Kebaktian Pembaruan Iman Nasional (KPIN) adalah program pemberitaan Injil masal yang diselenggarakan STEMI (Stephen Tong Evangelistic Ministries International). KPIN telah dilaksanakan di lebih dari 80 kota di Indonesia dan juga di luar negeri. Puji syukur kepada Tuhan, acara KPIN ini telah menjadi berkat besar bukan saja bagi negara Indonesia tetapi juga bagi berbagai kota di luar negeri. Melalui acara KPIN yang telah berlangsung sampai saat ini puluhan ribu orang telah meresponi panggilan Injil dan mengalami pertobatan dan pembaruan iman dan tidak sedikit yang menyerahkan diri menjadi hamba Tuhan sepenuh waktu.

Latar belakang KPIN

Banyak acara Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) akhir-akhir ini sudah bergeser dari makna sesungguhnya. KKR menjadi identik dengan acara-acara yang menekankan entertainment yang diiming-imingi dengan kehadiran artis, bahkan ada yang dimeriahkan dengan berbagai undian berhadiah. Tidak jarang juga KKR menjadi tempat mencari berkat atau bahkan menagih berkat dari Tuhan, seperti banyak ditekankan oleh “health and wealth” gospel atau yang lebih dikenal dengan Injil Kemakmuran (Prosperity Gospel).

Mungkin awalnya adalah untuk menjangkau dan menarik lebih banyak orang datang. Namun hal yang tidak disadari adalah mulai bergesernya konsep pertobatan sejati. Pertobatan sering diasosiasikan hanya sekedar perubahan tingkah laku, bahkan tak jarang diasosiasikan sebagai syarat mendapatkan kemakmuran materi dan kesembuhan fisik. Materi dan kesembuhan memang bisa saja Tuhan berikan kepada orang-orang yang bertobat, karena Dia adalah Allah Yang Maha Kuasa. Tetapi arti pertobatan sesungguhnya telah lama tidak ditekankan dan bahkan sangat jarang untuk dinyatakan secara terbuka. Pertobatan sejati adalah pekerjaan Roh Kudus dalam hati manusia yang menyebabkan orang itu menyadari dirinya telah berdosa terhadap Allah Pencipta langit dan bumi.

Pertobatan sejati juga ditandai dengan dukacita mendalam atas dosa-dosa yang telah lama membelenggu dia sekaligus diikuti dengan sukacita melimpah karena dosanya telah dihapus oleh Kristus.  Pertobatan sejati mendorong manusia memiliki kerinduan yang kuat untuk hidup suci dan memuliakan Nama Tuhan, pertobatan yang membuat dia tidak lagi menyukai dosa-dosa melainkan menyukai pelayanan, pertobatan di mana dia rela memikul salib dan memberitakan Injil, pertobatan di mana dia terdorong untuk tetap berjuang dalam keadaan sesulit apapun, dan pertobatan yang menuntun pada kesetiaan sampai mati kepada Kristus yang telah mati dan bangkit mengalahkan kematian.

Karena itu, Pdt. Dr. Stephen Tong, dengan pimpinan Roh Kudus yang memberikan beliau kepekaan rohani akan keadaan jaman seperti ini, menganggap sangat krusial untuk diadakannya KPIN ini untuk memberitakan Injil yang murni tanpa kompromi.

KPIN Australia

Pdt. Dr. Stephen Tong di usianya yang sudah melampaui 70 tahun ini tetap mempunyai semangat penginjilan yang sama ketika dia masih muda. Bukan hanya menjangkau kota-kota besar di Indonesia dan luar negeri, kota-kota kecil di pedalaman pun dikunjungi karena kasih Tuhan mendesak beliau untuk memberitakan Injil. Acara KPIN juga akan diselenggarakan di Australia pada bulan November ini dengan tema: “The Dignity, The Fall and The Redemption of Man”.

Dengan berbekal Theologi Reformed, KPIN yang dipimpin Pdt. Stephen Tong telah menjadi acara yang berbeda dengan KKR yang lain. Berita Injil yang murni dan keseriusan Firman Tuhan yang disampaikan digabungkan dengan theologi Reformed yang kuat membuat setiap KPIN memiliki pengaruh besar, yang mengubah hidup banyak orang sejak mereka bertobat dan menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat. Tidak jarang kita mendengar kesaksian orang-orang di sekitar kita bahwa mereka bertobat di dalam salah satu acara penginjilan yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Stephen Tong.

