Sejak 2007, setiap tahunnya, Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA) Monash University mengadakan acara SOUNDSEKERTA. Lewat acara ini, PPIA Monash ingin meningkatkan jiwa nasionalisme dan cinta akan tanah air mahasiswa-mahasiswi Indonesia yang berada di Melbourne.

Di setiap pergelarannya, selalu terdapat tema dan pesan menarik di balik SOUNDSEKERTA. Nah, pada 2014 ini, SOUNDSEKERTA akan kembali dengan bertemakan “Limitless Indonesia” yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan optimisme dalam diri para penonton untuk bersama-sama membangun Indonesia dan mengingatkan bahwa untuk berkontribusi bagi negara kita, perbedaan tempat dan waktu bukanlah hambatan.

SOUNDSEKERTA selalu berusaha untuk mengundang artis-artis dan musisi-musisi top Indonesia di acara ini. Pada acara yang akan diadakan tanggal 14 September 2014 di Melbourne Town Hall ini, kita bisa menyaksikan penampilan langsung dari jazz and soul band dan alternative rock band yang terkenal dari Indonesia! Mereka antara lain adalah Maliq & D’Essentials dan Sheila on 7! Selain itu, acara ini nantinya akan dibawakan oleh duo radio announcer Prambors yang lagi hits di Indonesia, yaitu Danang dan Darto, yang dikenal dengan panggilan The Dandees. Keren bukan?

Sedikit ulasan mengenai performers dan hosts kita nanti: Maliq & D’Essentials merupakan salah satu band jazz dan soul yang terkenal di Indonesia yang dibentuk pada tahun 2002. Sejak tahun 2005, band ini selalu tampil di festival musik Jazz terbesar di Jakarta, yaitu Jakarta International Java Jazz Music Festival, dan tiket yang terjual pun selalu sold out! Lebih lagi, Maliq & D’Essentials beberapa kali dimonasikan juga memenangkan penghargaan-penghargaan baik di Indonesia maupun di Asia, dari MTV Indonesia Music Awards, AMI Awards sampai MTV Asia Music Awards. Pada tahun 2009, album mereka yang berjudul “Mata Hati Telinga” diberikan penghargaan Best album 2009 oleh majalah Rolling Stones Indonesia. Tidak hanya itu, mereka juga pernah mengadakan sold-out konser tunggal di Kuala Lumpur, Malaysia pada December 2011. Pada Oktober 2013, karena banyak permintaan dari para fans mereka di Singapura, akhirnya Maliq & D’essentials mengadakan konser tunggal “Maliq & D’Essentials Live in Singapore 2013” bertempat di The Home Club.

Selain Maliq & D’Essentials, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Sheila on 7, juga tampil di SOUNDSEKERTA 2014. Sheila on 7 merupakan salah satu alternative rock band legendaris di Indonesia. Debut album band yang dibentuk di Yogyakarta ini, yaitu “Sheila on 7”, diakui sebagai “The 150 Greatest Indonesian Albums of All Time oleh majalah Rolling Stones Indonesia. Selain itu, Rolling Stones Indonesia juga berhasil menempatkan dua lagu mereka, Dan di ranking 29 dan Melompat Lebih Tinggi di ranking 147 ke dalam daftar The 150 Greatest Indonesian Songs of All Time“. Sheila on 7, yang sekarang beranggotakan 4 personil ini tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga di beberapa negara lain di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Singapura. Beberapa dari album yang telah mereka keluarkan sejak debut laku keras di Malaysia dan Singapura. Tidaklah heran bila mereka disebut sebagai alternative rock band legendaris Indonesia.

Apa arti sebuah acara tanpa hosts yang seru dan bisa membawa suasana? Bagi kalian yang sering mendengarkan Radio Prambors atau menonton acara The Comment di NetTV, pasti tidak asing dengan pembawa acara kita nanti, The Dandees. Duo Danang dan Darto ini merupakan dua penyiar radio yang sedang naik daun di Indonesia. Kekocakkan mereka berdua selalu menghibur orang-orang yang mendengar acara mereka di Radio Prambors dan para penonton The Comment. Kami, PPIA Monash University, percaya bahwa dengan Soundsekerta 2014 dibawakan oleh mereka, acara ini pastinya akan menjadi lebih seru dan menarik.

Soundsekerta tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya; di kesempatan kali ini kami mengadakan dua kompetisi yaitu, Photography Competition dan juga Song Cover Competition yang terbuka untuk umum. Pemenang lomba fotografi akan ditentukan oleh senior fotografer dari Kompas, Arbain Rambey, dan akan mendapatkan hadiah senilai $250. Untuk lomba fotografi ini akan ada Instagram competition juga, dimana pemenangnya akan mendapatkan $150. Bila kalian ingin mengetahui info lomba fotografi, bisa menghubungi Clarissa Ardra (0414129913) atau Dien Amalia (0431172660).

Bagaimana dengan Song Cover Competition? Nah, untuk kompetisi yang satu ini pemenangnya akan mendapatkan hadiah sebesar $100. Tidak hanya itu, pemenang juga berkesempatan untuk manggung di acara MEET & GREET Soundsekerta 2014 pada tanggal 13 September 2014! Kapan lagi bisa manggung di depan Sheila on 7, Maliq & D’Essentials dan The Dandees? Siapa tahu kalian bisa nge-jam bareng mereka?

Kalau kalian ingin ikut Song Cover Competition, bisa tanya-tanya ke salah satu dari dua orang ini: Medina (0415726632) dan Winston (0452366778).

Informasi lebih jelas mengenai lomba-lomba ini juga dapat dilihat dari sosial media PPIA Monash University; di sana kalian bisa menemukan persyaratan untuk kedua lomba serta contoh Song Cover di YouTube channel. Kalian juga bisa email ke [email protected] jika ada pertanyaan mengenai kedua lomba tersebut. Bagi yang suka foto-foto dan musik, ini kesempatan yang bagus untuk menguji serta membuktikan kemampuan kalian!

Bagaimana? Jadi nggak sabar ‘kan sama SOUNDSEKERTA tahun ini? Dengan adanya para performers dan hosts yang kondang serta kompetisi-kompetisi yang berhadiah menarik, SOUNDSEKERTA 2014 berjanji akan mempersembahkan acara yang entertaining, unforgettable dan tentunya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya; serta tidak lupa pesan “Limitless Indonesia” dan tujuan utama dari acara ini tetap tersampaikan kepada para penonton.

Telah disinggung sebelumnya, tahun ini SOUNDSEKERTA akan diadakan pada tanggal 14 September 2014 di Melbourne Town Hall yang merupakan salah satu tempat bersejarah di Melbourne (pintu dibuka pk.18:00).

 

Save the date and be there! Don’t forget to join our competitions too! 

See you guys at SOUNDSEKERTA 2014! 

 

PPIA MONASH UNIVERSITY

Untuk info lebih lanjut mengenai acara ini serta pembelian tiket ($25 per tiket), silahkan menghubungi:
[alert color=”C24000″ icon=”128222″]Roanna Tania (0452514493), Afdhal Amran (0433580417) dan Felicia (0450388212)[/alert]
[alert color=”104BC2″ icon=”9993″]email: [email protected][/alert]

(Facebook): PPIA Monash
(Twitter dan Instagram): @ppiamonash
(Youtube): PPIA Monash TV