Apa yang menjamin kesuksesan sebuah strategi marketing? Memang jawaban atas pertanyaan tersebut tidak dapat dipersempit menjadi sebuah kalimat, namun hanya satu kata yang dapat menyimpulkan jawabannya, yaitu komitmen.

Sebuah komitmen atas strategi yang sederhana dapat membuahkan hasil yang lebih baik daripada perencanaan yang luar biasa tanpa komitmen.

Komitmen sangatlah penting dalam segala segi kehidupan kita. Tanpa komitmen, tidak mungkin pernikahan dapat berjalan dengan langgeng. Tanpa komitmen, tidak mungkin olahragawan ternama dapat menggapai sukses.

Michael Jordan pernah berkata:

“Anda tidak boleh berkompromi dalam tingkat komitmen apa pun yang Anda lakukan. Jika tidak, komitmen tersebut bisa menghilang secepat dia muncul. Akan ada hari-hari ketika dimana Anda merasa tidak berada di puncak, tapi komitmen Anda harus tetap konstan. Tidak ada kompromi.”

Begitu juga hal yang sama di dalam dunia bisnis. Robert Kiyosaki, pengarang buku “Rich Dad, Poor Dad” pun mengakui bahwa untuk menggapai impian dibutuhkan kerja keras dan komitmen. Sebelum dikenal di mata dunia, beliau sempat beberapa kali mengalami kebankrutan dalam bisnis bahkan sempat menjadi tuna wisma. Namun berkat komitmen dan dedikasi, beliau berhasil mendirikan Cashflow Technologies, Inc. yang sukses sampai sekarang dan mengontrol merek Rich Dad serta Cashflow.

23 BISNIS - Commitment-Hub Marketing Komitment
Hubungan antara Marketing dan Komitmen

Para pembaca BUSET yang setia, sering kali kita di jaman yang maju teknologi ini tertipu dengan impian cepat kaya dan cepat berhasil. Namun satu hal yang tidak pernah berubah dalam dunia bisnis adalah “marketing membutuhkan waktu”.

Tentu dengan strategi dan sumber daya yang tepat, ada kalanya kita dapat melihat hasil marketing dalam waktu yang relatif singkat. Namun secara umum, marketing memakan waktu dan tidak mungkin berjalan tanpa komitmen.

Di artikel mendatang saya akan mendiskusikan segi finansial dari marketing, namun biaya yang sudah Anda habiskan dalam marketing akan menjadi “Sunk Cost” jika Anda berhenti dengan komitmen Anda. Berdasarkan definisinya, sunk cost adalah biaya yang telah dikeluarkan dan tidak dapat dipulihkan kembali. Satu – satunya cara untuk mendapatkan kembali uang yang Anda sudah habiskan di marketing adalah meneruskan strategi Anda hingga tuntas.

Apa yang harus di-komit

  • Finansial: tentunya marketing tidak perlu menghabiskan banyak uang, namun sedikit banyak Anda akan perlu mengeluarkan biaya untuk menjalankan strategi yang tepat. Kata kunci di sini adalah yang tepat. Jangka waktu 1 sampai 2 bulan tidaklah cukup untuk mengabdikan sejumlah uang ke marketing. Apapun rencananya, Anda harus bersiap untuk menjalankan strategi Anda sedikitnya selama 6 bulan. Lebih baik membuat rencana low-budget yang bisa bertahan lebih lama daripada high-budget yang hanya dapat bertahan sebentar.
  • Sumber Daya Manusia: uang tidak menjamin suksesnya strategi marketing Anda. Bisnis Anda juga membutuhkan tim yang kuat untuk dapat menjalankan, mengukur hasil dan follow up untuk pelanggan yang dihasilkan dari marketing tersebut.
  • Waktu: tentunya sejalan dengan keuangan dan tenaga kerja yang diabdikan ke dalam strategi, hal terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah waktu. Anda butuh meluangkan waktu untuk tidak hanya “menjalankan” bisnis (melakukan kegiatan sehari – hari) tetapi  juga untuk “mengerjakan” bisnis Anda (menumbuhkan ide, strategi, inovasi). Hal ini sangat penting untuk keberhasilan marketing Anda.

Di akhir kata, apa pun yang Anda putuskan untuk lakukan dalam mengembangkan bisnis Anda, usahakanlah untuk komit ke dalam rencana Anda. Bersiaplah untuk membiarkan waktu yang cukup untuk strategi marketing Anda menghasilkan buah. Jika Anda ingin mengetahui cara memilih strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda, silahkan menghubungi saya melalui kontak di akhir artikel ini.

[alert color=”B00AC2″ icon=”128100″]Emmanuel adalah pemilik dan pendiri Accolade Coaching yang juga merupakan koordinator Entrepreneurship Program untuk Indonesian Business Centre (IBC) Melbourne. Accolade Coaching bekerjasama dengan IBC mengadakan acara-acara sepanjang tahun untuk memperlengkapi dan meng-inspirasi pebisnis dan entrepreneur Indonesia di Melbourne. (t: 03 9016 8910 / e: [email protected])[/alert]