Dalam acara KPIN ini, akan ada kesaksian dari seorang pemuda bernama Michael Liu. Michael punya perjalanan iman yang unik bagaimana dia menjadi Kristen. Namun kehidupan ke-Kristenan-nya ini dijalani dengan motivasi yang salah, sehingga dia merasa menjadi seorang yang munafik dalam kehidupan beragama. Dia mengalami kejatuhan iman dan berkeputusan untuk meninggalkan ke-Kristenan. Namun dengan anugerah Tuhan, akhirnya dia bertobat dan mempersembahkan diri untuk menjadi hamba Tuhan. Suatu kesaksian yang sangat menggugah banyak orang Kristen yang sadar atau tidak sadar mengalami pengalaman yang sama.

Acara KPIN Australia terbuka bagi semua orang dan bagi gereja dari berbagai denominasi. KPIN diselenggarakan oleh STEMI (Stephen Tong Evangelistic Ministries International). Ini adalah Badan Misi Penginjilan dan Pembinaan yang didirikan oleh Pdt. Stephen Tong sejak 1979. Sekarang, program pelayanan STEMI bukan saja berada di Indonesia, tetapi juga di Singapura, Malaysia, Taiwan, benua Amerika dan Eropa, dan mencakup bukan saja pelayanan Mandat Injili tetapi juga Mandat Budaya. STEMI tidak menyandarkan pendanaan kepada pemerintah atau sponsor mana pun, tapi bersandar penuh anugerah Tuhan dengan menggerakkan jemaat yang sudah percaya, yang mengasihi Tuhan dan yang mengerti akan pentingnya pelayanan pengabaran Injil.

Mengenai Pdt. Dr. Stephen Tong

Telah memberitakan Injil Kristus kepada lebih dari 30 juta manusia di seluruh dunia selama 55 tahun pelayanannya. Ratusan ribu menyerahkan diri menjadi hamba Tuhan dari jutaan orang yang bertobat di dalam pelayanan KKR yang dikerjakannya.

Sebagai pendiri STT Reformed Injili Internasional (STTRII d/h Institut Reformed) di Jakarta, beliau juga banyak memberikan ceramah dan kuliah di beberapa seminari terkenal dunia sebagai guest lecturer; dan sebagai pembicara utama di General Assembly of the World Reformed Fellowship Seminar Leader, Johannesburg 2006; Second Lausanne Congress, Manila 1989; International Prayer Assembly, Seoul 1985 dan Seminar Leader, Amsterdam 1986.

Pelayanan mandat budaya membuatnya menjadi penggubah lagu, konduktor, pelukis dan arsitek dari banyak gedung. Beliau menguasai seni, musik, filsafat, ilmu pengetahuan, ekonomi, politik, seni barang-barang antik dan arsitektur. Beliau adalah pengarang lebih dari 75 buku dengan berbagai tema, di antaranya Teologi Penginjilan; Strategi Penginjilan; Tuhan, Manusia, Roh Kudus dan Injil; Teladan Kristus; Budaya dan Kejatuhan dalam Dosa.

Info lebih lanjut mengenai KPIN dapat diakses di situs pembaruaniman.com atau laman Facebook: Kebaktian Pembaruan Iman Nasional. Untuk KPIN Australia, silahkan mengunjungi situs griimelbourne.org atau stemi.ws

grii
sumber:http://pembaruaniman.com, http://www.buletinpillar.org/liputan/liputan-kebaktian-pembaruan-iman-nasional-kalimantan-timur-2012#hal-1, http://www.stemi.ws

 

KPIN Australia 2014 akan diadakan di 3 kota besar

Perth
Hari/Tanggal             : Kamis, 20 November 2014
Waktu                        : 7 pm – selesai
Tempat                      : Mt. Pleasant Baptist
Alamat                       : 497 Marmion St, Booragoon – 6154 (Near Garden City)

Melbourne
Hari/Tanggal             : Jumat, 21 November 2014
Waktu                        : 7 pm – selesai
Tempat                      : Melbourne City Conference Centre
Alamat                       : 333 Swanston St, Melbourne – 3000

Sydney
Hari/Tanggal             : Sabtu, 22 November 2014
Waktu                        : 4 pm – selesai
Tempat                      : The Salvation Army Sydney Congress Hall Main Auditorium
Alamat                       : 140 Elizabeth St, Sydney – 2000

 

BUSET-Vol-10-113-November-2014_Page_54