Pada tanggal 26 – 28 September 2014 nanti PPIA Victoria akan menggelar acara tahunan kami, yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di LDK tahun ini kami menyediakan lebih banyak aktivitas dan workshop untuk mewadahi para peserta untuk dapat menjadi pemimpin yang kreatif dalam organisasi.

Melalui LDK ini kami berusaha untuk mendorong para peserta untuk lebih proaktif dan menantang diri mereka sendiri untuk menjadi lebih percaya diri dalam bekerja di organisasi. Tema yang kami ambil tahun ini adalah ‘Creative Leadership in Sustainable Organisation’ dan kami ingin berbagi ilmu bagaimana cara menjaga organisasi untuk selalu sustainable. LDK tahun ini akan menekankan enam prinsip yaitu character building, active listening, humble professionalism, inspire other people, creative thinking, dan sustainable organization.

Setiap peserta juga sangat disarankan untuk membagi pengalaman mereka dalam memimpin tim di ranting PPIA. Melalui berbagai workshop dan aktivitas, kita berharap untuk meningkakan kualitas manajemen setiap peserta dalam kegiatan sehari-hari.

Salah satu workshop yang akan kami laksanakan adalah active listening dimana para peserta dapat lebih mengerti lebih dalam mendengarkan kelompoknya sebagai pemimpin. Sebagai pemimpin, tidak hanya harus mendengarkan saja namun juga memperhatikan dan memberikan dorongan untuk pembicara meluapkan perasaan mereka.

Adlina, salah satu dari project manager LDK tahun ini menyatakan, “LDK PPIA Victoria merupakan wadah bagi para angota penerus PPIA baik ranting maupun cabang untuk dapat mengembangkan kemampuan kepemimpinan mereka. Diisi dengan workshop dan aktivitas didalamnya, LDK diharapkan mampu untuk melatih para peserta untuk dapat menjadi pemimpin dalam organisasi.”

Tidak hanya mendapatkan ilmu dari segi kepemimpinan, acara tahunan ini juga merupakan kesempatan luar biasa bagi seluruh pelajar Indonesia di Victoria untuk berkenalan dengan pelajar lainnya dari berbagai universitas. Bagi kalian yang memang tertarik untuk memperluas pertemanan kalian dan mengenal orang lebih banyak dari berbagai jenis latar belakang dan jurusan, LDK menyediakan semua ini.

“Melalui LDK gue udah ketemu banyak banget orang dari berbagai macam latar belakang. Jumlah temen gue bertambah banyak dan jadi lebih akrab antar para ranting karena udah mengikutin LDK. Dan yang lebihnya lagi, engga cuman sekedar kenal aja tapi juga merasa kebersamaan melalui berbagai aktifitas yang disediakan panitia,” papar Dara, mahasiswi Monash university dan peserta LDK pada tahun 2012.

LDK tahun ini akan diadakan di The Summit yang jaraknya hanya satu setengah jam dari kota Melbourne dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan ruangan kamar dibawah tenda, para peserta akan merasa lebih erat dengan satu sama lain dan lebih terasa dekat dengan alam.

Kami percaya melalui LDK ini, PPIA Victoria dapat meningkatkan tingkat kekreatifan dalam memimpin dan menginspirasi satu sama lain untuk menjadi lebih baik.

Patricia Dara
PPIA VIC