BERMAIN DI LAUT FIJI

Benua Australia sangat beruntung karena terletak begitu dekat dengan pulau-pulau eksotis top dunia di sekitar laut Pasifik. Salah satu yang paling populer adalah Fiji, yang hanya berjarak sekitar 5 jam penerbangan dari Melbourne. Fiji sendiri memiliki lebih dari 300 pulau kecil, namun hanya sekitar sepertiga yang dihuni. Dan yang sering menjadi pilihan turis mancanegara adalah Viti Levu (Nadi) dan Vanua Levu.

Menikmati suasana pantai

Iklim di Fiji bertahan pada suhu konstan 18-32°C sepanjang tahun karena termasuk negara tropis. Dan jika Anda tidak keberatan dengan badai yang mungkin terjadi pada bulan November hingga April, periode ini adalah yang paling pas untuk menghemat biaya tiket, akomodasi dan menghindari kepadatan turis.

Selain alam pantai yang menawan, Fiji kaya akan budaya serta tradisi yang dibawa turun temurun. Masyarakatnya pun sangat bangga akan hal tersebut, sehingga tak heran jika banyak ditemukan pertunjukan dengan berbagai elemen tradisional di sebagian besar hotel di Fiji.

Jangan khawatir, Anda akan mampu berkomunikasi dengan penduduk lokal karena Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa nasional Fiji. Tentunya ini juga berarti Anda akan lebih mudah untuk berkeliling sendiri tanpa harus menggunakan jasa pemandu wisata.

Aktivitas laut nan seru yang bisa dilakukan di Fiji termasuk:

Snorkel dengan Whitetip / Blacktip Reef Shark

Snorkel dengan hiu

Lokasi yang paling terkenal adalah di Yasawa Island. Reef Shark adalah jenis ikan hiu yang sangat sosial dan tidak teritorial. Panjang Reef Shark bisa sampai 2,5 meter.

Menyelam dan Memberi Makan Bullshark

Aktivitas ini cukup populer bagi pecandu adrenalin yang ingin menyaksikan hiu dari tempat yang sangat dekat dan melihat mereka diberi makan oleh penyelam yang berpengalaman. Sayangnya, buat yang bertanya-tanya, jawabannya adalah: Anda tidak diizinkan memberi makan para hiu.

Jet Ski Safari

Bayangkan Anda melakukan road-trip dengan segerombol teman, tapi kali ini bukan di darat melainkan di lautan,  Masing-masing orang akan mengendari satu jet ski dan akan dipandu oleh petugas yang berpengalaman. Anda akan diajak berhenti di beberapa spot yang pas untuk snorkeling dan makan siang di pinggir pantai sambil beristirahat.

Skuter Bawah Air

Judul ini sudah menjelaskan semua. Anda akan diajak mengendarai skuter dalam laut dengan regulator menyelam sehingga bisa bernafas dengan normal. Kedalaman menyelam sekitar 3-5 meter saja, dan untuk keamanan, semua perjalanan dengan skuter bawah laut didampingi instruktur bersertifikat PADI (Professionnal Association of Diving Instructors).

Snorkel Cruise

Kegiatan ini sangat cocok jika Anda bepergian dalam grup yang memiliki hobi berbeda-beda. Mereka yang suka

menjelajahi laut dapat melakukan snorkeling, sementara yang lainnya bisa bersantai di atas kapal, menjelajahi terumbu karang dengan perahu gelas, atau sekedar menikmati pijatan khas ala Fiji.

Tivua Wreck Dive Tour

Jika Anda menyukai sejarah sekaligus pencari sensasi yang memiliki ijin selam, Fiji baru saja meluncurkan sebuah kapal selam baru, ‘Raiyawa’, yang terletak di lepas pantai pulau Tivua. Raiyawa diciptakan pada tahun 1982 dan termasuk kapal pemerintah yang bisa digunakan untuk membawa penumpang antar pulau.

Pada tahun 2014 Raiyawa telah ditutup dan kepemilikannya diambil alih oleh Captain Cook Cruises Fiji. Kapal ini lalu ditenggelamkan dan dijadikan aktivitas wisata wreck tour (tur kapal karam). Meski bukan Titanic, tapi masih menakjubkan!

Cloud 9 Floating Bar

Cloud 9 Floating Bar

Terletak sekitar 40 menit menggunakan perahu dari Port Denaru, bar ini harus Anda kunjungi jika mengunjungi Fiji! Anda dapat bersantai dan menari ditemani menu makanan wood fire pizza dan live DJ. Uniknya, bar 2 lantai ini mengapung di atas laut sehingga Anda dapat melompat dan berenang di laut biru nan jernih.

 

Motorised Surfboard

Jika Anda ingin berselancar tapi takut ombak, aktivitas ini merupakan alternatif yang sempurna! Anda akan berselancar di air yang jernih tengah laut menggunakan papan selancar yang dipasang motor agar dapat bergerak maju dengan kecepatan yang bisa Anda atur. Anda juga akan dipandu oleh instruktur profesional untuk keselamatan. Dan yang paling penting adalah Anda tidak perlu takut pada ikan hiu seperti di pantai Australia saat musim panas tiba.

Fly Fishing

Banyak pihak menyatakan Fiji sebagai salah satu tujuan memancing yang popular. Apabila Anda ingin menyewa perahu pribadi untuk memancing, sebaiknya mengajak beberapa teman untuk menghemat biaya!

 

 

 

Cindy
www.travelmints.co