Kadang kita suka bingung dan kehabisan ide untuk mengajak anak-anak pergi menghabiskan waktu libur mereka. Antara bosan ke destinasi itu-itu saja, atau terbersit kekhawatiran harus mengeluarkan dana besar untuk pergi ke tempat yang berbeda.


Meski begitu tentu kita ingin sekali mengajak mereka bermain sambil belajar tanpa harus pergi ke tempat yang membosankan. Kali ini Busetmempunyai beberapa lokasi-lokasi seru untuk membawa anak-anak belajar sambil seru-seruan di Melbourne dengan harga terjangkau.

Jalan-jalan ke museum dan galeri seni (ArtVo, ACMI, Artplay, Scienceworks, dan lain-lain)

Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan berbagai medium seni yang ditawarkan sepanjang jalan kota Melbourne, mulai dari street artberupa mural warna-warni yang insightful dan inspiratif, hingga patung-patung bersejarah yang sudah ada dari dulu kala. Tapi seni di kota ini tidak hanya itu saja. Contohnya, kita juga bisa melihat banyak seni lainnya yang sudah terkurasi di berbagai museum dan galeri seni di seluruh kota Melbourne.
Museum dan galeri seni mampu meningkatkan kreativitas si kecil tanpa kita harus mengeluarkan kocek besar. National Gallery of Victoria (NGV) di St. Kilda Road, Australian Centre for the Moving Image (ACMI) di Federation Square selalu memiliki ekshibisi gratis yang bisa dikunjungi, begitu juga galeri seni seperti Australian Centre for Contemporary Art (ACCA) di Southbank dan Heide Museum of Modern Art di Bulleen.

Nah, yang harus dipertimbangkan adalah umur anak kita. Walaupun bisa seru dan edukatif, mengajak anak-anak kita yang masih sangat kecil dan aktif ke museum dan galeri malah bisa menjadi sangat stressful dan melelahkan. Untungnya, ada galeri-galeri yang memang cocok untuk anak-anak kecil seperti galeri ArtVo di Docklands, dimana anak-anak bisa langsung berinteraksi dengan seni-seni yang ditampilkan. NGV juga mempunyai program khusus untuk anak-anak yang seru untuk meningkatkan kreativitas si kecil!


Melihat-lihat kampus untuk masa depan

Alternatif lain untuk dikunjungi pada hari libur adalah kampus-kampus kuliah. Ajak saja anak kita yang sudah mau kuliah menengok sekilas ke area universitas-universitas sekitar Melbourne. Universitas seperti RMIT, University of Melbourne, atau Deakin University mempunyai area luas keren yang bisa kita kunjungi sambil mengimbang-imbang pilihan si kakak untuk masa depannya nanti.

Mendatangi langsung universitas-universitas ini juga dapat memberikan inspirasi dan motivasi besar anak-anak kita untuk mencapai cita-cita edukasinya. Merasakan atmosfer dan melihat arsitektur, ragam fasilitas kampus yang ada seperti mengunjungi perpustakaan atau hanya duduk-duduk di tamannya sambil belajar lebih jauh mengenai jurusan-jurusan yang tersedia bisa menjadi liburan yang sangat bermakna dan bermanfaat bersama anak-anak kita tercinta.


Nonton teater dan penampilan seni lainnya

Selain melihat-lihat seni di galeri dan ekshibisi, kita juga bisa mengajak anak untuk melihat penampilan-penampilan seni lainnya seperti menonton teater atau penampilan tari. Arts Centre Melbourne di St. Kilda Road selalu menampilkan teater-teater papan atas baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Walaupun harga tiket bisa dibilang sedikit mahal, melakukan group bookinguntuk menonton sekeluarga ditambah menggunakan konsesi-konsesi yang tersedia untuk anak seperti student concessionbisa dijadikan trik mudah untuk membuat menonton penampilan seni ini lebih terjangkau.

Selain di Arts Centre Melbourne, teater-teater lain yang patut dicoba adalah Southbank Theatre, Malthouse Theatre dan Melbourne Recital Centre yang berlokasi di Southbank, atau juga ArtHouse di North Melbourne. Kamu juga bisa cek penampilan-penampilan yang ada di waktu dekat di sosial media seperti Facebook agar kamu dan anak-anak tidak sampai ketinggalan!

Ikut kelas kreatif

Selain jalan-jalan melihat kesenian, kita juga bisa mengajak anak kita untuk ikut terjun langsung dalam berkreasi di hari liburnya. Melbourne menyediakan banyak sekali kelas-kelas kreatif yang sangat seru dan edukatif untuk anak.

Mulai dari kelas menari, memasak, melukis, hingga kelas tanah liat atau pottery bisa diambil untuk mengisi waktu luang anak-anak sambil bisa mengasah minat dan bakat mereka di luar pelajaran sekolah. 

Seperti tiket teater, banyak sekali promo-promo kelas kreativitas bertebaran di internet, kita hanya harus cermat untuk mencari kelas mana yang memang layak dicoba. Bagi yang memiliki dana lebih besar, ArtVo juga menyediakan kelas seni yang beragam seperti kelas team building, creative writing, dan drama.

Belajar di alam terbuka

Belajar bisa di mana saja, termasuk di outdoor environment. Saat kita mengajak anak-anak kita ke taman pun, tanpa perlu mengeluarkan sepeser uang, mereka bisa mendapatkan ribuan pengetahuan menarik mengenai alam dan lingkungan sekitar. Banyak sekali taman di Melbourne yang patut di kunjungi bersama anak beserta keluarga sambil piknik dan relaksasi pada hari libur weekend.

Taman seperti Fitzroy Garden atau Birrarung Marr di belakang Federation Square merupakan beberapa lokasi sempurna untuk bersantai sambil meluangkan waktu berkualitas bersama. Ayah dan Ibu bisa membawa buku-buku atau permainan seru interaktif yang bisa membuat weekend menjadi lebih edukatif.

Selain taman, kita juga bisa mengajak anak-anak pergi ke farmatau campinguntuk mengajak mereka berteman dekat dengan lingkungan luar tanpa gangguan dari teknologi dan gadget. Dengan begitu, mereka akan lebih peduli mengenai lingkungan dan kelestarian alam ini.

Jadi, seharusnya tidak ada lagi alasan kehabisan ide jalan-jalan bersama anak selain pergi shoppingdan nonton bioskop. Melbourne menyediakan banyak sekali hal-hal edukatif untuk anak-anak yang bisa kita sesuaikan dengan minat dan bakat mereka masing-masing. Karena siapa tahu, bisa saja liburan musim dingin kali ini adalah liburan paling bermakna untuk anak anda serta menemukan minat dan bakatnya yang masih terpendam!

 

Asa