We must become bigger than we have been: more courageous, greater in spirit, larger in outlook. We must become members of a new race, overcoming petty prejudice, owing our ultimate allegiance not to nations but to our fellow men within the human community.” Haile Selassie, Former Emperor of Ethiopia

My destination is no longer a place, rather a new way of seeing.” Marcel Proust, French Novelist

 

Selamat Tahun Baru untuk Anda semua!

Kami berharap Anda menikmati masa liburan Natal dan tahun baru di pekan lalu karena kini adalah waktunya untuk segera memulai awal tahun 2015 ini dengan gegap gempita! Bersamaan dengan banyaknya proyek baru yang akan segera diluncurkan di pasar properti Melbourne, kami memperkirakan bahwa tahun ini, akan menjadi tahun yang lebih sukses apabila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Berikut adalah beberapa informasi penting yang harus dicermati dipermulaan tahun 2015 untuk membantu perencanaan investasi Anda:

  1. Berdasarkan data dari Reserve Bank of Australia (RBA), kondisi keuangan global akan tetap stabil dan akomodatif, mengingat bahwa suku bunga jangka panjang akan bertahan di posisi yang rendah untuk kurun waktu yang relatif lama. Berdasarkan data dari NAB yang dikumpulkan oleh The Age, suku bunga diprediksikan turun sebesar 25bps menjadi 2 persen.
  2. Aspek lain yang perlu dicermati adalah turunnya AUD terhadap USD yang dikarenakan oleh arus moneter yang cukup besar. Hal ini diperkirakan akan mencapai pada kisaran 0.75 – 0.80 USD/ AUD di tahun 2015.
  3. Selain itu, adanya perkiraan fluktuasi yang terjadi pada pasar properti Australia dapat juga diamati dari informasi yang diberikan oleh Australian Bureau of Statistics (ABS). Badan pemerintahan yang bergerak di bidang statistik ini, memperkirakan bahwa jumlah populasi di Australia akan bertambah sebesar 300.000 jiwa, dengan total sebesar 23,1 juta jiwa di tahun 2015. Akan tetapi, RBA menyatakan bahwa kendatipun beberapa indikator menunjukan peningkatan jumlah lapangan pekerjaan di tahun ini, tetapi tingkat kinerja itu sendiri tengah mengalami penyesuaian (adjustment) yang dikarenakan oleh meningkatnya biaya tenaga kerja (labor cost).

 

Yang menjadi pertanyaan adalah, kemanakah arah gerak pasar properti Australia di tahun 2015 ini?

Angka statistik tersebut, telah menghasilkan banyak kekhawatiran di antara para ahli di komunitas properti dan finansial. Beberapa orang mengatakan, dengan berdasarkan performa tahun 2014 yang positif, tekanan pada pasar properti Australia akan terus berlangsung yang dikarenakan oleh bertambahnya jumlah populasi dan kurangnya jumlah tempat tinggal di Australia. Namun, di lain pihak, beberapa orang juga berargumentasi bahwa pada saat ini, properti di Australia sedang mengalami surplus. Maka daripada itu, para investor sebaiknya berhati-hati dalam mengalokasikan investasinya di pasar properti untuk menghindari kepanikan di kemudian hari.

Menurut Tim Lawless (RP Research Data Director), pertumbuhan harga akan lebih stabil di tahun 2015. Dikarenakan oleh faktor positif yang dapat terjadi di tahun ini adalah, “wealth effect” momentum di Sydney dan Melbourne. Ini merupakan hasil dari peningkatan nilai dari tempat tinggal (properti) yang cukup tinggi di kedua kota tersebut. Hal ini juga yang membuat para penduduk di kedua kota ini merasa lebih sejahtera dan makmur. Selain itu, suku bunga juga diperkirakan akan tetap rendah selama tahun 2015. Perlu ditekankan bagi para calon pembeli atau pun investor, untuk tetap memberi perhatian ke affluent suburbs di kota-kota kapital Australia, dimana prospek pekerjaan dan daya beli masyarakat yang tetap tinggi.

Kabar gembira lainnya yang mungkin sudah lama Anda nantikan adalah dimulainya pembangunan Australia 108, apartement yang akan kelak menjadi bangunan tertinggi di Southern Hemisphere ini. Jika Anda beruntung, Anda dapat menjadi orang pertama yang menghuni apartment ekslusif bintang lima ini. Selain itu, apartment megah nan mewah ini, juga terletak di lokasi yang sangat strategis, yaitu ditepi Yarra River tepat bersebelahan langsung dengan Crown Entertainment Complex serta berbagai macam galeri seni, musium dan art centres yang terkenal di Melbourne.

Bersamaan dengan Australia 108, Aurora Melbourne Central juga tengah dalam proses pengembangan apartemen yang kelak menjadi salah satu bangunan tertinggi di Melbourne CBD dan juga merupakan satu-satunya apartment yang memiliki akses langsung ke Melbourne underground rail loop (kereta bawah tanah). Selain itu, apartment ini juga dilengkapi dengan first class shopping, entertainment dan dining centre yang sangat cocok untuk para profesional muda maupun para pelajar. Ditambah lagi dengan posisinya yang sangat strategis yang dekat dengan University of Melbourne dan RMIT University.

Mengingat bahwa Melbourne telah menjadi kota terbaik di dunia selama empat tahun berturut-turut, kota ini bisa dipastikan mempunyai banyak potensi besar, yang tengah menanti Anda di tahun ini.

 [alert color=”40BEC2″ icon=”128227″]Anda mungkin tidak mau kehilangan kesempatan langka ini untuk berinvestasi sekarang dan sekaligus mempersiapkan masa depan orang yang Anda cintai. Hubungi kami di 1300 884 168 dan dapatkan berbagai pilihan properti terbaik, yang sesuai dengan investasi yang Anda inginkan. Don’t be regular, get Xynergy![/alert]

Alain M Warisadi,
CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), CPS (RE), Dipl FMBM, B. Ec (Fin)
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Licensed Estate Agent
Harvard University Scholar
(e.) [email protected]

Tanya Tjahjosarwono,
B.Bus (Mkt)
Co-property Writer
Candidate of Master of Adv. Marketing (Monash)