga dikenal sebagai kota idaman para pembeli rumah pertama, dikarenakan harga properti yang sangat terjangkau. Sedangkan Hobart memiliki peningkatan nilai hunian tertinggi.

Tunggu apa lagi? Ayo segera mulai untuk berinvestasi properti! Semoga artikel ini dapat membantu perencanaan investasi Anda.

 

 

 

Alain Warisadi,
CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), CPS (RE), Dipl FMBM, B. Ec (Fin), FIML
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Licensed Estate Agent
Harvard University Scholar
(e.) [email protected]

Tanya Tjahjosarwono, B.Bus (MKT), M. ADV MKT.
Co-property Writer
Marketing Communications Officer
(e.) [email protected]

 

Sources: REIV

***

Informasi di atas adalah panduan dan gambaran umum dalam bidang investasi properti, dan tidak untuk digunakan secara generalisasi. Xynergy Realty memberikan konsultasi individual untuk wealth creation strategy, property investment, property management dan home/ commercial loan yang khusus didedikasikan bagi calon investor dan pembeli properti. Xynergy Realty tidak bekerja sama dalam bentuk apapun dengan perusahan-perusahaan/ brand-brand yang disebutkan dalam artikel diatas. Xynergy Realty tidak bertanggung jawab atas kehilangan, kerugian yang pembaca derita dalam bentuk apapun.

 ***