“We keep moving forward, opening new doors, and doing new things, because we’re curious and curiosity keeps leading us down new paths” Walt Disney, American Philanthropisty

Success seems to be connected with action. Successful people keep moving. They make mistakes, but they don’t quit.Conrad Hilton, American Hotelier

Melbourne dikenal sebagai kota dengan populasi terpadat di Australia dan juga pemegang roda keuangan di bagian Pasifik Selatan. Pemerintahan Melbourne tengah menerapkan rencana jangka panjang yang ditujukan untuk terus mengembangkan kota yang paling digemari oleh masyarakat dari berbagai bagian di dunia yang dikarenakan dengan baiknya kualitas pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan bahkan sektor keolahragaan.

Adanya kenaikan dalam jumlah populasi dan aktivitas ekonomi berdampak dalam bertambahnya investasi yang dibuat oleh para investor asing. Kenaikan ini juga didukung oleh kontribusi pemerintah dalam pembaharuan daerah inner city serta daerah suburb untuk mengakomodasi banyaknya jumlah investasi yang ditanamkan dan tingginya permintaan untuk area perumahan. Menurut informasi dari RPData, daerah Melbourne CBD, Southbank, South Yarra, Docklands and Brighton adalah wilayah-wilayah dimana harga untuk apartement, unit dan rumah bisa mencapai harga jual lebih dari AUD2 juta.

Dalam kurun waktu yang sama, daerah sekitar pusat kota Mebourne tengah berkembang pesat yang menjadikan daerah-daerah satelit dengan pertumbuhan tercepat di Australia. Tiga dari 10 properti di daerah ini kerap kali dibeli untuk dijadikan investasi (RPData). Point Cook adalah salah satu suburb di Melbourne yang termasuk populer, nilai median sewa per minggu bisa mencapai $380 dengan imbal hasil sebesar 4.3%. Daerah pinggiran luar yang juga termasuk populer untuk para pembeli rumah adalah Narre Warren North, Montrose serta berbagai suburb di bagian outer eastern atau north- eastern. Sebaliknya, bagi para investor yang lebih tertarik dengan daerah inner suburbs, direkomendasikan untuk memfokuskan lingkup pencarian pada area kurang 10km dari pusat kota Melbourne, dimana imbal hasil dapat mencapai 5.8% (RPData).

Dengan adanya proyek terbaru dari pemerintah Melbourne yaitu Moving Victoria, yang ditujukan untuk meningkatkan aspek kehidupan para penduduk kota Melbourne, serta guna mendukung kota-kota satelit yang terus mengalami peningkatan dalam pembanguan properti dan juga untuk memenuhi tingginya permintaan para pembeli. Proyek Moving Victoria ini tengah membangun jalan kereta api baru yang nantinya akan menghubungkan semua kota satelit di Melbourne dan menyediakan kemudahan untuk para penduduk guna mengakses bandar udara Tullamarine melalui sarana kereta publik. Proyek besar lainnya yang juga sedang didalam perencanaan adanya pembangunan jalur kereta api yang menghubungkan lingkar luar kota dengan jalur southeast Melbourne, melalui titik hubung di Docklands dan Domain Interchange. Dimana hal ini akan mampu mendorong laju pertumbuhan daearah yang dilalui oleh jalur kereta baru ini.

Selain dari sarana dan fasilitas transportasi baru ini, Melbourne tengah mempersiapkan penduduknya melalui peningkatkan sarana pemerataan pendidikan, keamanan publik, kesehatan dan jasa lingkungan. Pemerintah juga tengah merencanakan proyek ’20 minutes neighborhoods’ dimana para penduduk dapat mengakses semua sarana perbelanjaan, sekolah, taman publik, sarana pekerjaan dan berbagai layanan masyarakat yang dapat dicapai hanya dalam kurun waktu 20 menit dari kediaman masing-masing. Proyek- proyek ini berfungsi sebagai poin tambahan bagi investor yang tengah mencari properti di daerah sekitar. Banyaknya lahan untuk pembangunan yang tersedia di Melbourne, pasar properti tengah dihadapi dengan kesempatan untuk membangun lingkungan tinggal yang lebih baik dan terarah. South Melbourne dan Malvern termasuk dua dari berbagai banyak daerah di Melbourne yang tengah mengalami pertumbuhan pesat, dengan imbal hasil dari sewa masing- masing 3.1% dan 2.3%.

Dengan penduduk yang memiliki berbagai macam latar belakang dan budaya, Melbourne kerap kali menjadi tuan rumah untuk acara dan festival penting berskala internasional seperti Australian Open Grand Slam, Formula 1 Australian Grand Prix, Melbourne Fashion Festival dan Melbourne Racing Cup. Berbagai macam pentas seni dan festival budaya juga sering kali berbasis di Melbourne, seperti contohnya pertunjukan dari Broadway Amerika.

Melbourne adalah kota impian bagi berbagai macam kalangan. Institusi pendidikan terkemuka di dunia seperti Melbourne dan Monash University juga berbasis di kota ini. Maka daripada itu, investasi properti yang anda buat di Melbourne pasti akan menghasilkan pertumbuhan searah dengan perkembangan kota di masa depan.

Ketika membuat keputusan investasi, penting untuk diingat bahwa daerah-daerah yang tercantum di atas tidak dapat dijadikan patokan terpisah dengan segala unsur variable investasi terkait serta dengan penelitian fundamental serta atas properti yang hendak beli. Hubungi Xynergy sekarang untuk membantu Anda dengan perencanaan investasi yang terbaik!

 

Alain M Warisadi, CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), CPS (RE), Dipl FMBM, B. Ec (Fin)
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Finance Management & Investment Management Lecturer
(e.) [email protected]

Tanya Tjahjosarwono, B.Bus (Marketing)
Co-property Writer

[alert color=”C2B18E” icon=”9888″]Informasi di atas adalah panduan dan gambaran umum dalam bidang investasi properti, dan tidak untuk digunakan secara generalisasi. Xynergy Realty Group memberikan konsultasi individual untuk wealth creation strategy, property investment, property management dan home/ commercial loan yang khusus didedikasikan bagi calon investor dan pembeli properti.[/alert]