Sekali lagi, Indonesia telah memerdekan negaranya selama 72 tahun. Negara Kesaturan Republik Indonesia menggelar upacara kemerdekaan dan dengan bangga mengibarkan bendera merah putih. Tentu saja, ini tidak terjadi di Indonesia saja, melainkan di luar negeri lainnya. Dan Melbourne kembali menjadi saksi pengibaran bendera sakral kebanggaan semua rakyat Indonesia. Upacara pengibaran yang dimulai dari pukul 10 pagi di KJRI Melbourne itu dihiasi dengan suasana khidmat dan diselingi dengan beberapa rintikan hujan. Namun, semua itu tidak meredupkan semangat para peserta upacara pagi itu.

Terlihat bahwa tidak hanya rakyat Indonesia saja yang bangga dan bahagia untuk hadir di upacara pagi itu, beberapa siswa dari berbagai sekolah lokal pun hadir untuk mengikuti upacara tersebut.

Selain dilaksanakan di KJRI Melbourne, prosesi selanjutnya yang terletak di Federation Square tak kalah menarik. Warga Indonesia dari beberapa kalangan ikut hadir untuk menyaksikan pengibaran sang merah putih di jantung kota Melbourne tersebut. Rangkaian acara bergulir dimulai dari pukul 2 siang dan semakin menarik setelah Paskibra KJRI Melbourne selesai menunaikan tugasnya. Mulai dari tarian tradisional Papua hingga hiburan dari penyanyi Michael J turut meramaikan suasana Federation Square sore itu. Walau ini sudah kesekian kalinya pemerintah Indonesia dan pemerintah Melbourne menggelar acara serupa setiap tanggal 17 Agustus, nyatanya semangat masyarakat Indonesia untuk hadir dan berbondong-bondong mengunjungi Federation Square tidak pernah padam.

 

APA KATA MEREKA

Padma Nandini K | Paskibra KJRI Melbourne 2014

Bersyukur seluruh rangkaian acara berjalan lancar dan cuaca juga mendukung. Terutama prosesi pengibarannya dan tahun ini ada beberapa tambahan acara seperti acara angklung serta penampilan musik di Fed square yang semakin memeriahkan perayaan kemerdekaan. Untuk tahun ini, kepada KJRI Melbourne 2017, saya bangga luar biasa, terharu dan deg-degan, semuanya bercampur jadi satu. Terimakasih atas waktu, semangat, usaha dan terlebih, komitmen kalian terhadap Paskibra ini. Harapan saya kedepannya terhadap Indonesia, saya berharap agar Indonesia bisa meningkatkan kualitas di bidang pendidikan dan juga bisa merata di seluruh daerah karena sumber daya alam yang baik.

Gustav Rafi | Bachelor of Commerce Melbourne University

Menurut saya, perayaan kemerdekaan tahun ini, meskipun cuaca saat pagi kurang mendukung, tapi tetap berlangsung dengan khidmat dan meriah. Terutama saat acara di Federation Square, menurut saya lebih meriah konsep acaranya dibandingkan tahun lalu, dimana semua peserta bernyanyi bersama menyanyikan lagu nasional dan daerah. Bagi saya, makna kemerdekaan yang paling hakiki adalah selain mampu lepas dari belenggu penjajahan 72 tahun yang lalu, yang lebih konkret adalah kemerdekaan ini merupakan suatu alat untuk menggapai cita-cita sebagai bangsa yang maju dan sejahtera di masa depan, dan sejajar dengan negara-negara maju lain di dunia. Kedepannya, saya berharap agar Indonesia bisa mengeluarkan semua penduduknya dari jerat kemiskinan, serta agar pembangunan negara lebih merata ke luar Jawa agar tingkat kehidupan masyarakat tidak timpang.

Qanita Mustafa | Ibu rumah tangga

Alhamdulillah perayaan kemerdekaan tahun ini masih banyak warga Indonesia dan non Indonesia yang antusias dengan kemerdekaan Indonesia. Harapan saya untuk Indonesia kedepannya, semoga Indonesia bisa menjadi salah satu negara maju yang dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki dan bijaksana, yaitu masyarakat yang berkualitas akhlak dan adabnya, intelektual dan moralnya. sehingga tidak ada yang namanya kejahatan dan korupsi. Karena Allah SWT tidak akan mengubah nasib suatu kaum, sampai mereka mengubah nasib mereka sendiri. Lakukan kontribusi terbaik kita untuk kemajuan Indonesia!

 

 

Alifia
Foto: Nys