Apakah kamu masih ingat film seputar dinosaurus yang menghebohkan dunia perfilman pada tahun 1993? Kalau kamu menebak Jurassic Park, berarti kamu benar. Walaupun kamu generasi tahun 90-an atau 2000-an, kamu pasti pernah dengar ataupun nonton film karya sutradara terkemuka Stephen Spielberg itu.

Franchise Jurassic Park berlangsung sampai ke film yang ketiga pada tahun 2001. Tanggal 11 Juni ini, film keempat Jurassic Park akan dirilis dengan judul Jurassic World. Di installment keempat ini, cerita berlanjut dengan dibukanya theme park Dinosaurus baru di Pulau Isla Nubar.

Untuk mengingatkan kamu kembali pada para dinosaurus yang pernah ada di Jurassic Park, berikut BUSET akan mengulas dinosaurus-dinosaurus tersebut, termasuk beberapa yang baru di Jurassic World:

Merupakan dinosaurus pemakan daging terbesar yang pernah hidup di Bumi. Semua tentang predator ganas ini, dari tebal dan berat tengkoraknya, sampai rahangnya yang panjangnya mencapai 1,2 meter, telah didesain untuk aksi penghancuran tulang.

Bukti dari fosilnya menunjukkan bahwa Tyrannosaurus atau yang biasa disapa T-Rex, panjangnya mencapai 12 meter dan tingginya 4,6-6 meter. Pahanya yang kuat dan buntutnya yang panjang membantunya untuk bergerak cepat. Karena tangannya yang pendek dan kecil, gigi T-rex dapat merobek dan “memegang” daging dari mangsanya.

 

Merupakan dinosaurus dengan tingkat kecerdasan paling tinggi, karena mereka mempunyai otak yang besar yang cocok dengan ukuran badannya. Mereka sangat bisa dikamulkan di darat karena kedua kakinya yang dapat berdiri tegak dan kecepatan mereka bisa mencapai 39 kilometer per jam.

Saat Velociraptor mendapat mangsa, predator ini cenderung menjatuhkan mereka dengan cakar dari tangan dan kakinya yang panjangnya sekitar 9 sentimeter, dan mulut yang dipenuhi gigi tajam.

Velociraptor merupakan pemakan daging, dan baru-baru ini riset menunjukknan bahwa mereka ternyata mempunyai bulu di sekujur tubuhnya.

 

Merupakan salah satu dinosaurus terbesar yang pernah ada di Bumi. Mereka masuk kategori herbivora dimana mereka hanya makan dedaunan. Mereka juga tidak bisa mengunyah makanan, mereka harus menelan bulat-bulat makanan mereka. Rata-rata Apatosaurus dewasa panjangnya sekitar 23-28 meter, dan beratnya sekitar 20.000-36.000 kilogram.

Menurut penelitian, Apatosaurus sering disebut identik dengan Brontosaurus, tetapi sekarang diketahui bahwa fosil asli mereka cukup berbeda untuk berada di kategori dinosaurus yang sama. Apatosaurus mempunyai leher yang lebih panjang dan tidak selebar Brontosaurus.

 

Triceratops adalah yang terbesar dari dinosaurus bertanduk. Ketika masih bayi, triceratops keluar dari telurnya dan harus tumbuh sampai sesuai dengan tanduk-tanduknya. Tanduk pendeknya yang terletak di hidung dan di dekat mata mereka merupakan alat mereka untuk membela diri dari predator. Mereka merupakan herbivora. Berat mereka mencapai 10.000 kilogram dan panjangnya 9 meter.

 

 

Mosasaurus habitatnya di dalam air, dan berbentuk seperti kadal raksasa. Mosasaurus merupakan pemakan daging dan dapat menggunakan giginya yang menyeramkan untuk menangkap ikan, burung dan reptil air lainnya, tidak terkecuali Great White Shark, ikan hiu terbesar. Panjang mereka mencapai 18 meter dan beratnya 5.000 kilogram. Mosasaurus juga mempunyai urutan gigi tambahan di rahang atasnya untuk memastikan mangsanya yang sudah di dalam mulut untuk tidak bisa keluar lagi.

 

Merupakan reptil terbang terbesar, dengan sayapnya yang lebih lebar daripada jenis burung apapun. Mereka merupakan karnivora, dan walauput tingkat keagresifannya cukup tinggi, mereka cenderung hanya makan ikan. Pteranodon panjangnya mencapai 6 meter dan beratnya 30 kilogram.

Satu lagi reptil terbang yang lebih kecil dari Pteranodon adalah Dimorphodon yang panjangnya hanya 3 meter dan beratnya 2 kilogram.

 

Pertama kali dilihat Gallimimus mungkin terlihat seperti burung unta dengan cakar dan buntut. Gallimimus panjangnya 8 meter dan beratnya mencapai 226 kilogram. Mereka bisa berlari sampai dengan kecepatan 48 km per jam, tetapi mereka lebih memilih untuk berkumpul satu sama lain dan juga makan bersama. Gallimimus merupakan kategori omnivora, tetapi mereka cenderung makan dedaunan dan buah-buahan. Mereka sama sekali tidak mempunyai gigi di dalam mulutnya.

 

Stegosaurus adalah salah satu dinosaurus yang mempunyai tubuh dengan struktur paling banyak. Ia mempunyai 17 pelat tulang dari lehernya sampai ke punggungnya, dengan empat tulang tajam di ujung buntutnya. Stegosaurus umumnya hanya makan dedaunan. Jika merasa terancam, mereka akan menengok ke belakang agar dapat melihat dan mengatur sasaran ayunan buntutnya yang sangat berbahaya. Berat mereka adalah 5.000 kilogram dan panjangnya 8,5 meter.

 

Indominus Rex adalah dinosaurus baru buatan Hammond Creation Lab yang merupakan perpaduan genetik dari beberapa jenis dinosaurus Theropod (jenis dinosaurus karnivora yang mempunyai tangan pendek dan berdiri dengan dua kaki) seperti Carnotaurus, Majungasaurus, Rugops dan Gigantosaurus. Ia dibuat dengan tujuan untuk menampilkan atraksi yang paling ditakuti di Jurassic World.

Pertama dilihat Indominus Rex menyerupai T-Rex dengan tingginya yang mencapai 12 meter, tetapi bentuk dan struktur kepalanya yang sangat keras dan kuat lebih seperti Abelisaurus (salah satu dinosaurus theropod juga) mebedakan dua jenis tersebut. Cakar Indominus juga lebih banyak dan panjang dibanding T-Rex.

Auman Indominus Rex dapat mencapai 140-160 decibel, sama dengan kencang suara di saat pesawat boeing 747 hendak lepas landas dan mendarat.

 

Extra:

Owen merupakan karakter utama yang baru di franchise Jurassic Park. Ia merupakan bagian dari para staf di Jurassic World, yaitu sebagai peneliti karakter dari Velociraptor.

 

Claire merupakan manajer operasi di Jurassic World dan sepertinya ia mempunyai sejarah percintaan yang kurang mulus dengan Owen.

 

 

sasha