Sekarang ini baik di Indonesia maupun di Australia, sedang marak-maraknya es krim yang dibuat dengan menggunakan nitrogen cair. Jika di Melbourne dan Sydney ada N2 Extreme Gelato, maka di Indonesia ada Ron’s Laboratory. Konsep kedua gerai es krim ini hampir mirip, karena sama-sama menggunakan perlengkapan laboratorium dan para pegawainyapun menggunakan jas lab. Walau lahir belakangan, Ron’s Laboratory merupakan gerai es krim dengan nitrogen cair pertama yang ada di Indonesia, tepatnya berada di Mall Grand Indonesia, Jakarta.

Menu yang disediakan memiliki pilihan rasa yang beragam dan unik. Contohnya saja Red Velvet dengan krim keju yang disediakan oleh Ron’s Laboratory dan Pineapple cake Gellato yang juga menjadi menu bertema tahun baru Imlek di N2 Extreme Gelato. Rupanya juga, pilihan rasa yang ditawarkan oleh N2 selalu berubah tiap minggunya! Kalian pun tidak akan pernah merasa bosan untuk rajin datang ke gerai es krim satu ini.

Seolah sebagai pertunjukan yang menghibur bagi pendatangnya, pembuatan es krim ini dilakukan di tempat yang terbuka sehingga bisa dilihat oleh siapa saja. Uap putih yang mengepul oleh karena nitrogen sangatlah menarik untuk ditonton. Terkadang proses pembuatan es krim inipun bisa membuat orang heran dan bertanya-tanya. Bagaimana sih sebenarnya proses pembuatan es krim dengan nitrogen cair.

Penggunaan nitrogen cair dalam memasak sudah ada sejak lama, dan tercatat di buku resep bernama Fancy Ices oleh Agnes Marshall di tahun 1890. Pada dasarnya, nitrogen cair digunakan untuk membekukan bahan makanan dengan cepat, dan biasanya digunakan dalam makanan penutup seperti kue dan es krim. Hal ini bisa terjadi karena Nitrogen cair sangatlah dingin dan akan mendidih serta menguap dalam temperatur -196o celcius. Dengan menuangkan nitrogen cair yang sangat dingin ini, kristalisasi es akan berjalan dengan sangat cepat terhadap bahan pembuatan es krim seperti protein susu dan gula. Karena bersentuhan dengan udara hangat (lebih dari -196o celcius), maka Nitrogen cair pun menguap dan menghasilkan uap putih yang membuat banyak orang terkesan. Karena proses pendinginan berlangsung dengan sangat cepat dan Nitrogen cair menghasilkan kristal es dalam jumlah yang sangat banyak, tekstur es krim nitrogen ini lebih lembut dari es krim biasanya.

Mungkin banyak diantara kalian yang khawatir dengan masalah keamanan dan kesehatan dalam menggunakan nitrogen cair ini. Sebenarnya bila ditanya apakah nitrogen cair itu berbahaya bagi tubuh, jawabannya adalah iya dan tidak. Nitrogen itu sendiri sebenarnya tidaklah berbahaya dan kandungannya dalam udara di bumi adalah sebesar 78.09%. Dalam bentuk cair, nitrogen yang sangat dingin ini, jika disentuh secara langsung oleh tangan bisa menyebabkan luka cold burns yang berbahaya.

Selain itu nitrogen cair yang menguap menyebabkan oksigen di udara sekitar menurun presentasenya dan bisa menyebabkan seseorang terkena asphyxia, alias kekurangan oksigen. Nitrogen cair juga tidak boleh disimpan sembarangan karena tekanan yang dihasilkan saat menguap bisa membuat ledakan yang besar. Dalam pembuatan es krim sendiri, nitrogen cair langsung menguap sehingga tidak akan terkonsumsi oleh kita.

Karena cara pembuatannya yang mudah, es krim nitrogen bisa kita ciptakan sendiri di rumah, tentu saja dengan selalu berhati-hati. Cara pembuatan es krim nitrogen bisa di lihat di situs http://www.polsci.wvu.edu/Henry/Icecream/Icecream.html

Es krim nitrogen selain aman untuk dikonsumsi, juga nikmat dan lembut teksturnya. Jadi jika kalian belum pernah mencicipi nikmatnya es krim nitrogen ini, cobalah mengunjungi gerai es krim seperti N2 dan Ron’s Laboratory. Kalian tidak akan menyesal dengan pengalaman unik dan nikmatnya es krim yang mereka sediakan!

gaby
berbagai sumber

Apa Kata Mereka

Ron’s Laboratory itu menarik karena nampilin sesuatu yang out of the box, menyediakan es krim dengan metode yang berbeda. Selain itu yang bikin menarik adalah proses pembuatanya yang dilakukan di depan pengunjung. Rasanya juga enak, terutama cream cheese yang dipadukan dengan red velvet. Tapi kekurangannya kursinya kurang nyaman. Mungkin bukan dibuat untuk tempat nongkrong-nongkrong yang lama.

Aku suka sih dengan es krim, tapi bukan penggila. Aku coba pertama kali ke N2 karena orang-orang pada makan terus sekalian ingin lihat bikinnya kayak apa. Tapi karena agak jauh jadi ga pernah bela-belain ke sana lagi. Jadinya belum pernah mencoba banyak rasa.

Aku tahu Ron’s Laboratory dari cerita teman. Terus pas pertama kali melihat tempatnya aku langsung tertarik untuk mencoba. Es krimnya rasanya lumayan enak dan teksturnya juga lembut. Sayangnya tempatnya kecil sedangkan antrian orangnya panjang.

Pertama kali mau coba soalnya orang-orang pada ribut N2 lagi booming kan terus cara buatnya juga pake nitrogen seru liatnya, penasaran gitu. N2 enak bisa ganti-ganti macem-macem gitu rasanya. Tempatnya unik, nyantai, cocok buat chilling. Harganya oke sesuai dengan isinya, banyak soalnya bisa buat share juga.

Enak dan segar… cara bikinnya unik, teksturnya lembut dan gak terlalu manis.