Tiap tahunnya komunitas Manado di Victoria yang tergabung dalam Kawanua Melbourne, Australia (KMA) merayakan pergantian tahun dengan mengadakan acara syukuran Kunci Taon. Tahun ini acara dilakukan di bilangan Camberwell dan dihadiri oleh tidak kurang dari 200 orang dimana sekitar 50 tamu undangan datang dari luar Victoria, tak terkecuali Ketua Kawanua Se-Dunia (KSD), Mieke Tumurang yang berdomisili di Paris, Perancis.

Kunci Taon ini sekaligus mengumpulkan sumbangan dana guna membantu korban banjir dan tanah longsor di Manado. Bencana alam tersebut telah memakan korban jiwa dan menyebabkan kerugian emosional serta finansial yang sangat signifikan.

Sebelum singgah di Melbourne, Mieke telah mengunjungi Manado dan melihat langsung penderitaan penduduk setempat. Dalam penjelasannya Mieke mendeskripsikan bagaimana uluran tangan yang disalurkan meski sedikit namun sangat membantu.

Malam Kunci Taon KMA mencatat telah mengumpulkan uang tunai sebanyak $1000 yang akan dibagikan kepada keluarga yang sangat parah keadaannya dengan perincian masing-masing dua keluarga dari Kampung Kenari, Tubir, Tikala Baru, Tateli dan Pakowa. Posko bantuan akan diorganisir oleh Lennie Cornelis di Dendengan Luar.

GALERI FOTO:








 

**APA KATA MEREKA**

Kawanua berarti kita satu saudara.. Dengan adanya acara ini orang-orang Manado atau yang bersangkutan dapat berkumpul untuk membantu Tanah Air.

Acaranya cukup menarik dan ini untuk mempererat persatuan antar sesama yang berada di perantauan.

(foto: Kevin)